Jogjapolitan

Maling Bobol Patsy Jogja, Puluhan Burung Digasak

Penulis: David Kurniawan
Tanggal: 30 Januari 2014 - 11:24 WIB
JIBI/SOLOPOS/ Sunaryo Haryo BayuPedagang sedang menjaga burung Kenari Holland yang ditempatkan dalam kandang di Jl Depok, Manahan, Solo, (15 - 11). Burung kenari yang diimpor dari Belanda tersebut dijual dengan harga Rp750.000,/ per ekor

Harianjogja.com, JOGJA – Pasar satwa dan tanaman hias (Pasty) Jogja kembali disatroni kawanan pencuri. Kali ini dialami, Riyanto penjual burung di kawasan itu, mengalami kerugian mencapai Rp50 Juta. Peristiwa ini sudah terjadi 3 kali dalam kurun waktu 3 bulan.

Menurut penuturanya, pada Selasa (28/1/2014) pagi, ia mendapatkan kabar kalau kios miliknya telah dibobol pencuri. Mendapatkan berita itu, Riyanto langsung menuju ke kios untuk mengecek kebenaran berita itu.
“Pagi-pagi saya dihubungi petugas keamanan, jika kios saya dibobol maling. Untuk mengecek keberanan itu, saya langsung menuju lokasi dan ternyata benar,” katanya, Rabu (29/1).

Dia menceritakan, kejadian ini merupakan yang ketiga kalinya terjadi pencurian di Pasty Jogja. Waktu kejadiannya tidak berselang lama, karena terjadi dalam kurun waktu 3 bulan saja. Atas peristiwa ini, ia mengaku mengalami kerugian mencapai Rp50 juta. “Total ada sekitar 30 burung berhasil dibawa kabur pencuri itu,” sebutnya

Dia menjelaskan, kebanyakan burung yang dibawa adalah burung jenis Kenari. Di antaranya, 4 ekor Kenari Yokshire, 10 Kenari Holand Import, dan beberapa kenari jenis lainnya seperti Kenari F1 dan Kenari F4.

“Masih banyak lagi jenis burung yang dibawa kabur, karena jumlahnya mencapai 30 ekor, padahal ini baru di toko saya, belum lagi toko sebelah. Karena total dalam aksi pencurian ini berhasil membobol 3 toko,” ungkapnya.

Diakuinya, dia sudah mencoba menelusuri jejak pencuri itu. Salah satunya melalui media jejaring sosial, khususnya untuk teman-teman sesama penyuka burung, yang tegabung dalam kelompok kicau mania.

“Ya saya menyebarkan pesan tentang kehilangan ini dengan memberikan ciri-ciri burung yang hilang. Apabila ada teman-teman yang mengetahui mohon hubungi saya,” ujar dia.

Atas kejadian ini, Riyanto juga mengaku telah membuat laporan pencurian ke Polresta Jogja. “Saya sudah melapor dan semua sudah saya serahkan ke pihak yang berwenang,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

Video Terbaru

Berita Lainnya

  1. Diduga Sakit, Buruh Pabrik Garmen Semarang Meninggal di Indekos
  2. Dampak Erupsi Gunung Marapi, Bandara Minangkabau Sempat Ditutup Sementara
  3. Bermain Masak-masakan, Bocah di Miri Sragen Terkena Semburan Api dan Terluka
  4. Ribuan Hektare Tanaman Padi di Kudus Puso Akibat Terendam Banjir

Berita Terbaru Lainnya

Jadwal Bus Damri dari Jogja-Bandara YIA, Bantul, Sleman dan Sekitarnya
Rute Bus Trans Jogja, Cek di Sini, Jangan Salah Pilih
Jadwal Kereta Prameks Jogja-Kutoarjo, Jumat 29 Maret 2024
Jadwal Terbaru KRL Jogja Solo dan KRL Solo Jogja Hari Ini, Jumat 29 Maret 2024
Jadwal Imsak dan Buka Puasa Wilayah Jogja dan Sekitarnya, Jumat 29 Maret 2024
Perayaan Paskah 2024, Tim Jibom Polda DIY Melakukan Sterilisasi Sejumlah Gereja di Jogja
Jadwal KA Bandara YIA Kulonprogo-Stasiun Tugu Jogja, Jumat 29 Maret 2024
Harga Tiket KA Bandara YIA Hanya Rp20.000, Berikut Cara Memesannya
Yayasan Griya Jati Rasa Mengajak Umat Beragama Mengawal Indonesia Emas 2045
Puluhan Kilogram Bahan Baku Petasan Disita Polres Bantul