Advertisement

Terbagi 6 Kloter, Ini Jadwal Pemberangkatan Ribuan Calon Haji asal Sleman

David Kurniawan
Minggu, 05 Mei 2024 - 18:47 WIB
Arief Junianto
Terbagi 6 Kloter, Ini Jadwal Pemberangkatan Ribuan Calon Haji asal Sleman Ibadah haji oleh jemaah haji / Foto ilustrasi Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Sedikitnya 1.133 calon haji asal Kabupaten Sleman akan berangkat ke Tanah Suci di tahun ini. Para jemaah terbagi dalam enam kloter dan pemberangkatan dilaksanakan mulai 24 Mei hingga 9 Juni 2024.

Kepala Kemenag Sleman, Sidik Pramono mengatakan untuk persiapan keberangkatan berbagai persiapan terlah dilakukan. Adapun calon haji juga sudah menyelesaikan pembayaran seluruh biaya ibadah selama di Tanah Suci.

Advertisement

Terkait dengan kesehatan jemaah, kata dia, sudah dilakukan pengecekan hingga pemberian vaksin yang dibutuhkan selama ibadah berlangsung. Adapun, dokumen perjalanan juga tidak ada masalah karena paspor dan visa telah diurus semuanya.

Selain itu, pada saat persiapan telah dilakukan bimbingan teknis kepada calon yang akan diberangkatkan. Untuk kelancaran, juga sudah dilaksanakan kegiatan manasik di tingkat kapanewon sebanyak enam kali dan kabupaten sekali.

“Tinggal menunggu pemberangkatan dan mudah-mudahan tidak ada perubahan sehingga keberangkatan sesuai jadwal yang telah diterima,” kata Sidik, Minggu (5/5/2024).

Menurut dia, calon haji asal Sleman berjumlah 1.133 orang. Untuk pemberangkatan dibagi menjadi enam kloter, yakni 48, 50, 53, 54, 81 dan 100.

Rencananya pemberangkatan pertama calon haji Sleman yang masuk kloter 48 dilaksanakan pada 24 Mei 2024. Beriktunya kloter 50 dan 53 diberangkatkan 25 Mei; kloter 54 diberangkatkan 26 Mei; kloter 81 berangkat 2 Juni dan kloter 100 berangkat 9 Juni 2024.

“Pemberangkatan ini mulai dari Sleman. Contohnya kloter 48 berangkat 24 Mei merupakan keberangakatan dari Sleman menuju asrama haji untuk menginap semalam. Adapun pemberangkatan ke Tanah Suci baru 25 Mei dan ini juga berlaku untuk semua kloter,” katanya.

BACA JUGA: Berikut Jadwal Lengkap Keberangkatan Jemaah Haji DIY, Kloter 47 Berangkat 24 Mei

Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Kemenang Sleman, Noor Imanah mengatakan, seluruh jemaah yang berangkat di tahun ini sudah membayar biaya perjalanan haji.

Dia menjelaskan, total biaya ibadah yang dibutuhkan berjumlah Rp94 juta. Namun demikian, tidak semua ditanggung jamaah karena ada subisidi dari Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) sebesar 60%.

Hal ini berarti masing-masing jamaah tinggal membayarkan sekitar Rp58 juta. Adapun rinciannya sebesar Rp25 juta sudah disetorkan saat pendaftaran, kemudian di virtual account masing-masing calon juga tersimpan dana sekitar Rp1,6 juta. “Jadi untuk pelunasan tinggal sekitar Rp31,7 juta setiap calon haji,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Menteri Keamanan AS Sebut Terorisme Kembali Muncul dan Jadi Ancaman

News
| Minggu, 19 Mei 2024, 01:17 WIB

Advertisement

alt

Hotel Mewah di Istanbul Turki Ternyata Bekas Penjara yang Dibangun Seabad Lalu

Wisata
| Sabtu, 18 Mei 2024, 20:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement