Advertisement

Seleksi Paskibraka DIY dan Nasional Wakil DIY Digelar Kini Pakai Aplikasi

Catur Dwi Janati
Senin, 06 Mei 2024 - 21:37 WIB
Arief Junianto
Seleksi Paskibraka DIY dan Nasional Wakil DIY Digelar Kini Pakai Aplikasi Suasana pembukaan Seleksi Paskibraka DIY dan Nasional Wakil DIY pada Senin (6/5/2024) di Youth Center Yogyakarta. - Harian Jogja/Catur Dwi Janati 

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Seleksi Paskibraka DIY dan Nasional Wakil DIY resmi dibuka pekan ini. Puluhan putra-putri terbaik perwakilan kabupaten/kota se-DIY melakoni serangkaian tes untuk menjadi yang terbaik. 

Kepala Bidang Bina Ideologi dan Kewaspadaan Nasional Badan Kesbangpol DIY, Djuli Sugiarto menjelaskan para peserta seleksi paskibraka DIY dan Nasional wakil DIY ini dikirim dari lima kabupaten/kota.

Advertisement

Masing-masing kabupaten/kota mengirimkan delapan pasang paskibraka yang terdiri delapan peserta putra dan delapan peserta putri. "Jadi keseluruhan yang dikirim ke sini itu 40 putri dan 40 putra, total 80 orang," kata Djuli, Senin (6/5/2024).

Dari 80 peserta yang mengikuti seleksi, panitia akan mengambil 40 peserta terbaik. Selanjutnya dari jumlah tersebut, tiga pasang paskibraka akan dikirimkan ke Pusat untuk menjalani seleksi nasional.

Sepasang peserta terpilih akan melenggang ke tim paskibraka nasional, sedangkan dua pasang lainnya akan kembali dan bertugas di provinsi DIY. 

Perjalanan para peserta menjadi paskibraka terpilih tentunya harus melewati serangkaian tes panjang. Para peserta akan menjalani seleksi tiga hari terhitung 6-8 Mei 2024 yang dipusatkan di Youth Center Yogyakarta.

Puluhan peserta harus menjalani Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), Tes Kesehatan, Tes Parade, Tes Kesamaptaan dan masih banyak lagi. Kesbangpol DIY bekerja sama dengan TNI dan Polri sebagai tim juri. "Ada interview dan rekam jejak. Rekam jejak ini maksudnya adik-adik ini ada hal-hal yang mengarah ke radikal atau tidak. Jadi itu nanti dilihat dari rekam jejak medsosnya," ungkapnya. 

Transparasi menjadi salah satu aspek yang terus ditingkatkan dalam seleksi paskibraka tahun ini. Hasil berbagai tes akan langsung masuk dalam aplikasi yang bisa dilihat antar peserta. "Tesnya semua melalui aplikasi, jadi tim juri, panitia itu tidak bisa bermain-main karena semua langsung masuk di aplikasi," tegasnya. 

Djuki berharap dari seleksi ini mendapatkan para peserta calon pemimpin bangsa. "Mendapatkan adik-adik calon pemimpin bangsa yang betul-betul kualitasnya terjaga baik," imbuhnya. 

BACA JUGA: Pelajar Meninggal saat Seleksi Paskibra Sempat Alami Kejang dan Mulut Keluar Busa

Salah satu tim juri seleksi paskibraka DIY, Peltu Gunadi menambahkan secara garis besar ada beberapa kriteria yang menjadi aspek penilaian. Misalnya aspek fisik, kesegaran jasmani, tes PBB dan masih banyak lagi. Semua materi tes lanjut Gunadi menjadi prioritas tidak ada yang lebih penting dari satu dan lainnya. 

"Kami sangat transparan, setelah tes itu masing-masing menandatangani dari pada hasil materi tes apa yang dia sudah laksanakan jadi sangat transparan apalagi kami menggunakan aplikasi," ucap dia. 

"Dari seleksi ini calon pengibar bendera pusaka siap mental, siap fisik, kepribadian yang baik sehingga betul-betul putra terbaik yang nanti menjadi calon pemimpin bangsa ini."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Menkominfo Pastikan Starlink Tetap Bayar Pajak Seperti Operator Lain

News
| Minggu, 19 Mei 2024, 11:37 WIB

Advertisement

alt

Hotel Mewah di Istanbul Turki Ternyata Bekas Penjara yang Dibangun Seabad Lalu

Wisata
| Sabtu, 18 Mei 2024, 20:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement