Advertisement

Ratusan Pelajar SMP Jalani Tes Identifikasi Bakat Cabor Atletik di Stadion Tridadi

Media Digital
Selasa, 30 April 2024 - 21:07 WIB
Sunartono
Ratusan Pelajar SMP Jalani Tes Identifikasi Bakat Cabor Atletik di Stadion Tridadi Sebanyak 300 pelajar SMP dari berbagai sekolah di Sleman mengikuti tes Identifikasi bakat cabang olahraga unggulan Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) Cabor atletik 2024 di Stadion Tridadi, Selasa (30/4/2024). Para peserta sebagian besr berusia antara 12-15 tahun. - Istimewa.

Advertisement

SLEMAN—Sebanyak 300 pelajar SMP dari berbagai sekolah di Sleman mengikuti tes Identifikasi bakat cabang olahraga unggulan Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) Cabor atletik 2024 di Stadion Tridadi, Selasa (30/4/2024). Para peserta sebagian besr berusia antara 12-15 tahun.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sleman, Agung Armawanta menjelaskan tes identifikasi bakat cabor unggulan DBON cabor Atletik, ada beberapa materi yang diujikan. Peserta diukur tinggi dan berat badannya, jalani tes frekuensi langkah untuk mengetahui kualitas otot, tes standing broad jump atau lompat, tes lari 800 meter, menengah dan jauh serta tes shocken atau tes lemparan.

Advertisement

Peserta tes akan disaring untuk dipilih 10 terbaik untuk mengikuti pelatihan khusus yang dibiayai oleh Kementrian Pemuda dan Olahraga. “Rencananya pelatihan khusus akan dilakukan di Sleman selama 6 bulan mulai bulan Juni mendatang, dan seluruh biaya akan ditanggung oleh Kemenpora,” kata Agung.

Ketua Tim Pemanduan dan Identifikasi Bakat Asdep SPOP Deputi 4 Kemenpora, Bambang Siswanto mengatakan, tujuan diselenggarakanya tes identifikasi bakat cabang olahraga atletik untuk menemukan bakat dibidang olahraga atletik. Mereka akan digembleng secara khusus, dengan harapan, mereka memiliki kemampuan handal dibidang olahraga atletik, yang akhirnya mereka menjadi atletik andal baik ditingkat nasional maupun internasional.

Terkait dipilihnya tes identifikasi bakat cabor atletik bagi pelajar di Sleman, karena Sleman telah melahirkan banyak atletik atlet berprestasi baik ditingkat nasional maupun internasional.

"Oleh karena itu, melalui tes bakat yang kemudian dilanjutkan dengan penggemblengan khusus oleh club binaan Persatuan Atletik Seluruh Indonesia Sleman nanti, diharapkan nantinya mereka juga bisa mejadi atletik berkualitas baik ditingkat nasional maupun internasional," ujarnya.

Kasi Olahraga Balai Pemuda dan Olahraga Dikpora DIY, Danang Agus Yuniarto mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh Kemenpora dalam penyelenggaraan tes Identifikasi bakat cabang olahraga unggulan DBON cabang olahraga atletik Kabupaten Sleman ini.

Catatan BPO Dikpora DIY, Sleman memang gudangnya atletik berprestasi, sehingga dengan tes bakat dilanjutkan dengan pembinaan khusus ini, diharapkan bisa melahirkan sejumlah atletik berprestasi yang mampu membawa nama harum pemerintah daerah.

“Penentuan pilihan Kemenpora untuk menyelenggarakan tes Identifikasi bakat cabang olahraga unggulan DBON cabang olahraga atletik Kabupaten Sleman ini sangat tepat, dan kami mendukungnya,” ujar Danang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Masih Populer, Tiga Nama Ini Bersaing Ketat di Pilkada Jawa Tengah

News
| Kamis, 16 Mei 2024, 21:47 WIB

Advertisement

alt

Tidak Hanya Menginap, Ini 5 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan di Garrya Bianti Yogyakarta

Wisata
| Senin, 13 Mei 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement