Advertisement

Susul Parpol Lain, PKB Sleman Buka Penjaringan Bakal Calon untuk Pilkada Pekan Depan

Catur Dwi Janati
Senin, 06 Mei 2024 - 20:27 WIB
Arief Junianto
Susul Parpol Lain, PKB Sleman Buka Penjaringan Bakal Calon untuk Pilkada Pekan Depan PKB. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Sleman bakal segera menyusul melakukan penjaringan. Meski belum dibuka, sejumlah nama yang santer bakal maju di Pilkada Sleman telah menjalin komunikasi dengan PKB.

Ketua DPC PKB Sleman, R. Agus Choliq memberikan bocoran bila penjaringan bakal calon bupati dan bakal calon wakil bupati kemungkinan dibuka pekan depan. Kepastian penyelenggaraannya akan menunggu keputusan rapat yang digelar pekan ini.

Advertisement

"Mungkin pekan-pekan depan kita mau pembukaan. Ini mau kita koordinasi besok pagi, lalu menentukan kapan buka penjaringannya itu mungkin hasil keputusan besok pagi itu," kata Choliq pada Senin (6/5/2024).

Meski menunggu hasil rapat, potensi waktu pembukaan penjaringan mengerucut pada pekan depan. "Njih, kemungkinan besar pekan depan kita buka penjaringan," ucap dia. 

Choliq menyebutkan kendati belum dibuka secara resmi, ada sejumlah tokoh yang sudah menjalin komunikasi dengan PKB Sleman. Hanya saja Agus tak merinci siapa-siapa saja yang telah melakukan komunikasi dengan partai.  "Semua calon yang mungkin sudah banyak beredar itu juga komunikasi dengan PKB," ujar dia.

BACA JUGA: Jalur Perseorangan di Pilkada Sleman 2024 Sepi Peminat

Dalam internal partai, sejumlah kader potensial maju dari PKB. Tetapi, partai masih menggodok arah yang bakal diambil nantinya, apakah kursi bakal calon bupati atau bakal calon wakil bupati. Saat ditanya siapa kader yang berpotensi maju, Choliq belum menyebutkan secara gamblang. 

"Belum, belum, nanti, karena banyak, beberapa orang. Nanti kalau sudah saatnya kita sampaikan, baru akan kita sampaikan. Ada yang wakil bupati, ada yang bupati. Karena kita belum fokus mau yang bupati atau wakilnya," tegasnya. 

Pembukaan penjaringan bakal calon bupati dan bakal calon wakil bupati dari gerbong PKB rencananya akan dibuka dua pekan. Setelahnya para kandidat akan menempuh tahapan fit dan proper test dari DPC PKB Sleman. Nama-nama yang dinyatakan lolos seleksi akan diajukan partai ke DPP PKB. 

"Ada fit dan proper di DPC, habis itu baru kami kirim ke DPP setelah kami memberikan rekomendasi-rekomendasi. Nanti ada seleksi juga, lalu yang sebagian yang kita anggap layak untuk kita ajukan ke DPP, baru kita ajukan," kata dia.

Di sisi lain, PKB Sleman diungkapkan Choliq juga membuka pintu koalisi. Prinsipnya partai terbuka untuk menjaring koalisi dengan partai manapun. "Kami berkomunikasi dengan teman-teman di PKS, dengan teman-teman yang lain juga mulai membuka peluang-peluang untuk komunikasi."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kasus Covid-19 di Singapura Meningkat 2 Kali Lipat dalam Sepekan

News
| Minggu, 19 Mei 2024, 11:57 WIB

Advertisement

alt

Hotel Mewah di Istanbul Turki Ternyata Bekas Penjara yang Dibangun Seabad Lalu

Wisata
| Sabtu, 18 Mei 2024, 20:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement