Advertisement

Terapkan Tarif Baru Retribusi Wisata, Bantul Raih Rp176,6 Juta pada Hari Pertama

Jumali
Kamis, 02 Mei 2024 - 10:27 WIB
Lajeng Padmaratri
Terapkan Tarif Baru Retribusi Wisata, Bantul Raih Rp176,6 Juta pada Hari Pertama Pantai Parangtritis, Bantul, didatangi para wisatawan pada Jumat (1/4/2022). - Harian Jogja/Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Dinas Pariwisata (Dispar) Bantul mencatat mendapatkan pendapatan asli daerah (PAD) senilai Rp176.660.500 dari sektor pariwisata pada hari pertama penerapan tarif baru, pada Rabu (1/5/2024).

Sejauh ini Dispar mengklaim tidak ada kendala dan masalah berarti pada penerapan tarif baru retribusi. Adapun besaran tarif baru untuk kawasan Pantai Selatan (Pansela) Bantul dari Pantai Parangtritis hingga Pantai Pandansimo senilai Rp15.000 per pengunjung plus asuransi. Sedangkan untuk Goa Selarong dan Goa Cerme diberlakukan tarif baru senilai Rp10.000 per orang plus asuransi.

Advertisement

BACA JUGA: Pemkab Bantul Gelar Nobar Timnas Indonesia Vs Irak di Lapangan Paseban Nanti Malam

"Tidak ada kendala sampai saat ini. Karena kan sosialisasi sudah dilakukan cukup lama. Jadi tidak ada yang mengeluh," kata Subkoordinator Kelompok Substansi Promosi Kepariwisataan Dispar Bantul, Markus Purnomo Adi, Kamis (2/5/2024).

Lebih lanjut Ipung-panggilan akrab Markus Purnomo Adi, jumlah PAD senilai Rp176.660.500 itu didapatkan dari sebanyak 12.229 pengunjung di beberapa objek wisata yang dikelola oleh Dispar Bantul, pada Rabu (1/5/2024). Adapun perincian jumlah pengunjung yang datang, untuk Pantai Parangtritis ada 9.490 pengunjung dan pantai wilayah barat Bantul ada 2.607 pengunjung.

"Lalu ada 65 pengunjung di Goa Cerme dan 67 pengunjung di Goa Selarong," terang Ipung.

Menurut Ipung, kebijakan memberlakukan tarif baru tersebut bertujuan untuk menambah PAD dari sektor pariwisata. Apalagi pada 2024, Dispar Bantul ditarget meraih PAD senilai Rp49 miliar dari sektor pariwisata. Agar penerapan tarif baru tersebut efektif, Ipung mengaku Dispar Bantul juga telah telah merancang sejumlah event untuk mendongkrak kunjungan ke Pansela usai penerapan tarif retribusi terbaru.

“Nanti di Pantai Goa Cemara, akan ada keroncong pesisiran, dan sejumlah event lainnya di sepanjang Pantai Selatan. Kami harapkan ini mampu mendongkrak kunjungan wisatawan," kata Ipung.

BACA JUGA: Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Sementara, Ketua Komisi B DPRD Bantul Wildan Nafis mengaku sudah cukup lama pihaknya mendorong penerapan tarif baru untuk wisata di Bantul. Kenaikan tarif dinilai Wildan sebagai hal yang wajar, mengingat di sejumlah daerah juga sudah naik, salah satunya di pantai di Gunungkidul.

Meski demikian, Wildan meminta Pemkab Bantul untuk memperbaiki fasilitas di tiap objek wisata agar wisatawan nyaman berwisata di Bantul.

"Kami juga minta agar dinas memperbanyak atraksi wisata untuk menghibur wisatawan sehingga wisatawan bisa berlama lama dan banyak membelanjakan uangnya di Bantul," ucap Wildan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Sesuai Penugasan Pemerintah, Pertamina Patra Niaga Tetap Salurkan Pertalite

News
| Jum'at, 17 Mei 2024, 10:17 WIB

Advertisement

alt

Tidak Hanya Menginap, Ini 5 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan di Garrya Bianti Yogyakarta

Wisata
| Senin, 13 Mei 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement