HomeJogjapolitan

Jogja Siapkan 4.500 Vaksin Rabies Secara Gratis, Pemilik Hewan Piaraan Diimbau Mendaftar

Oleh:Uli Febriarni
08 Maret 2019 - 17:17 WIB

Ilustrasi vaksinasi hewan peliharaan. - Harian Jogja

Harianjogja.com, JOGJA--Dinas Pertanian dan Pangan Kota Jogja akan menyelenggarakan vaksin rabies gratis, pada periode April dan Oktober2019. Kuota pemberian vaksin ini rencananya juga akan ditambah.

Plt Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kota Jogja, Sudarmanto mengungkapkan, pada 2018 lalu, sekitar 2.000 populasi mendapat kesempatan kuota vaksin gratis. Sedangkan pada 2019, kuota pemberian vaksin gratis di Kota Jogja sebanyak 100 vaksin untuk satu kelurahan.

Begitu juga pada tahap kedua, direncanakan Oktober 2019. Sehingga total dalam satu tahap saja, diperlukan sekitar 4.500 vaksin. Harga vaksin Rp24.000 per ampul, biaya itu belum diikuti dengan biaya jasa penyuntik vaksin.

Saat ini, persiapan pelaksanaan vaksin gratis telah dilakukan dengan menyiapkan surat edaran yang akan disebar ke kelurahan. Bagi warga yang berminat mengikutkan hewan peliharaan dalam program vaksin gratis ini, cukup mendaftar di kantor kelurahan sesuai tempat tinggal

"Usia vaksin sekitar satu tahun, bagi pemilik hewan yang sebelumnya memvaksinkan mereka pada April, bisa ikut vaksin gratis April. Begitu juga yang Oktober, jadi bukan dalam satu tahun ikut dua kali, misalnya ikut April dan Oktober sekaligus, gantian dengan yang lain," ujarnya, Kamis (7/3/2019).

Ia berharap, setiap warga Kota Jogja yang memiliki hewan peliharaan, bisa mengikutkan mereka dalam program ini. Terutama pemilik anjing, kucing, kera. Selain gratis, bisa membantu mencegah hewan peliharan terjangkit rabies.

Kendati pelaksanaan vaksin gratis dilaksanakan di kantor kelurahan, Dinas Pertanian dan Pangan juga akan dengan senang hati menggelar vaksinasi di fasilitas umum yang berada lebih dekat dengan kediaman warga, misalnya Balai RW. "Sepanjang ketika tim kami datang, tidak ada penolakan dari warga dengan sebuah alasan tertentu," kata dia.

Vaksinasi berperan penting bagi hewan peliharaan, vaksin membantu pencegahan dan penyebaran bibit penyakit zoonosis. Karena seekor hewan peliharaan tidak dapat dipastikan membawa bibit zoonosis atau tidak, apabila belum ada intervensi gigitan dari hewan tersebut.

Kemudian diidentifikasi oleh tim kesehatan, lewat proses yang panjang. Ia mendorong warga bisa mengoptimalkan program ini, tidak menunggu terjadi sesuatu terlebih dahulu pada hewan peliharaan mereka.

Tag: Vaksinasi Editor: Sunartono

Artikel Terkait
Pemberian Vaksin Booster ASN & Guru Kota Jogja Rampung Pekan Depan 1 hour ago
Vaksinasi Booster Sasar 12.000 ASN & Guru di Kota Jogja 6 hours ago
Vaksin Covid-19 Rutin Setahun Sekali Lebih Efektif daripada Booster 3 days ago
Peneliti Uji Coba Vaksinasi Covid-19 lewat Hidung Bukan Suntikan 4 days ago
Dua Ormas di Bantul Diterjunkan Pemerintah untuk Vaksinasi Covid-19 5 days ago

Berita Pilihan

Ini Penyebab Klithih Menurut Sosiolog UGM Cukai Naik, Rokok Murah Jadi Pilihan Volume Sampah di Pantai Selatan Bantul Diprediksi Naik 15 Persen Disinfektan Udara Buatan Dosen UMY Ini Bisa Hemat Investasi Faskes hingga Ratusan Juta  Sudah 79 Tahun, Mbah Wahidi Masih Kuat Menjual Burger Keliling Sleman
Berita Terbaru
5 Tahun Berdiri, AMSI Kolaborasi Bangun Ekosistem Media Digital Sehat dan Berkelanjutan 14 minutes ago
Sutedjo Raih Penghargaan Tokoh Motivator & Pemberdayaan Daerah dan Desa 2022 25 minutes ago
Gubuk Pijat di Pantai Parangkusumo Dibongkar 1 hour ago
Pemberian Vaksin Booster ASN & Guru Kota Jogja Rampung Pekan Depan 1 hour ago
Setelah PKL Malioboro, Giliran Penjual Sepatu di Jalan Mataram Dipindah 2 hours ago

Terpopuler

Hadiri Jagongan Kalurahan, Kanjeng Yudanegara Diskusi dengan Warga Girikerto Turi KAMPUS JOGJA : Prodi KPI UMY Pertahankan Akreditasi A RUMAH SAKIT JOGJA : ARSSI Wadah Bersatunya RS Swasta FACEBOOK BERUJUNG PENJARA : Pembela Nilai Tuntutan Terlalu Memaksakan Waspada, Ubur-Ubur Kembali Menepi di Pantai Gunungkidul
Cuma Menetap Sementara, PKL Malioboro Akan Dipindah Lagi dari Teras Malioboro 2 2 hours ago
Mahasiswa UNY Diduga Jadi Korban Kekerasan Seksual, Ini Langkah Kampus 2 hours ago
PKL Malioboro Diundi untuk Tempati Lapak Baru, Begini Prosesnya 3 hours ago
Minta PHK Massal, Buruh Geruduk DPRD Kulonprogo 3 hours ago
Probable Omicron di DIY Bertambah 12 Kasus 4 hours ago