Advertisement

DPRD Kulonprogo Minta Pemkab Sat-Set Menangkap Peluang Bandara YIA

Newswire
Kamis, 09 Mei 2024 - 23:07 WIB
Maya Herawati
DPRD Kulonprogo Minta Pemkab Sat-Set Menangkap Peluang Bandara YIA Yogyakarta International Airport (YIA) menjadi satu/satunya bandara bertaraf internasional untuk wilayah DIY dan Jawa Tengah. Tampak sejumlah pengguna bersiap memasuki Bandara YIA di Kulonprogo Daerah Istimewa Yogyakarta, belum lama ini.

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Pemkab Kulonprogo didorong agar merespons cepat peluang Yogyakarta International Airport (YIA) atau Bandara YIA sebagai satu-satunya bandara internasional di Jawa Tengah dan DIY.

Hal ini diutarakan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kulonprogo, Akhid Nuryati, agar mampu mendongkrak pertumbuhan ekonomi.

Advertisement

Akhid di Kulonprogo, Kamis, mengatakan status YIA tersebut jadi peluang investasi yang sangat menjanjikan bagi Kulonprogo, terutama bagi sektor UMKM, agar bisa menampilkan produknya secara maksimal di area bandara.

"Namun harus diupayakan juga agar produk UMKM Kulonprogo bisa laris, tidak hanya sekedar ditampilkan di YIA," kata Akhid, Kamis (9/5/2024).

Menurut dia, meningkatkan pertumbuhan ekonomi butuh sinergi antar-Organisasi Perangkat Daerah, khususnya OPD teknis, seperti Dinas Koperasi dan UKM, Dinas Pariwisata.

"Status YIA sebagai bandara internasional di Jawa Tengah-DIY harus diimbangi inovasi dan sinergi OPD untuk percepatan pembangunan di Kulonprogo, khususnya ekonomi," katanya.

Sementara itu, Kepala Dispar Kulonprogo Joko Mursito mengatakan akan memaksimalkan pemanfaatan Pusat Informasi Wisata atau Tourism Information Center (TIC) di YIA. "Saat ini kan sudah ada TIC di YIA, akan kami menggeliatkan lagi pemanfaatannya," kata Joko.

TIC di YIA nantinya dimaksimalkan untuk memberikan informasi terkait destinasi hingga atraksi wisata di Kulonprogo. Termasuk potensi-potensi yang sekiranya bisa dikembangkan.

BACA JUGA: Makan Murah di Jogja Versi Mahasiswa, Cek Tempatnya

Berkaitan dengan rute penerbangan internasional di YIA, Joko mengatakan hal itu menjadi kewenangan dari Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) DIY. Pihaknya pun akan mengikuti apa yang menjadi keputusan di sana. "Sebab tidak mungkin kami bergerak sendiri, harus ada keselarasan kebijakan dengan Pemda DIY," katanya.

Lebih lanjut, Joko mengatakan Pemkab Kulonprogo belum lama ini meneken kesepakatan dengan PT Angkasa Pura I selaku pengelola YIA. Kerja sama berkaitan dengan pengembangan potensi daerah.

Ia mengatakan masih perlu ada tindak lanjut dari kesepakatan tersebut. Seperti bagaimana realisasi hingga implementasi dari kebijakan kerja sama yang bisa menguntungkan sektor pariwisata Kulonprogo. "Kami akan segera berkomunikasi dengan PT AP I YIA membahas soal itu," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Presiden Jokowi: Duka Cita Mendalam atas Wafatnya Presiden Iran

News
| Senin, 20 Mei 2024, 20:37 WIB

Advertisement

alt

Lokasi Kolam Air Panas di Jogja, Cocok untuk Meredakan Lelah

Wisata
| Senin, 20 Mei 2024, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement