Jogjapolitan

Kenalkan Cagar Budaya di Peradaban Tertua DIY, Dinas Kebudayaan Siapkan Jelajah Situs

Penulis: David Kurniawan
Tanggal: 02 Juli 2019 - 21:57 WIB
Sejumlah pengunjung saat melihat koleksi artefak dari zaman megalitikum di Situs Sokoliman, Desa Bejiharjo, Karangmojo, beberapa waktu lalu. - Harian Jogja/David Kurniawan

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Dinas Kebudayaan Gunungkidul menyiapkan jelajah situs untuk mengenalkan situs cagar budaya di kabupaten tersebut. Kegiatan ini terbagi dalam bentuk gowes to heritage dan kunjungan ke lokasi situs.

Kepala Bidang Pelestarian Warisan dan Nilai Budaya Dinas Kebudayaan Gunungkidul Agus Mantara mengatakan Bumi Handayani memiliki banyak peninggalan cagar budaya yang terhitung lengkap. Hal ini terlihat dari situs dan artefak yang ditemukan karena berasal dari zaman prasejarah hingga kontemporer pada masa kemerdekaan.

“Gunungkidul memiliki peradaban tertua di DIY, sebab banyak situs atau benda-benda prasejarah berhasil ditemukan. Salah satunya bisa dilihat di komplek situs Sokoliman, Desa Bejiharjo, Karangmojo,” kata Mantara kepada wartawan, Selasa (2/7/2019).

Menurut dia, situs warisan cagar budaya belum banyak dikenal masyarakat secara luas. Oleh karenanya, sambung Mantara, Dinas Kebudayaan Gunungkidul berencana menggelar kegiatan kunjungan dan jelajah situs.

Adapun kunjungan terbagi dalam dua kegiatan. Pertama, kegiatan dilakukan dengan cara bersepeda dengan rute sejumlah situs. Sedang cara kedua dengan mengajak siswa-siswa sekolah untuk mendatangi lokasi situs-situs yang ada. “Untuk gowes to heritage sebanyak tiga kegiatan dan kunjungan situs ada sepuluh kegiatan,” katanya.

Dia pun berharap kegiatan ini dapat mengenalkan situs warisan budaya ke masyarakat secara luas. “Ini bukan sekadar jalan-jalan, peserta juga bisa melihat dan mengetahui bagaimana perkembangan Gunungkidul sejak zaman dahulu,” imbuhnya.

Kepala Seksi Kepurbakalaan dan Permuseuman, Bidang Pelestarian Warisan dan Nilai Budaya, Dinas Kebudayan, Winarsih mengatakan, temuan artefak di Gunungkidul sangat lengkap. Berbagai situs prasejarah juga banyak ditemukan seperti di Goa Braholo, Rongkop; Situs Bleberan, Playen hingga Situs Sokoliman.

Menurut dia, Situs Sokoliman merupakan tempat yang memiliki peninggalan paling lengkap. Lokasi tersebut menyimpan  benda-benda masa prasejarah.

“Kalau di lokasi situs awalnya hanya ditemukan lima buah peti kubur batu, tetapi setelah dijadikan sebagai penampung jumlah koleksi terus bertambah. Hingga sekarang di Situs Sokoliman terdapat 248 menhir dan 17 kubur batu,” katanya beberapa waktu lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

Triwulan Pertama, Realisasi Investasi di Gunungkidul Capai 157 Miliar
KPU Gunungkidul Buka Pendaftaran PPK Pilkada 2024, Mau? Honor PPK Rp2,2 Juta
Bupati dan Wakil Bupati Gunungkidul Kompak Ambil Formulir Pendaftaran di Partai Golkar
Calon Haji di Gunungkidul Dijadwalkan Berangkat Mei 2024

Video Terbaru

Berita Lainnya

  1. Manfaatkan Digitalisasi, Bakul Mi Ayam di Karanganyar Lebih Mudah Gaet Pembeli
  2. Video Viral Mobil Brio Merah Diduga Adang Ambulans di JLS Salatiga
  3. Berdayakan Lahan Antar Mita Gedang Selirang Kauman Raih Juara II Proklim Solo
  4. Menteri Jokowi Hadiri Penetapan Capres-Cawapres Terpilih, Ganjar-Mahfud Absen

Berita Terbaru Lainnya

Harga Tiket Masuk Museum Affandi, Lokasi dan Jam Buka
Ditanya Kelanjutan Hak Angket, Begini Kata Ganjar Pranowo
Ganjar Tidak Mendapat Undangan Penetapan Presiden dan Wapres Terpilih 2024 Hari Ini
Jalan-jalan Keliling Destinasi Wisata, Cek Jalur Trans Jogja!
Mendongkrak Ekonomi Petani Jamur Ala KhumKhum Kulonprogo
Top 7 News Harianjogja.com Rabu 24 April 2024: PPDB Kelas Olahraga hingga Hasil Arsenal vs Chelsea Skor 5-0
Bawaslu Bantul Buka Pendaftaran Panwascam Pilkada 2024
Berkawan dengan Maggot Si Pemakan Sampah di Gunungkidul
Jadwal Pemadaman Listrik Rabu 24 April 2024, Cek Lokasinya!
Prediksi Cuaca Jogja dan Sekitarnya Rabu 24 April 2024: Hujan Sedang