HomeJogjapolitan

Ini Konsep Trotoar Jalan Jenderal Sudirman Setelah Direhab Besar-besaran

Oleh:Abdul Hamied Razak
28 Juli 2019 - 20:27 WIB

PKL di Jalan Jenderal Sudirman, Kota Jogja, Minggu (20/1/2019). - Harian Jogja/Nugroho Nurcahyo

Harianjogja.com, JOGJA—Trotoar di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman akan mulai direhab, Senin (29/7/2019) besok, agar nyaman dipakai pedestrian.

Kelak, jalur pejalan kaki ini akan  menjadi jalur pedestrian berkonsep taman yang modern dan lebih nyaman untuk pejalan kaki, termasuk untuk penyandang disabilitas. Jika pedestrian Jalan Suroto bernuansa indies, di Jalan Jenderal Sudirman suasananya lebih modern. “Guiding block yang digunakan juga berbeda. Tidak lagi menggunakan aluminium, tetapi batu granit. Selain lebih modern, penggunaan granit agar guiding block tidak lagi dicuri,” Kepala Bidang Binamarga Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Kota Jogja, Umi Akhsanti.

Revitalisasi kawasan pedestrian Jalan Jenderal Sudirman ditargetkan selesai dalam waktu lima bulan. Tidak ada penutupan jalan selama proses revitalisasi Jalan Jenderal Sudirman.

Wali Kota Jogja, Haryadi Suyuti, mengatakan revitalisasi tahap pertama dilakukan dari simpang empat Gramedia hingga simpang tiga Jembatan Gondolayu. Panjang pedestarian baik di sisi utara maupun selatan mencapai 1,2 kilometer.

“Pohon perindang masih dipertahankan. Penataan jalur pedestrian ini mengadopsi konsep garden city Kotabaru. Nantinya trotoar dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti bangku taman,” katanya.

Dengan penataan tersebut diharapkan Jalan Jenderal Sudirman terlihat lebih elegan namun ramah terhadap kaum difabel. Bahan jalur difabel berasal dari granit agar tidak mudah lepas atau mudah pecah. Dengan ragam fasilitas nantinya, ruang Jalan Jenderal Sudirman dapat menjadi ajang promosi berbagai acara khususnya budaya.

Tag: Tata Kota Editor: Budi Cahyana

Artikel Terkait

Berita Pilihan

Ini Penyebab Klithih Menurut Sosiolog UGM Cukai Naik, Rokok Murah Jadi Pilihan Volume Sampah di Pantai Selatan Bantul Diprediksi Naik 15 Persen Disinfektan Udara Buatan Dosen UMY Ini Bisa Hemat Investasi Faskes hingga Ratusan Juta  Sudah 79 Tahun, Mbah Wahidi Masih Kuat Menjual Burger Keliling Sleman
Berita Terbaru
Setahun Terjadi 1.309 Kasus Kekerasan dalam Pacaran 9 hours ago
PKL Malioboro Pindah 26 Januari, Ini Respons Pedagang 12 hours ago
Update Covid-19 DIY 24 Januari 2022: Kasus Positif Tambah 12 13 hours ago
Harga Tanah Sudah Mahal, Penerima Ganti Rugi Tol Jogja Bawen Kesulitan Cari Tanah Pengganti 13 hours ago
Terima Ganti Rugi Rp2,4 Miliar dari Tol Jogja Bawen, Pensiunan Guru Bertekad Kembalikan Tanah Menjadi Tanah 13 hours ago

Terpopuler

Hadiri Jagongan Kalurahan, Kanjeng Yudanegara Diskusi dengan Warga Girikerto Turi KAMPUS JOGJA : Prodi KPI UMY Pertahankan Akreditasi A RUMAH SAKIT JOGJA : ARSSI Wadah Bersatunya RS Swasta FACEBOOK BERUJUNG PENJARA : Pembela Nilai Tuntutan Terlalu Memaksakan Waspada, Ubur-Ubur Kembali Menepi di Pantai Gunungkidul
Wisata Seni dan Budaya Bakal Hadir di Kampung Cokrodirjan Jogja 13 hours ago
Sekolah di Kota Jogja Mulai PTM 100 Persen, Ini Teknisnya 14 hours ago
Sultan Jogja Tegaskan PTM Tetap Jalan Meski Puncak Omicron Datang Akhir Februari 14 hours ago
Harga Rumah Subsidi Jogja Jadi Tantangan, Gunungkidul Paling Realistis 14 hours ago
Sultan Jogja: Tidak Usah Membesar-besarkan Omicron 15 hours ago