Advertisement

Pilkada Kulonprogo Diprediksi Diikuti Tiga Pasangan Calon

Triyo Handoko
Rabu, 08 Mei 2024 - 16:17 WIB
Maya Herawati
Pilkada Kulonprogo Diprediksi Diikuti Tiga Pasangan Calon Kepala Daerah - Ilustrasi - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Pemilihan kepala daerah (Pilkada) di Kulonprogo pada 2024 ini diperkirakan diikuti tiga pasangan calon (paslon) yang saling berebut kursi bupati dan wakil bupati.

Prediksi tersebut disampaikan Kepala Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) DPD PAN Kulonprogo, Riemas Ginong Pratidina berdasarkan pengamatannya selama proses penjaringan serentak dan komunikasi antar partai. Ginong menyebut semua kandidat yang sudah muncul namanya berambisi kuat dan serius maju Pilkada.

Advertisement

Bahkan sebagian kandidat tidak akan mundur untuk jadi calon bupati, menurut Ginong, meskipun ditawari calon bupati. "Yang sudah terang dan bertekad maju sebagai bupati ini tidak mau lagi bahkan jadi calon wakil bupati, artinya berambisi kuat, sehingga kalau saya mengira minima ada tiga paslon nanti yang berkontestasi," jelas Ginong, Rabu (8/5/2024).

Ginong tak menyebut nama pasti kandidat yang berambisi kuat tersebut. Tapi menurutnya ambisi kuat itu juga dipastikan dibarengi dengan kekuatan logistik yang mapan. "Kalau ambisi saja, tapi tidak punya logistik saya kira tidak cukup kuat sampai segitunya," ujarnya.

Kekuatan logistik dari tiap kandidat yang sudah muncul, jelas Ginong, cukup merata dan membuat masing-masing percaya diri. "Kalau dari PAN sendiri belum memutuskan secara resmi akan mengusung siapa nantinya, tetapi kami kemarin mengusulkan ke DPP ada dua nama," terangnya.

Dua nama yang sudah diusulkan ke DPP PAN untuk Pilkada Kulonprogo itu adalah Sutedjo dan Ahmad Basuki. Ginong menyebut dua nama itu baru sementara dan belum diputuskan secara resmi. "Kemungkinan nama lain juga masih bisa, nanti akan kami bahas dengan DPP dan Ketua Umum pada akhir bulan ini," katanya.

BACA JUGA: Seorang Anak di Sleman Diduga Tertembak Senapan Angin, Polisi Buru Pelaku

Pengurus DPD PKS Kulonprogo, Hamam Cahyadi menyebut tengah melakukan verifikasi terhadap dua kandidat yang mendaftar. Dua nama yang mendaftar sebagai kandidat Pilkada Kulonprogo ke PKS itu adalah Wakil Ketua DPD Gerindra DIY, Marija dan seorang pengusaha asal Bumi Binangun di Cilegon, Ahmad Basuki.

Hamam yang juga anggota DPRD Kulonprogo ini menjelaskan verifikasi dilakukan terutama untuk melihat visi kepemimpinan kandidat. Bagi PKS, visi kepemimpinan lebih utama untuk menentukan kandidat yang akan diusung.

"Kalau lihat kontestasi dan dinamika hingga hari ini, sepertinya maksimal ada tiga calon yang nantinya ikut Pilkada Kulonprogo 2024, kami berharap tidak terlalu banyak agar masyarakat tak bingung," jelas Hamam.

Sejauh ini PKS Kulonprogo yang memiliki lima kursi DPRD masih membuka penjajakan kerja sama dengan berbagai pihak untuk Pilkada 2024 ini. "Kami masih terbuka, koalisi belum ditentukan dan keputusan pengusungan juga belum ada, kami harap pemimpin yang terbaik yang muncul nantinya," katanya.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Syahdu! Makan Malam Pemimpin Negara di World Water Forum Bali Diiringi Lantunan Sape

News
| Minggu, 19 Mei 2024, 22:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menikmati Sendratari dan Pertunjukan Wayang di Jogja

Wisata
| Minggu, 19 Mei 2024, 06:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement