Advertisement

Sleman Siapkan Kalender Event untuk Dongkrak Kunjungan Wisatawan, Ini Jadwal Bulan Mei 2024

David Kurniawan
Rabu, 01 Mei 2024 - 13:27 WIB
Sunartono
Sleman Siapkan Kalender Event untuk Dongkrak Kunjungan Wisatawan, Ini Jadwal Bulan Mei 2024 Jip wisata mengantarkan wisatawan di objek wisata Lava Tour Merapi. Dok/Harian Jogja.

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Dinas Pariwisata Sleman menargetkan kunjungan wisata sebanyak 7,5 juta orang di tahun 2024 ini. Ratusan agenda kegiatan sudah disiapkan untuk menarik minat wisatawan setiap bulannya.

Di bulan Mei sudah ada beberapa yang akan dijalankan mulai dari event sport tourism hingga kegiatan seni budaya. Kepala Bidang Pemasaran, Dinas Pariwisata Sleman, Kus Endarto mengatakan, sudah ada target kunjungan wisata yang harus dicapai di tahun ini. Oleh karenanya, ada berbagai upaya agar bisa memenuhi target tersebut.

Advertisement

Selain melakukan berbagai promosi berkaitan dengan destinasi wisata secara berkala, juga dilakukan pelaksanaan berbagai kegiatan yang terangkum dalam calendar of events 2024. Kalender wisata pada Mei sudah dipersiapkan. Agenda dimulai dengan perayaan Waisak di Kawasan Candi Prambanan. Selanjutnya ada Dies Natalis UNY, Beauty Expo dan Animal Kingdom di Sleman City Hall, UII Bumi Lestari, Gumregah Cultur Festival dan Jogja Violin Festival di Tebing Breksi.

BACA JUGA : Potensi Wisata Offroad Mulai Diminati Segmen Komunitas dan Keluarga di Jogja

Selain itu, ada juga Rakernas Indonesia Marketing Asspcoation (IMA) mulai 2-4 Mei di The Alana Yogyakarta, Juwita Jumputan Nusantara di Pakuwon Mall yang diselenggarakan pada 11 Mei. Di tanggal yang sama juga berlangsung agenda lainnya. Di Kompleks Candi Prambanan berlangsung kegiatan Rhapsody Nusantara, sedangkan di Kalurahan Banyurejo, Tempel digelar SiBakul Jelajah Van Der Wijck.

Sehari berikutnya atau tepatnya 12 Mei akan diselenggarakan Volcano Run di Kawasan Museum Gunungapi Merapi. Selanjutnya ada peringatan Hari Jadi Kabupaten Sleman ke-108 di 16 Mei dan peluncuran perangko Buk Renteng di Gedung Parasamya, Pemkab Sleman tertanggal 17 Mei 2024.

“Ini beberapa kalender kegiatan yang diharapkan dapat mendongkrak tingkat kunjungan wisata,” katanya.

Kepala Dinas Pariwisata Sleman, Ishadi Zayid mengatakan, target kunjungan wisata di 2024 sebanyak 7,5 juta orang. Untuk mencapainya, tidak hanya sebatas daya Tarik dari destinasi wisata. Pasalnya, juga ada even dan kegiatan yang bisa menarik minat pengunjung untuk datang ke Sleman.

“Calendar of events 2024 sudah diluncurkan bersama Ibu Bupati dengan tujuan menarik wisatawan untuk berkunjung,” kata Ishadi.

BACA JUGA : Kenalkan Pariwisata Sleman Lewat Event Lomba Tari

Kegiatan wisata yang diselenggarakan sepanjang 2024 ada sekitar 120 even. sembilan event skala lokal, 12 event skala nasional dan sepuluh event skala internasional. Untuk kategorinya ada MICE sebanyak 40 event, festival 34 event, event budaya dan musik sebanyak 23 event, sport event sebanyak 17 event, dan event keagamaan sebanyak 7 event.

“Dari ratusan even yang dipersiapkan ada yang menjadi unggulan seperti Upacara Adat Labuhan Merapi [diselenggarakan Februari], Sleman Temple Run [November], dan Barata XXXIX [Desember],” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Saat Singapore Airlines Turbulensi, Penumpang Terpental Hingga Bagasi Kabin

News
| Rabu, 22 Mei 2024, 01:57 WIB

Advertisement

alt

Lokasi Kolam Air Panas di Jogja, Cocok untuk Meredakan Lelah

Wisata
| Senin, 20 Mei 2024, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement