Jogjapolitan

Warga di Pantai Watukodok Gotong-Royong Perbaiki Jalan Secara Swadaya

Penulis: David Kurniawan
Tanggal: 03 Oktober 2019 - 22:47 WIB
Sejumlah pengunjung bermain di kawasan Pantai Watukodok, Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, belum lama ini. - Harian Jogja/David Kurniawan

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL–Warga di kawasan Pantai Watukodok, Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, bergotong royong memperbaiki jalan yang rusak secara mandiri. Dana perbaikan yang digunakan merupakan hasil menyisihkan uang parkir dari para pengunjung serta sumbangan dari warga.

Salah seorang warga di Pantai Watukodok, Surahman, mengatakan akses menuju pantai hingga sekarang masih dalam kondisi rusak. Terlebih, hingga saat ini belum ada bantuan dari pemerintah untuk perbaikan jalan.

Guna memberikan kemudahan bagi para pengunjung, warga berinisiatif memperbaiki dengan mengecor jalan. Meski demikian, upaya perbaikan belum menyasar ke seluruh jalan yang rusak. “Dari jalan utama menuju ke pantai kondisinya rusak, tapi kami juga berusaha memperbaikinya secara swadaya,” katanya, Kamis (3/10/2019).

Rahman menuturkan selain mengumpulkan iuran dari masyarakat, dana perbaikan juga mengandalkan dana parkir yang ditarik dari pengunjung. Untuk sekali berkunjung, pengguna motor dikenakan tarif Rp3.000 per unit, sedangkan bagi pengujung yang membawa mobil dikenakan tarif parkir Rp5.000. “Setelah semuanya terkumpul nanti ada yang digunakan sebagai honor pengelola dan sebagiannya lagi disisihkan untuk memperbaiki jalan yang rusak,” katanya.

Menurut dia jalan yang rusak mendesak diperbaiki. Hal ini dilakukan untuk memberikan kemudahan akses bagi para pengunjung yang datang ke Pantai Watukodok. “Perbaikan jalan belum pernah mendapatkan bantuan dari pemerintah, jadi warga berinisiatif memperbaiki sendiri,” katanya.

Hal senada diungkapkan oleh Sumarno, pedagang di Pantai Watukodok. Dia berharap adanya bantuan pemerintah untuk perbaikan jalan sehingga akses pengunjung bisa lebih lancar. “Perbaikan mandiri belum menyeluruh ke semua titik sehingga pengunjung saat melintas harus berhati-hati,” kata Sumarno.

Tingkat kunjungan di Pantai Watukodok sudah berkembang pesat karena saat libur maupun akhir pekan ramai dikunjungi wisatawan. Guna memberikan rasa nyaman kepada pengunjung, para pedagang sepakat untuk tidak mendirikan bangunan di dekat pantai. “Kami bersyukur pedagang menaati aturan sehingga pengunjung bisa melihat keindahan alam tanpa terhalang adanya bangunan di dekat pantai,” katanya.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

Angka Kunjungan Wisatawan di Gunungkidul Diprediksi Terus Menurun
Dimas Diajeng Gunungkidul Diharpkan Mampu Dongkrak Kunjungan Wisatawan
Kualitas SDM Dimas Diajeng 2023 Ditingkatkan, Dinpar Gunungkidul Beri Pelatihan
Bakal Bangun Rest Area di Jepitu, Dishub Gunungkidul Mulai Survei Lokasi

Video Terbaru

Berita Lainnya

  1. Sistem E-Katalog Terbaru LKPP Meluncur, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran
  2. Aktif Blusukan ke Masyarakat, Sudaryono Mantap Maju Cagub Jateng
  3. Mudik Lebaran, 34 Juta Orang Diprediksi Masuk ke Jatim
  4. Jadwal Imsak hingga Waktu Buka Puasa Wilayah Boyolali Jumat 29 Maret

Berita Terbaru Lainnya

Harga Tiket KA Bandara YIA Hanya Rp20.000, Berikut Cara Memesannya
Yayasan Griya Jati Rasa Mengajak Umat Beragama Mengawal Indonesia Emas 2045
Puluhan Kilogram Bahan Baku Petasan Disita Polres Bantul
Penanggulangan Kemiskinan, Pemkab Sleman Salurkan Rp18,2 Miliar
Gempa Magnitudo 5 di Gunungkidul Terasa hingga Trenggalek
Mudik Lebaran, Gunungkidul Bakal Dijejali 154.000 Kendaraan
Masjid di DIY Menerima Dana Zakat Mal yang Dihimpun dari Para Dokter
Gelar Rakerda, BKKBN DIY Optimalkan Target Program Bangga Kencana
Dukung Kelestarian Lingkungan, Pemda DIY Mulai Terapkan Program PBJ Berkelanjutan
BREAKING NEWS: Gempa Bumi Magnitudo 5 Guncang DIY, Ini Lokasi Pusatnya