Jogjapolitan

Pelajar dan Pegawai Ikut Membatik di Sepanjang Jalan Sukonandi

Penulis: Sunartono
Tanggal: 04 Oktober 2019 - 21:07 WIB
Pegawai dan pelajar menorehkan malam dengan canting dalam acara Nyanting Bersama di sepanjang Jalan Sukonandi, Jogja, Jumat (04/10/2019). Kegiatan nyanting atau membatik bersama yang diikuti 10 instansi pemerintah dan sekolah di Yogyakarta tersebut untuk memotivasi masyarakat dalam melestarikan batik sebagai karya seni asli Indonesia serta dalam rangkaian memperingati Satu Dasawarsa Hari Batik Nasional. - Harian Jogja/Desi Suryanto.

Harianjogja.com, JOGJA—Pelajar  dan pegawai instansi yang berada di kawasan Sukonandi mengikuti kegiatan membatik bersama dengan tajuk Nyantig Bareng di sepanjang Jalan Sukonandi, Kota Jogja, Jumat (4/10/2019). Kegiatan itu untuk meningkatkan kecintaan seluruh elemen masyarakat terhadap batik Indonesia.

Kepala Balai Besar Kerajinan dan Batik (BBKB) Yogyakarta Titik Purwati Widowati menjelaskan, batik menjadi salah satu dari 10  kebudayaan asli Indonesia. Saat ini, batik tidak lagi identik dipakai pada acara bernuansa tradisional atau seni budaya, namun batik telah tampil sebagai salah satu fashion baik untuk kegiatan formal atau informal.

“Industri batik merupakan rumpun industri kreatif yang mengakar pada tradisi turun temurun bangsa Indonesia, sebagian besar pelaku usaha adalah industri kecil dan menengah,” terangnya dalam rilis yang diterima Harianjogja.com.

Ia menambahkan, industri batik termasuk salah satu penggerak ekonomi rakyat, yang memberikan konstribusi signifikan untuk penyerapan tenaga kerja dan penyumbang devisa ekspor. Sejalan dengan itu pihaknya sebagai institusi yang menangani litbang kerajinan dan batik turut berperan aktif dalam melestarikan batik, salah satunya melalui kegiatan membatik bersama sebagai salah satu rangkaian Hari Batik Nasional.

“Harapannya bisa menumbuhkan kecintaan terhadap batik, serta memotivasi masyarakat dalam melestarikan batik sebagai karya seni asli Indonesia serta pemahaman yang benar antara produk batik dan bukan batik,” katanya.      

Kegiatan itu, lanjutnya, diikuti pegawai instansi di lingkungan Sukonandi yang tergabung dalam Paguyuban Instansi Sukonandi (PIS) Yogyakarta serta pelajar yang sekolahnya berada di kawasan tersebut. Pihaknya menyediakan seluruh peralatan membatik seperti canting, kompor listrik, wajan mini, malam dan kain putih berukuran 25 meter yang telah digambari motif desain batik. Peserta dibagi 10 kelompok dan setiap kelompok didampingi oleh pembimbing dari BBKB.

“Setiap peserta diberi kain berukuran 115 cm x 25 cm yang sudah diberikan pola desain batik untuk kemudian dibatik dan hasilnya jadi souvenir pribadi,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

Jadi Oleh-oleh, Batik Kian Diminati Wisatawan di Jogja
Kelurahan Rejowinangun Jogja Gelar Pelatihan Batik Ecoprint
Bangga! IKM Kota Jogja Sm-art Batik, Jadi Pionir Industri Batik Halal di Indonesia
Kemenperin Fasilitasi Industri Batik dan Kerajinan di Jogja dengan Membuka Galeri Kriya Wastra

Video Terbaru

Berita Lainnya

  1. Meresahkan! Perputaran Uang Judi Online 2023 Tembus Rp327 Triliun
  2. Polling Calon Wali Kota Semarang, Eks Ketua DPRD Supriyadi di Urutan Kedua
  3. 2.000 Tiang Listrik PLN Disiapkan untuk Ngecas Kendaraan Listrik
  4. Harga Emas Naik, BSI Targetkan Pembiayaan Emas Tumbuh 30% pada 2024

Berita Terbaru Lainnya

Ini Rencana Pemda DIY Setelah TPA Piyungan Ditutup
KPU Gunungkidul Buka Pendaftaran PPK Pilkada 2024, Mau? Honor PPK Rp2,2 Juta
Golkar Kulonprogo Terima 5 Formulir Pendaftaran Calon Bupati di Pilkada 2024, Ada Dua Kader PDIP
Halim Ambil Formulir Pendaftaran Calon Bupati Bantul di Kantor PDIP
Pilkada 2024, DPC Partai Demokrat Bantul Belum Tentukan Partai Koalisi
Tekan Kasus Stunting, Remaja Putri di Sleman Diberi Edukasi
Harga Bawang Merah di Jogja Masih Stabil Tinggi, Ini Penyebabnya
Bupati dan Wakil Bupati Gunungkidul Kompak Ambil Formulir Pendaftaran di Partai Golkar
Maling Sepeda Ontel di Imogiri Bantul Ditangkap Warga
Rekrutmen Panwacam Pilkada Sleman Dibikin 2 Gelombang, Ini Tujuannya