Advertisement

Hari Otonomi Daerah, PJ Bupati Kulonprogo: Momentum Memaknai Kembali Tujuan Otonomi Daerah

Media Digital
Minggu, 28 April 2024 - 22:37 WIB
Maya Herawati
Hari Otonomi Daerah, PJ Bupati Kulonprogo: Momentum Memaknai Kembali Tujuan Otonomi Daerah Bupati Kulonprogo periode 2017/2022 menerima penghargaan tanda kehormatan Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha, disematkan oleh Mendagri Tito Karnavian. (ist)

Advertisement

SURABAYA—Tema Hari Otonomi Daerah tahun ini adalah Otonomi Daerah Berkelanjutan Menuju Ekonomi Hijau dan Lingkungan yang Sehat dimaknai harapan memperkokoh komitmen, tanggung jawab dan kesadaran seluruh jajaran Pemerintah Daerah akan amanah dan tugas untuk keberlanjutan pengelolaan SDM dan lingkungan hidup untuk menciptakan masa depan yang berkelanjutan,  seperti apa yang disampaikan Bapak Mendagri sebagai Inspektur upacara.

Demikian disampaikan oleh Pj. Bupati Kulonprogo, Ni Made Dwipanti Indrayanti, ST, MT seusai menghadiri upacara peringatan Hari Otonomi Daerah XXVIII di Taman Surya, Balai Kota Surabaya, Kamis (25/4/2024).

Advertisement

Presiden Joko Widodo diwakili oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menyematkan tanda kehormatan Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha kepada 14 kepala daerah berprestasi. Dari ke-14 nama kepala daerah itu, salahsatunya Bupati Kulonprogo periode 2017-2022, Drs. H. Sutedjo.

"Peringatan Hari Otonomi tersebut juga sebagai momentum untuk memaknai kembali arti filosofi dan tujuan otonomi daerah," kata Ni Made Dwipanti Indrayanti, seraya menambahkan, "Saya atas nama pribadi dan Pemerintah Daerah Kulonprogo mengucapkan selamat kepada Bapak Drs. H. Sutedjo, Bupati Kulonprogo periode 2017 – 2022 yang pada kesempatan peringatan Hari Otonomi tahun ini menerima penghargaan Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha, yang merupakan penghargaan Pemerintah Daerah Berkinerja Tinggi. Prestasi ini sangat membanggakan dan dapat menjadi spirit seluruh masyarakat Kulonprogo. Semoga penghargaan yang diperoleh dapat menjadi  inspirasi bagi semua pihak untuk bekerja dengan penuh tanggung jawab dan loyalitas sebagai upaya membangun daerah menuju tercapainya masyarakat yang sejahtera."

BACA JUGA: Polres dan Pemkab Bantul Gelar Nobar Piala Asia, Panitia: Sudah Izin MNC

Presiden Joko Widodo dalam sambutannya, menyatakan Peringatan Hari Otonomi Daerah Ke-28 Tahun 2024 mengambil tema "Otonomi Daerah Berkelanjutan Menuju Ekonomi Hijau dan Lingkungan yang Sehat”  merupakan cerminan terhadap pelaksanaan pembangunan di daerah melalui pendekatan kebijakan yang berkelanjutan dan implementasi regulasi Ekonomi Hijau. Di mana pertumbuhan ekonomi dilakukan dengan memperhitungkan aspek keadilan sosial dan pelestarian lingkungan.

Penghargaan diberikan atas pelaksanaan pemerintahan daerah berdasarkan hasil evaluasi penyelenggaraan pemerintahan daerah pada tahun 2022 terhadap LKPD Tahun 2021.

Penghargaan untuk Sutedjo merupakan yang kedua kalinya, Tahun 2022 lalu juga menerima Tanda Kehormatan Satya Lencana Wira Karya dari Presiden di Kabupaten Wakatobi Sulawesi Tenggara, karena dinilai berhasil mendayagunakan kawasan pantai yang sebelumnya tidak produktif menjadi produktif dengan berbagai tanaman hortikultura seperti cabe melalui inovasi di bidang pertanian.

"Tahun ini saya dianugerahi Tanda Kehormatan Satya Lencana Karya Bhakti Praja Nugraha, karena dinilai berhasil dalam.Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah, khususnya pelestarian dan ekosistem lingkungan hidup yang sehat," ujar Sutedjo ditemui seusai acara. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

12.072 Jemaah Calon Haji Telah Tiba di Tanah Suci

News
| Selasa, 14 Mei 2024, 15:47 WIB

Advertisement

alt

Tidak Hanya Menginap, Ini 5 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan di Garrya Bianti Yogyakarta

Wisata
| Senin, 13 Mei 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement