Advertisement

Peringati hari Kesiapsiagaan 2024, Kementerian Kominfo Dorong Masyarakat Siap untuk Selamat

Media Digital
Kamis, 02 Mei 2024 - 13:37 WIB
Ujang Hasanudin
Peringati hari Kesiapsiagaan 2024, Kementerian Kominfo Dorong Masyarakat Siap untuk Selamat Dialog membangun kesiapsiagaan bencana. - Istimewa

Advertisement

JOGJA—Direktorat Informasi dan Komunikasi Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia menggelar dialog bersama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY, Rabu, (1/5/2024).

Kegiatan dalam rangka memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana 2024 ini menghadirkan narasumber Kepala BPBD DIY, Noviar Rahmad dan Kepala Dinas Sosial Daerah Istimewa Yogyakarta,  Endang Patmintarsih.i

Advertisement

Kesiapsiagaan bukan hanya sekadar respons setelah bencana, melainkan hal ini sebagai upaya untuk pencegahan, mitigasi, dan rekonstruksi pascabencana. Dengan kesiapsiagaan yang solid inilah, kerugian diakibatkan adanya bencana dapat diminimalisasi sehingga proses pemulihan berlangsung lebih efisien.

Adapun untuk membangun kesiapsiagaan yang baik inilah, kolaborasi antara pemerintah, lembaga swadaya masyarakat, dunia usaha, dan masyarakat dinilai sangat penting.

Di Daerah Istimewa Yogyakarta sendiri, saat ini terdapat 12 potensi bencana. Data dihimpun dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Daerah Istimewa Yogyakarta menyebut, pada 2023 terdapat sebanyak 1418 kali bencana menimpa wilayah ini.

Bencana terbanyak adalah kebakaran, tanah longsor, dan hidrometeorologi yang menyangkut cuaca ekstrem. Jika dalam Indeks Risiko Bencana Indonesia (IRBI), Daerah Istimewa Yogyakarta masuk dalam kategori sedang. BPBD DIY juga memiliki sembilan klaster diperuntukkan dalam membantu penanggulangan bencana di wilayah DIY.

Kepala Pelaksana BPBD DIY, Noviar Rahmad, menyebut jika nasional ada delapan klaster, khusus DIY ada penambahan menjadi sembilan klaster umumnya, seperti klaster ekonomi, klaster pengungsian yang dikoordinatori Dinas Sosial hingga klaster komunikasi.

"Seluruh kategori klaster ini dipegang dinas-dinas yang menaungi sesuai bidangnya,” sambungnya. 

BACA JUGA: Jelang Hari Kesiapsiagaan Bencana, BPBD DIY Siapkan Rangkaian Kegiatan untuk Tingkatkan Kesadaran Masyarakat

Sementara Dinas Sosial sendiri saat ini berfokus pada pembinaan bagi masyarakat yang menjadi salah satu faktor penyelamat utama jika terjadi bencana. Jika masyarakat mampu menyelamatkan diri sendiri, hal lain di sekitarnya akan terbantu bersama dengan program lain yang telah dibuat dinas tersebut.

Kepala Dinas Sosial DIY, Endang Patmintarsih, mengatakan Dinas Sosial Provinsi DIY memiliki beberapa antisipasi, seperti adanya program PKH dan melayani kelompok rentan.

"Selain itu juga memberi bantuan pangan nontunai, hingga membentuk kampung siaga bencana yang sudah dibentuk selama lima tahun terakhir di DIY," lanjutnya.  

Dengan terwujudnya pengetahuan, pemahaman, dan kesadaran masyarakat hingga para pemangku kebijakan kesiapsiagaan bencana inilah , diharapkan masing-masing wilayah tak terkecuali di Daerah Istimewa Yogyakarta yang menjadi daerah rawan bencana, seperti gempa bumi, erupsi gunung berapi, banjir serta kebakaran, dapat lebih meningkatkan mitigasi bencana hingga edukasi pada masyarakat mengenai kesiapsiagaan bencana. Dengan begitu pada 2030 mendatang, seluruh provinsi di Indonesia bisa menyandang status sebagai Provinsi Tangguh Bencana.

Direktorat Informasi dan Komunikasi Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia juga akan melaksanakan sosialisasi kesiapsiagaan bencana ini melalui Siap untuk Selamat sebagai tema peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana Tahun 2024. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Sesuai Penugasan Pemerintah, Pertamina Patra Niaga Tetap Salurkan Pertalite

News
| Jum'at, 17 Mei 2024, 10:17 WIB

Advertisement

alt

Tidak Hanya Menginap, Ini 5 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan di Garrya Bianti Yogyakarta

Wisata
| Senin, 13 Mei 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement