Advertisement

Pemkot Jogja Masih Menunda Pembangunan TPS 3R di Piyungan, Ini Alasannya

Alfi Annisa Karin
Rabu, 01 Mei 2024 - 16:17 WIB
Ujang Hasanudin
Pemkot Jogja Masih Menunda Pembangunan TPS 3R di Piyungan, Ini Alasannya Ilustrasi-Sejumlah armada pengangkut sampah lalu lalang di sekitar TPA Piyungan, beberapa waktu lalu. - dok - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Sejauh ini Pemkot Jogja masih akan bertumpu pada 3 lokasi untuk implementasi desentralisasi pengolahan sampah. Ketiganya adalah TPS 3R Nitikan, Nitikan 2 atau Kranon, dan Karangmiri.

Sebelumnya, Pemkot Jogja juga berencana akan menggunakan lahan pinjam pakai milik Pemda DIY di TPA Piyungan. Semula, lahan seluas 2.600 meter persegi itu akan digunakan untuk mengolah sampah menjadi RDF.

Advertisement

Namun, dalam perkembangannya Pemkot Jogja mendapat penolakan dari warga Sitimulyo, Piyungan, Bantul. Hal itu menjadikan proses pembangunan di lokasi itu ditunda sementara hingga saat ini.

Penjabat Wali Kota Jogja Singgih Raharjo mengatakan desentralisasi pengolahan sampah akan dilakukan di 3 lokasi di Kota Jogja. Saat dikonfirmasi terkait progres pembangunan lahan di TPA Piyungan, Singgih menegaskan penundaan masih akan dilakukan.

"Ditunda dulu, sampai nanti kita bisa melakukan aktivitas di sana," tegas Singgih saat ditemui pada gelaran May Day di Hotel Tasneem, Rabu (1/5).

BACA JUGA: TPA Piyungan Ditutup Permanen Besok! Semua Depo Sampah Kota Jogja Hari Ini Dikosongkan

Sebelumnya, Singgih mengatakan TPS 3R Nitikan hingga saat ini telah beroperasi. Sampah yang mampu diolah di sana mencapai 60 ton perhari dengan dua produk, yakni kompos dan RDF. Ke depan, optimalisasi akan dilakukan di TPS 3R Nitikan dari 60 ton menjadi 75 ton perhari.

Sementara, pembangunan di TPS 3R Nitikan 2 atau Kranon juga masih berprogres. Rencananya, lokasi itu akan siap beroperasi pada awal Mei atau akhir April

"Awal mei di sana terpasang peralatan satu modul mesin RDF, sudah diinstalasi. Sekrang baru hanggar. Pilar baja sudah, tinggal atapnya. Akan menghasilkan 40 sampai 45 ton perhari," ungkapnya.

TPS 3R Karangmiri juga masih dikebut pengerjaannya. Terakhir, pembangunan di sana mengalami perlambatan. Sebab, pembangunan di TPS 3R Karangmiri terbilang paling siginifikan dibanding TPS 3R lainnya.

"Pembangunan meliputi pembangunan jembatan dan pembangunan dua lantai," tuturnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Diduga Beri Gratifikasi Rp100 Juta, Suami Maia Estianty Terseret Kasus Kepala Bea Cukai Yogyakarta

News
| Rabu, 15 Mei 2024, 21:57 WIB

Advertisement

alt

Tidak Hanya Menginap, Ini 5 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan di Garrya Bianti Yogyakarta

Wisata
| Senin, 13 Mei 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement