Advertisement

Sore Ini, KPU Sleman Tetapkan Caleg Terpilih Hasil Pemilu 2024

David Kurniawan
Kamis, 02 Mei 2024 - 14:57 WIB
Ujang Hasanudin
Sore Ini, KPU Sleman Tetapkan Caleg Terpilih Hasil Pemilu 2024 Pemungutan Suara / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—KPU Sleman akan menggelar rapat pleno terbuka penetapan caleg terpilih hasil Pemilu 2024 di The Rich Jogja Hotel di Jalan Magelang Km18, Kamis (2/5/2024) sore. Penetapan mengacu pada hasil rekapitulasi perhitungan suara di tingkat kabupaten yang terlaksana di awal Maret lalu.

Anggota KPU Sleman Divisi Teknis dan Penyelenggaraan Pemilihan, Noor Aan Muhlisoh mengatakan, pascapenetapan hasil rekapitulasi perhitungan suara di awal Maret 2024, KPU Sleman tidak serta merta bisa langsung menetapkan caleg terpilih. Pasalnya, setelah penetapan hasil ada peluang bagi para calon untuk mengajukan sengekta Perselisihan Hasil Perhitungan Suara (PHPU) ke Mahkama Konstitusi.

Advertisement

Berdasarkan surat dari KPU RI yang mengacu pada tembusan Buku Registrasi Perkara Konstitusi dari MK, Kabupaten Sleman dinyatakan menjadi salah satu daerah yang tidak ada sengketa pemilu. Oleh karenanya, dalam rentang waktu setelah surat diterima, KPU Sleman berkewajiban menetapkan dan mengumumkan caleg terpilih hasil Pemilu 2024.

“Sore nanti pukul 16.00 WIB kita gelar pleno penetapan di The Rich Jogja Hotel,” kata Aan, sapaan akrabnya saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis siang.

Menurut dia, penetapan caleg terpilih mengacu pada hasil rekapitulasi perhitungan suara di tingkat kabupaten. Adapun metode yang digunakan penetapan kursi yang diperoleh masih sama dengan penyelenggaraan Pemilu 2019, yakni dengan metode sainte lague.

“Untuk hasilnya, siap saja yang terpilih ada berapa raihan kursi oleh partai nanti setelah penetapan dilakukan. Yang jelas, kami sudah koordinasi dengan parpol dan Bawaslu untuk kelancaran penetapan,” katanya.

Meski belum ditetapkan secara resmi, raihan kursi maupun caleg terpilih bisa diketahui melalui perhitungan dengan menggunakan metode sainte lague. Parpol di Sleman juga sudah memperkirakan berapa jumlah kursi yang diraih.

BACA JUGA: Hasil Pemilu 2024: Muka-Muka Lama Masih Mendominasi DPRD Sleman

Sebagaimana kabar yang beredar, PDI Perjuangan dipastikan tetap menjadi peraih kursi terbanyak. Namun, torehan turun dari 15 kursi di Pemilu 2019 jadi hanya 13 kursi di DPRD Sleman.

Adapun PKB berada diurutan kedua dengan raihan tujuh kursi. Sedangkan untuk PKS, Gerindra, PAN dan Golkar masing-masing memeroleh enam kursi. Adapun enma kursi tersisa di DPRD Sleman, dibagi rata antara NasDem dan PPP yang masing-masing memeroleh tiga kursi.

Ketua PDI Perjuangan Sleman, Koeswanto mengatakan, partainya masih menjadi pemenang di Pileg 2024 di Sleman. Hanya saja, ia mengakui jumlah kursi yang diperoleh tidak sebanyak di Pemilu 2019 lalu.

“Berdasarkan perhitungan yang ada kursi yang diraih turun dari 15 kursi menjadi hanya 13 kursi. Tapi, secara jumlah masih merupakan yang terbanyak meraih kursi DPRD Sleman,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Sesuai Penugasan Pemerintah, Pertamina Patra Niaga Tetap Salurkan Pertalite

News
| Jum'at, 17 Mei 2024, 10:17 WIB

Advertisement

alt

Tidak Hanya Menginap, Ini 5 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan di Garrya Bianti Yogyakarta

Wisata
| Senin, 13 Mei 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement