Advertisement

Help Desk Pendaftaran Calon Independen untuk Pilkada Bantul Sepi Peminat

Jumali
Senin, 06 Mei 2024 - 18:57 WIB
Sunartono
Help Desk Pendaftaran Calon Independen untuk Pilkada Bantul Sepi Peminat Bakal calon bupati Bantul Agus 'Moncer' Santoso saat berbicara dengan awak media, Senin (6/5/2024) - Harian Jogja/Jumali

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—KPU Bantul mengklaim sampai saat ini belum ada bakal calon perseorangan yang berkonsultasi terkait syarat pendaftaran calon bupati dan wakil bupati Bantul pada Pilkada 2024 melalui jalur independen.

Padahal, KPU Bantul telah membuka layanan helpdesk untuk memberikan informasi kepada masyarakat yang hendak maju dalam Pilkada Bantul 2024 melalui jalur independen.

Advertisement

"Belum ada yang ke KPU untuk sekadar bertanya dan berkonsultasi terkait jalur independen," kata Ketua KPU Bantul Joko Santosa, Senin (6/5/2024).

BACA JUGA : PKB, PKS dan PPP Berpeluang Berkoalisi di Pilkada Bantul

Meski demikian, Joko mengaku, sesuai dengan PKPU, KPU Bantul tetap akan mulai membuka pendaftaran calon bupati dan wakil bupati Bantul pada Pilkada 2024 melalui jalur independen mulai 8-12 Mei 2024.

Adapun, untuk calon bupati dan wakil bupati Bantul melalui jalur independen, KPU mensyaratkan mengumpulkan 55.656 dukungan berupa KTP sebagai syarat mendaftar Pilkada jalur independen.

"Untuk itu kami tunggu. Silakan untuk yang akan mendaftar untuk menyerahkan dukungan pada tanggal tersebut," ujar Joko.

Siap Maju Independen

Terpisah, bakal calon bupati Bantul yang mendaftar lewat DPD II Golkar Bantul, Agus 'Moncer' Santoso mengaku siap untuk maju lewat jalur independen, jika nantinya tidak mendapatkan restu dari partai politik.

Meski demikian, Agus mengaku sampai saat ini dirinya masih mengutamakan mendaftar bakal calon bupati Bantul melalui partai politik. Selain maju lewat DPD II Golkar Bantul, Agus mengaku juga siap untuk maju melalui partai lainnya.

"Kalau partai politik lainnya membuka pendaftaran saya akan mendaftar. Sejauh ini memang masih melalui Partai Golkar," paparnya.

"Namun, tidak menutup kemungkinan juga saya akan nekat menempuh jalur independen. Syaratnya kan verifikasi KTP, saya siap. Karena tim saya memang sudah siap untuk itu," katanya.

BACA JUGA : Pilkada Bantul: Bawaslu Buka Pendaftaran Panwascam untuk 5 Kecamatan, Ini Syaratnya

Agus nekat maju sebagai bakal calon bupati Bantul karena ingin mewujudkan kemajuan bagi Kabupaten Bantul dan akan menciptakan banyak lapangan kerja bagi warga Bumi Projotamansari. "Untuk menciptakan hal tersebut, semua sudah kami persiapkan program dan tinggal menjalankan," ucap Agus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Menkominfo Pastikan Starlink Tetap Bayar Pajak Seperti Operator Lain

News
| Minggu, 19 Mei 2024, 11:37 WIB

Advertisement

alt

Hotel Mewah di Istanbul Turki Ternyata Bekas Penjara yang Dibangun Seabad Lalu

Wisata
| Sabtu, 18 Mei 2024, 20:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement