Advertisement

Eko Suwanto: Sultan Grond dan Pakualaman Grond untuk Kesejahteraan Masyarakat

Media Digital
Selasa, 07 Mei 2024 - 20:47 WIB
Arief Junianto
Eko Suwanto: Sultan Grond dan Pakualaman Grond untuk Kesejahteraan Masyarakat Eko Suwanto (kedua kiri). - Istimewa

Advertisement

JOGJA—Pemanfaatan tanah Sultan Grond dan Pakualaman Ground sesuai pasal tiga Perdais Pertanahan dan Tata Ruang, ditujukan untuk tiga hal, yaitu pengembangan kebudayaan, kepentingan sosial dan kesejahteraan masyarakat.

Ketua Komisi A DPRD DIY dari Fraksi PDI Perjuangan, Eko Suwanto menyatakan adanya Peraturan Daerah Istimewa (Perdais) Pertanahan dan Tata Ruang harus dijalankan dengan baik oleh Pemda DIY agar urusan masyarakat berkaitan pertanahan mudah aksesnya.

Advertisement

"Ada pasal 3 di Perdais PTR yang memungkinkan masyarakat mendapatkan manfaat dari Kasultanan Ground dan Pakualaman Ground, hal yang penting dipahami bersama tanahnya milik kelembagaan Kasultanan Ngayogyakarta dan Kadipaten Pakualaman jadi penguasaan tanah bukan atas nama pribadi ya," kata Eko Suwanto, Selasa (7/5/2024).

Saat sosialisasi Perdais Pertanahan dan Tata Ruang bersama Dinas Pertanahan dan Tata Ruang DIY, Eko Suwanto menyebutkan untuk pemanfaatan tanah maka siapa saja yang memiliki rumah di atas tanah Kasultanan dan Pakualaman diharapkan untuk segera mengurus palilah atau kekancingan.

"Kalau untuk kebutuhan publik saya kira lebih baik Pemkot Yogyakarta segera ajukan. Mari bersama jaga keistimewaan, pada saat yang sama pemda juga harus kerja keras untuk bersama berikan layanan publik dengan baik," kata Eko Suwanto.

BACA JUGA: Update Pembebasan Lahan Tol Jogja-Solo, Tanah Sultan Ground Mulai Dilakukan Appraisal

Eko Suwanto  di hadapan warga Yogyakarta dalam sosialisasi bersama Dinas Pertanahan dan Tata Ruang DIY berpesan urusan pertanahan dan keistimewaan ini, memiliki sejarah panjang bagi DIY.

"Pesan saya, mari jadikan urusan pertanahan jadi satu pertimbangan dalam proses pilkada 2024. Komitmen kuat atas keistimewaan DIY perlu jadi pertimbangan agar nyambung nanti kala terpilih, bisa bekerja sama dengan Gubernur dan Wakil Gubernur DIY, utamanya membawa kesejahteraan rakyat," kata Eko Suwanto, lulusan Magister Ekonomi Pembangunan UGM ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

3 Jenazah Pesawat Jatuh BSD Tiba di RS Polri, Posko Ante mortem dan Post Mortem Dibuka

News
| Minggu, 19 Mei 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Hotel Mewah di Istanbul Turki Ternyata Bekas Penjara yang Dibangun Seabad Lalu

Wisata
| Sabtu, 18 Mei 2024, 20:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement