Jogjapolitan

Wisata Telaga Nangsri Dikenalkan ke Publik

Penulis: Muhammad Nadhir Attamimi
Tanggal: 14 Oktober 2019 - 04:37 WIB
Gelaran Ketoprak Cepet 'Jaka Bodo Rabi' di kawasan telaga yang berlokasi di Dusun Nangsri Lor, Desa Candirejo, Kecamatan Semanu, Gunungkidul, pada Sabtu (12/10/2019) malam. - Harian Jogja/Muhammad Nadhir Attamimi

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL- Guna mempromosikan Telaga Nangsri, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) didukung dengan Dinas Pariwisata (DIY) menggelar Edukasi Wisata di kawasan telaga yang berlokasi di Dusun Nangsri Lor, Desa Candirejo, Kecamatan Semanu, Gunungkidul, pada Sabtu (12/10/2019) malam.

Event Edukasi Wisata di Telaga Nangsri tersebut bekerja sama dengan Sanggar Seni Gita Gilang dengan menampilkan Ketoprak Cepet 'Jaka Bodo Rabi'. Kegiatan yang merupakan kali ketiga digelar itu, menjadi tontonan menarik dan menjadi hiburan warga sekitar.

Ketoprak yang dibawakan oleh sanggar seni tersebut membawa pesan-pesan moral penting yang perlu diingat oleh masyarakat yakni jangan pernah menyia-nyiakan ataupun memandang remeh orang yang tidak memiliki kekuatan, karena bisa saja orang yang diremehkan itu memiliki kemampuan dan kecerdasan yang luar biasa.

"Kami ingin memberikan pendidikan seni dan wisata. Utamanya kami ingin ikut mengembangkan pariwisata di DIY dan juga memberikan hiburan kepada masyarakat," kata Ketua Sanggar Gita Gilang, Gita Gilang kepada Harianjogja.com, Sabtu malam.

Ketua Pokdarwis Nangsri Lor, Ruswanto, mengungkapkan gelaran event tersebut sebagai bukti ia bersama anggotanya memiliki niat yang kuat untuk mengembangkan potensi pariwisata yang ada di desa tersebut. Sehingga ke depannya Nangsri Lor bisa turut andil dalam perkembangan pariwisata di Gunungkidul.

"Hadirnya kegiatan seperti ini sebagai ajang promosi pariwisata di Gunungkidul," kata dia.

Ia menuturkan Telaga Nangsri memiliki sejumlah potensi wisata, selain bisa bermain air di telaga tersebut saat musim hujan, potensi lainnya juga bisa dimanfaatkan untuk mengisi waktu pagi atau sore dengan joging dan senam bersama. Selain itu lanjut dia, bisa dengan edukasi wisata kepada siswa-siswi hingga wisatawan.

"Di sini banyak pohon-pohon rindang yang sudah memiliki umur yang sangat tua. Sehingga sangat bagus dan cocok untuk bersantai," ujarnya.

Sebagai wisata rintisan baru, kata dia, Pokdarwis Nangsri Lor terus belajar dan menggali ilmu kepariwisataan kepada pokdarwis-pokdarwis di Gunungkidul yang telah berhasil mengembangkan dan memanfaatkan desa mereka untuk kepariwisataan.

Ruswanto menambahkan pembenahan merupakan prioritas utama Pokdarwis guna menghadirkan dan menggali daya tarik dan keunikan yang ada di wilayah tersebut. Ia berharap ke depan agar pemerintah terus bersinergi dengan para pelaku wisata di Nangsri Lor untuk mewujudkan cita-cita bersama.

Kepala Desa Candirejo, Renik David Warisman mengapresiasi langkah Dispar DIY menggandeng Pokdarwis Nangsri Lor dalam mengembangkan wisata di tempat tersebut. Ia menuturkan kegiatan diselenggarakan sebagai ajang untuk menyebarluaskan destinasi-destinasi pariwisata di Gunungkidul, salah satunya di Nangsri Lor, Candirejo.

"Kegiatan ini sebagai bentuk dan tindakan kami untuk menyebarluaskan kepariwisataan di Candirejo bersama Dinas Pariwisata DIY, dengan harapan rintisan desa wisata ini bisa dikenal masyarakat luas," ujarnya.

Ia menambahkan sebagai pemerintah desa, ia mendukung dan mendorong Pokdarwis Nangsri Lor untuk terus mengembangkan potensi-potensi wisata yang ada di wilayah mereka, sehingga nantinya bisa bermanfaat oleh masyarakat luas. Potensi wisata Nangsri Lor sendiri sangat beragam, mulai dari menikmati suasana telaga yang asri dan nyaman, hingga bisa menjadikan Telaga Nangsri sebagai pilihan utama untuk menggelar event bumi perkemahan.

"Intinya kami memiliki visi dan misi yang sejalan dengan pemerintah Kabupaten Gunungkidul untuk meningkatkan dunia pariwisata. Dan di Nangsri Lor ini kami bisa," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

Menata Kawasan, Pemkab Gunungkidul Ingin Menumbuhkan Investasi Pariwisata
Ratusan Ribu Wisatawan Melancong ke Gunungkidul, Pemkab Raup 1 Miliar Lebih
Satu Wisatawan Luka karena Terjatuh dari Tangga di Pantai Siung, Dispar Minta Spot Foto Ditutup Sementara
Libur Lebaran, Ini Dia Skenario Lalu Lintas ke Kawasan Pantai Gunungkidul dan Heha Sky View

Video Terbaru

Berita Lainnya

  1. Info Jadwal Samsat Keliling Karanganyar Hari Ini 19 April 2024
  2. Cek Jadwal Layanan Samsat Keliling Sragen Jumat 19 April 2024
  3. Info Jadwal Samsat Keliling Sukoharjo Jumat 19 April 2024
  4. Sukoharjo Hari Ini Diprakirakan Dinaungi Cuaca Cerah Berawan

Berita Terbaru Lainnya

Cuaca DIY Hari Ini Jumat 19 April 2024: Jogja, Sleman dan Gunungkidul Hujan Lebat Disertai Petir
Top 7 News Harianjogja.com Jumat 19 April 2024, Timnas Indonesia Kalahkan Australia, Bus Terbakar di Gamping
Program Padat Karya di Kulonprogo Segera Dilaksanakan, Anggaran Rp4,9 Miliar
Libur Lebaran Usai, Berikut Jadwal dan Tarif Terbaru Bus Damri dari Jogja ke Bandara YIA
Jadwal Baru KRL Solo Jogja Berangkat dari Stasiun Palur, Jumat 19 April 2024
Perayaan Hari Besar Keagamaan di Bantul Berlangsung Kondusif
Jadwal KA Prameks Kutoarjo Jogja, Jumat 19 April 2024
Jadwal Terbaru KRL Jogja Solo, Lengkap dari Staisun Tugu hingga Palur, Jumat 19 April 2024
Jadwal Kereta Bandara YIA dan YIA Xprerss, Jumat 19 April 2024
Syawalan ke Ponpes dan Panti Asuhan, Pj. Bupati Kulonprogo Salurkan Bantuan