Advertisement

Pemda DIY Akan Buka 2.944 Formasi CPNS dan PPPK di 2024, Ini Rinciannya

Yosef Leon
Senin, 06 Mei 2024 - 17:27 WIB
Sunartono
Pemda DIY Akan Buka 2.944 Formasi CPNS dan PPPK di 2024, Ini Rinciannya Ilustari pendafataran CPNS online. - menpan.go.id

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pemda DIY mengusulkan sebanyak 2.944 formasi calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) untuk kebutuhan tahun 2024. Jumlah itu masih akan ditinjau oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) untuk disetujui dengan kebutuhan alokasi setempat. 

Kepala BKD DIY Amin Purwani menjelaskan, dari 2.944 formasi tersebut terdiri dari CPNS 354, P3K guru 184 dan P3K teknis ada 2.406. Rekrutmen 2024 memang fokus pada formasi P3K tenaga teknis lantaran status tenaga honorer dan tenaga bantu (naban) di lingkungan pemerintah daerah telah dihapuskan. 

Advertisement

BACA JUGA : Siap-Siap! Seleksi CPNS 2024 Segera Dibuka Mulai Bulan Depan, Cek Jadwal dan Formasinya

"Tiga jenis itu saja formasinya, karena cuma itu yang dibuka. P3K kesehatan kan sudah tahun lalu, ini kan dari naban Pemda DIY yang 2.406 itu," kata Amin, Senin (6/5/2024). 

Usulan telah dilakukan Pemda DIY yang ditutup pada 30 April 2024 lalu. Selanjutnya tim pusat dan daerah akan bertemu pada proses coaching clinic untuk membahas kebutuhan alokasi pegawai serta jumlah yang disetujui untuk direkrut pada tahun ini. 

"Coaching klinik ini semacam validasi dan verifikasi usulan sejak 5-8 Mei. Dari pusat nanti akan menetapkan formasi mana saja dan berapa yang disetujui," ujarnya. 

Amin menjelaskan, rekrutmen P3K 2024 dikhususkan bagi tenaga honorer di lingkungan Pemda DIY dengan masa kerja minimal dua tahun yang telah masuk dalam basis data di KemenPAN-RB dan Badan Kepegawaian Negara (BKN). Proses itu telah dilaksanakan pada tahun 2022 lalu, sehingga yang direkrut benar-benar yang tengah berpengalaman. 

"Dulu kan syarat entri itu bisa masuk di sistem ketika minimal punya pengalaman kerja dua tahun di posisi yang sama. Jadi kalau rekrutmen P3K sekarang sudah tidak ada syarat itu lagi, karena sudah terpenuhi pada entri tahun 2022 lalu," ungkapnya. 

Dia juga memastikan proses seleksi tetap sama dengan metode rekrutmen yang digunakan untuk penerimaan CPNS yakni dengan menggunakan computer assisted test (CAT). Hanya saja masih menunggu jumlah yang disetujui oleh pusat untuk kebutuhan formasi DIY tahun ini. 

BACA JUGA : Siapkan Lamaran! Pemkab Sleman Buka 736 Formasi CPNS dan PPPK

"Persiapan teknis belum dibahas, kami baru menunggu rekomendasi dari pusat dapat formasinya berapa. Tempat ujiannya nanti juga menyesuaikan dengan jumlah yang disetujui," katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Menkominfo Pastikan Starlink Tetap Bayar Pajak Seperti Operator Lain

News
| Minggu, 19 Mei 2024, 11:37 WIB

Advertisement

alt

Hotel Mewah di Istanbul Turki Ternyata Bekas Penjara yang Dibangun Seabad Lalu

Wisata
| Sabtu, 18 Mei 2024, 20:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement