Advertisement

Pemda DIY Klaim Tidak Ada Armada Membuang Sampah Ke TPA Piyungan Sejak 1 Mei 2024

Stefani Yulindriani Ria S. R
Kamis, 02 Mei 2024 - 17:27 WIB
Ujang Hasanudin
Pemda DIY Klaim Tidak Ada Armada Membuang Sampah Ke TPA Piyungan Sejak 1 Mei 2024 Ilustrasi-Sejumlah armada pengangkut sampah lalu lalang di sekitar TPA Piyungan, beberapa waktu lalu. - dok - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL--Pemda DIY telah menutup TPST Piyungan sejak 30 April 2024. Sejak itu, tidak ada armada sampah yang  membuang sampah kesana.

Pengangkut sampah Kota Jogja, Gito mengaku sudah tidak mengangkut sampah per 1 Mei 2024. Dia mengaku bingung mencari lahan untuk membuang sampah yang diangkutnya. 

Advertisement

Gito selama ini mengangkut sampah di daerah Pengok, Klitren. Dia mengaku dalam sekali pengangkutan mampu mengangkut sampah hingga satu tosa. Dalam seminggu, dia melakukan dua kali pengangkutan.

Dia mengaku sampah dari Pengok selama ini dibuang ke depo sampah Kota Jogja. Namun, menurutnya sejak 1 Mei 2024 tidak ada truk pengangkut sampah di depo Kita Jogja.

 "Terakhir buang sampah ke depo [Kota Jogja] tanggal 30 April [2024]," katanya. 

 Dia mengaku saat ini kesulitan mencari lokasi untuk membuang sampah yang diangkutnya. Dia mengaku selama ini menggantungkan hidup dengan pekerjaan sebagai pengangkut sampah. Sehingga dia mengaku masih memutar otak untuk meneruskan pekerjaan tersebut. 

Dia mengaku sebelumnya menerapkan tarif berkisar Rp100 ribu untuk pengangkutan sampah per pelanggan per bulan. Hal itu lantaran belakangan dia mengalami kesulitan untuk membuang sampah. Dia pun tengah mempertimbangkan untuk bekerjasama dengan jasa truk pengangkut sampah swasta untuk menyalurkan sampah yang telah diambilnya dari Pengok. Meski begitu harganya cukup tinggi.

 "Kalau pakai jasa [truk pengangkut sampah] swasta sekitar Rp300 ribu sekali angkut," katanya. 

Dia pun masih mempertimbangkan hal tersebut, lantaran menurutnya masih ada biaya operasional tossa pengangkut sampah yang digunakannya.

Dia menyampaikan beberapa layanan pengangkutan sampah swasta cukup tinggi.

Sementara pengangkut sampah di Bantul, Heri juga mengaku telah menghentikan aktivitas pengangkutan sampahnya. 

"Ini enggak ada aktivitas sama sekali. Kami masih menunggu kebijakan dari Pemda DIY," katanya.

BACA JUGA: TPA Piyungan Ditutup Permanen! Bantul Siapkan TPS Sementara Gadingsari untuk Pembuangan Sampah

Dia mengaku saat ini tengah memilah sampah yang telah ditampungnya beberapa hari belakangan.

Sementara pengawas lapangan TPST Piyungan, Marwan menyampaikan mulai 1 Mei 2024 tidak ada sampah yang dibuang ke TPST Piyungan. Meski begitu, dia masih menunggu arahkan lebih lanjut terkait kebijakan penataan sampah yang ada disana. 

"Ketika TPST Piyungan ditutup, memang tidak ada lagi disana. Disana ada [petugas] keamanan dan portal, sehingga dipastikan tidak ada [armada pengangkut sampah] kesana," katanya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) DIY, Kusno Wibowo menyampaikan pada 1 Mei 2024 mulai dilakukan desentralisasi pengolahan sampah di DIY. Pada hari terakhir pembuangan sampah ke TPST Piyungan total tonase sampah yang dikirim kesana mencapai 320 ton per hari. 

Dia menyampaikan setelah penutupan tersebut pihaknya akan melakukan penataan TPST Piyungan Transisi Tahap 1 dan 2. Penataan tersebut diperkirakan memerlukan waktu sekitar 1-2 bulan. Setelah itu, menurut Kusno pihaknya akan melakukan kajian untuk pengelolaan TPST Piyungan. 

"Mungkin untuk ruang terbuka hijau, edu wisata, atau lainnya," ujarnya.

Menurutnya, pengelolaan lanjutan TPST Piyungan akan diupayakan tahun 2024. Namun, apabila belum dapat dilakukan tahun ini, kajian tersebut akan dilakukan tahun 2024. Menurut Kusno, dalam kajian tersebut akan memakan waktu sekitar 3-4 bulan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Sesuai Penugasan Pemerintah, Pertamina Patra Niaga Tetap Salurkan Pertalite

News
| Jum'at, 17 Mei 2024, 10:17 WIB

Advertisement

alt

Tidak Hanya Menginap, Ini 5 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan di Garrya Bianti Yogyakarta

Wisata
| Senin, 13 Mei 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement