Advertisement

Fokki Daftar Calon Wakil Wali Kota Jogja, Singgih Bantah Kembalikan Formulir

Alfi Annisa Karin
Kamis, 02 Mei 2024 - 19:07 WIB
Arief Junianto
Fokki Daftar Calon Wakil Wali Kota Jogja, Singgih Bantah Kembalikan Formulir

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Anggota Komisi B DPRD Kota Jogja, Antonius Fokki Ardiyanto mendaftarkan diri sebagai Calon Wakil Wali Kota Jogja melalui PDIP, Kamis (2/5/2024).

Kader PDIP ini mendaftar seusai melakukan kajian sederhana dan atas masukan dari beberapa pihak. "Berdasarkan adanya desakan, aspirasi dari kawan-kawan untuk saya bisa meramaikan kontestasi pemilihan kepala daerah dan berdasarkan kajian singkatnya maka saya mendaftarkan di wakil wali kota melalui PDIP karena kami ini adalah kader PDIP dan sampai sekarang ini kami tetap garis lurus, tegak lurus setia kepada PDIP," ujar Fokki saat ditemui di Kantor DPC PDIP Kota Jogja, Kamis.

Advertisement

Menurut Fokki, berdasarkan kajian sederhana itu pilihan sebagai Wakil Wali Kota Jogja merupakan pilihan yang paling realistis. Namun, dia tak terlalu masalah jika pada akhirnya nanti PDIP akan memilih wakil wali Kota Jogja dari kader lain atau bahkan dari bakal calon dari luar partai.

"Saya sejak dulu mempunyai prinsip tetap banteng biar gepeng. Artinya rekomendasi itu jatuh ke tangan kader dalam partai atau di luar partai, maka kami tetap akan tegak lurus, akan memenangkan dan memperjuangkan apa yang jadi kebijakan dan rekomendasi dari DPP partai," ujar dia.

BACA JUGA: Heroe Poerwadi, Singgih Raharjo, dan Eko Suwanto Punya Elektabilitas Tinggi di Pilkada Kota Jogja

Fokki merupakan anggota DPRD Kota Jogja yang telah menjabat selama 3 periode, sejak 2009. Ini menjadi bekal baginya untuk memahami seluk beluk berbagai persoalan yang ada di Kota Jogja. Termasuk, pencalonannya hari ini sengaja dilakukan pada 2 Mei yang bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional.

"Kota Jogja adalah kota yang terkenal Kota Pelajar, Kota Pendidikan yang menjadi langkah taktis kita itu adalah bahwa kita concern terhadap persoalan pendidikan itu adalah yang namanya investasi SDM untuk bagaimana kita bisa memajukan sebuah peradaban," tuturnya.

Wakil Ketua Bidang Komunikasi Politik DPC PDIP Kota Jogja Loka Agustianto menuturkan pembukaan pendaftaran bakal calon wali kota dan wakil wali Kota Jogja telah dilakukan sejak 29 April dan akan dibuka hingga 29 Mei. Fokki merupakan satu-satunya bakal calon yang sudah melakukan pendaftaran di DPC PDIP Kota Jogja. Mekanisme diawali dengan pengambilan formulir. Selanjutnya, akan dilakukan konsultasi jika diperlukan.

"Setelah itu nanti seluruh dokumen akan diserahkan ke DPD dan akan dikirim ke DPP. Proses ini menjadi proses politik. DPP yang akan menentukan, DPC hanya akan melakukan penjaringan," katanya.

Singgih Raharjo

Sementara, nama Singgih Raharjo yang sebelumnya disebut-sebut mendaftarkan diri sebagai calon Wali Kota Jogja melalui penjaringan Partai Golkar membantah soal pengembaliam formulir pendaftaran yang dilakukan beberapa waktu lalu. "Mengembalikan apa, siapa yang bilang, sudah itu, nanti saja ya," ujar Singgih singkat.

Dia mengaku kini masih fokus menyelesaikan tugasnya sebagai Penjabat Wali Kota Jogja. "Ceritanya, kalau nanti seperti apa yaa ceritanya nanti aja," ujar Singgih.

Sebelumnya, Ketua DPD Partai Golkar Kota Jogja, Agus Mulyono menerima pengembalian formulir pendaftaran bakal calon wali kota dan wakil wali kota. Dari 5 formulir yang dikembalikan pada 24 April lalu, salah satunya ada milik Singgih Raharjo.

"Jadi kalau untuk Pak Singgih itu ini kan masih bakal calon. Itukan masih baru penjaringan. Kita sudah cermati aturannya, bahwa mundur [sebagai Pj Wali Kota Jogja] itu kalau sudah nanti calon. Ini masih bacalon," kata Agus beberapa waktu lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gunung Ibu Meletus, Warga di Empat Desa Dievakuasi

News
| Jum'at, 17 Mei 2024, 13:17 WIB

Advertisement

alt

Tak Mau Telat Terbang? Ini 5 Rekomendasi Hotel Bandara Terbaik di Dunia

Wisata
| Selasa, 14 Mei 2024, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement