Advertisement

Klaim Telah Memiliki Koalisi di Pilkada Gunungkidul, Sutrisna Wibawa: Masih Cair

Andreas Yuda Pramono
Kamis, 09 Mei 2024 - 13:37 WIB
Abdul Hamied Razak
Klaim Telah Memiliki Koalisi di Pilkada Gunungkidul, Sutrisna Wibawa: Masih Cair Dosen Pascasarjana Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST), Sutrisna Wibawa sedang berada di Gedung Pusat UST, Kota Jogja, Kamis (18/4/2024). Mantan Rektor UNY tersebut mengaku akan ikut dalam Pilkada Gunungkidul 2024. Saat ini, Sutrisna masih menjalin komunikasi dengan partai lain terkait kemungkinan koalisi. Harian Jogja - Andreas Yuda Pramono

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa mengaku telah memiliki koalisi untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.

Meski begitu, dia mengatakan peta koalisi partai politik (parpol) masih cair. "Koalisi saat ini dengan Gerindra dan PKS. Tapi masih terbuka kok, partai lain mau gabung juga masih bisa,” kata Sutrina dihubungi, Kamis (9/5/2024).

Advertisement

BACA JUGA: Gerindra Mulai Buka Pendaftaran Calon Bupati dan Wakil Bupati Gunungkidul untuk Pilkada 2024

Paska menjadi kader Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Sutrisna sangat berpeluang maju Pilkada sebagai bakal calon bupati (bacabup). Pada Rabu (8/5), dia juga resmi mendaftar sebagai bacabup dari Partai Nasdem.

Sebagaimana diketahui, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Nasdem Gunungkidul telah membuka pendaftaran calon bupati dan/atau wakil bupati Pilkada Gunungkidul 2024 dari Partai Nasdem sejak Sabtu (4/5/2024) hingga Jumat (10/5/2024).

Wakil Ketua Bidang Komunikasi Publik, Media, dan Desk Pilkada (KPMDP) DPD Partai Nasdem Gunungkidul, Ismadi mengaku sudah ada tiga orang yang mendaftar untuk maju dalam kontestasi Pilkada 2024. Tiga orang tersebut yaitu Sutrisno Wibawa, Supriyadi, dan Dadang Iskandar.

Ketua DPC Gerindra Gunungkidul, Purwanto mengatakan sampai saat ini pihaknya masih menjajaki kemungkinan koalisi dengan parpol lain. Pada kesempatan sebelumnya, dia mengaku telah menjalin komunikasi dengan sejumlah partai seperti Golkar, PAN, NasDem, hingga Demokrat.

Disinggung perihal bakal calon yang akan diusung, di internal Partai Gerindra ada nama yang berpotensi maju seperti Ketua Badan Pemenangan Pemilu 2024, Sumanto. Selain itu, tokoh dari luar partai ada Sutrisna Wibawa dan bankir di Gunungkidul (Pimpinan BMT Dana Insani), Kurniawan Fahmi, dan Wakil Bupati Gunungkidul, Heri Susanto.

BACA JUGA: Masih Ada Kesempatan, KPU Bantul Perpanjang Pendaftaran Anggota PPS

Sementara itu, Ketua DPD Partai PKS Gunungkidul, Tri Iwan Isbumaryani mengaku pihaknya telah melakukan komunikasi lebih jauh dan intens dengan Partai Nasdem dan Gerindra.

“Kami sudah ada pembicaraan yang mendalam dengan Partai Nasdem dan Gerindra tentang koalisi, tapi memang belum diresmikan secara formal,” kata Iwan.

Iwan mengatakan belum tahu waktu persemian tersebut. Hanya, peresmian akan ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dan deklarasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Drone Garda Revolusi Deteksi Sumber Panas Diduga Puing Reruntuhan Helikopter Presiden Iran

News
| Senin, 20 Mei 2024, 10:27 WIB

Advertisement

alt

Lokasi Kolam Air Panas di Jogja, Cocok untuk Meredakan Lelah

Wisata
| Senin, 20 Mei 2024, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement