Advertisement

Ratusan Orang Ikut Word Taiji and Qigong Day di Monjali Sleman

Media Digital
Minggu, 28 April 2024 - 20:17 WIB
Maya Herawati
Ratusan Orang Ikut Word Taiji and Qigong Day di Monjali Sleman Suasana peringatan World Taiji & Qigong Day di Monjali, Minggu (28/4/2024). -Istimewa - Dokumen ADYTI DIY

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Ratusan peserta dari sasana taiji dari berbagai daerah menghadiri World Taiji & Qigong Day 2024 yang diselenggarakan DPD Asosiasi Dong Yue Taiji dan Quan Indonesia (ADYTI) DIY. Di masa damai, taiji kini menjadi aktivitas menjaga kesehatan.

Ketua DPD ADYTI, Pudiarso Rahardjo menjelaskan puncak peringatan World Taiji & Qigong Day 2024 Jateng dan DIY tersebut digelar di Monuman Jogja Kembali (Monjali), Minggu (28/4/2024). Acara diisi beragam agenda, mulai dari Sejam Refleksi, Liong Gong Shi Ba Fa seri II, Ba Duan Jin versi lomba dan performa taiji dari para peserta. "Tidak ada tema khusus, semuanya praktisi menjalankan World Taiji & Qigong Day 2024 dengan pusatnya di Amerika Serikat," kata Pudiarso, Minggu (28/4/2024).

Advertisement

BACA JUGA: Percaya Diri, Shin Tae-young Bisa Antar Indonesia ke Olimpiade

Taiji, kata Pudiarso, kerap dilekatkan dengan identitas bela diri. Padahal, taiji kental dengan nuansa olahraga. Misi olahraga ini yang coba disebarkan asosiasi Taiji di peringatan World Taiji & Qigong Day 2024. Dengan demikian, masyarakat bisa lebih sehat dan bugar dengan taiji.

"Misi kami membina kesehatan masyarakat di lingkungan sekitar. Karena taiji sebenarnya dulunya untuk bela diri, tapi karena saat ini damai, maka kembali kepada kesehatan masyarakat," katanya.

Semua kalangan dan usia, kata Pudiarso, boleh berlatih taiji yang banyak mengolah aspek pernapasan selama latihan.

"Dari aspek kesehatan, pernapasan lebih tertaur, ritme jantung bisa berfungsi secara normal, dan aliran darah lebih lancar," katanya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

LPS Serahkan Bantuan untuk Korban Banjir dan Tanah Longsor di Kabupaten Luwu

News
| Senin, 13 Mei 2024, 12:47 WIB

Advertisement

alt

Unik, Ada Lampu Bangjo Khusus Unta di Tengah Gurun Pasir

Wisata
| Sabtu, 11 Mei 2024, 18:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement