Jogjapolitan

Soprema 2019 Cetak Puluhan Sociopreneur Berkualitas

Penulis: media digital
Tanggal: 15 November 2019 - 13:47 WIB
Para pemenang dalam acara malam penganugerahan Soprema 2019 di Fisipol UGM, Kamis (14/11/2019). - Ist

Harianjogja.com, JOGJA - Rangkaian acara Soprema 2019 mencapai puncaknya. Pada Kamis (14/11/2019), diselenggarakan Awarding Night (Malam Penganugerahan) sebagai selebrasi atas berakhirnya gelaran Soprema tahun ini sekaligus mengumumkan pemenang kompetisi sociopreneur dan lomba vlog sociopreneur Soprema 2019 yang bertempat di Fisipol Universitas Gadjah Mada (UGM).

Debby Putri selaku Media Relations  Soprema 2019 menjelaskan seluruh peserta baik inkubasi, lomba vlog, kompetisi startup dan kick off menikmati rangkaian acara hiburan hingga penentuan pemenang Soprema 2019. Malam Penganugerahan Soprema 2019 dihadiri oleh Imam Gunawan dari pihak Kementerian Pemuda dan Olahraga, Ida Bagus Oka Purwita selaku wakil pimpinan BRI wilayah DIY, pihak Visitama ’17, serta Prof Erwan Agus Purwanto selaku Dekan Fisipol UGM. Selain itu, turut hadir Dr. Hempri Suyatna selaku Direktur Soprema 2019, ditemani oleh M. Najib Azca, Ph.D selaku Direktur YouSure (Youth Studies Centre) Fisipol UGM.

"Pada 2019 ini, Soprema memberikan hadiah dengan total Rp185 juta yang dapat digunakan untuk pengembangan usaha para pemenang," kata Debby dalam rilis yang diterima Harian Jogja, Jumat (15/11/2019). 

Juara I kategori Startup dimenangkan oleh Tenoon dari Sulawesi Selatan. Tenoon merupakan usaha sosial yang mewadahi masyarakat marginal dan komunitas difabel untuk berkreasi dalam produksi kain tenun. Juara II diperoleh Sumringah dari Lampung. Sumringah bergerak dalam pemberdayaan ibu rumah tangga dalam pelatihan serta produksi keset dan tatakan karakter. Juara III dimenangkan oleh Sahabat Care. Sahabat Care merupakan aplikasi yang menghubungkan klien dengan para tenaga kesehatan yang ingin melakukan perawatan kesehatan pribadi.

Kemudian untuk juara I kategori kick off dimenangkan oleh Foxbad dari Jawa Tengah. Foxbad bergerak di bidang pengembangan potensi bidang kreatif. Kemudian juara II dimenangkan Agri Rabbitry yang merupakan usaha pengembangan budidaya kelinci. Terakhir, pada posisi juara III adalah B-kat. B-Kat merupakan usaha sosial pengolahan kelor dan pisang.

Pada tahun ini, Soprema memperkenalkan kategori baru yaitu lomba Vlog bagi siswa SMA dengan menghadirkan vlogger sebagai jurinya. Terdapat lima kategori kejuaraan pada lomba Vlog. Juara Kreativitas diperoleh tom Dream Dosman yang berasal dari Bali. Juara Sinematografi dimenangkan oleh Sesar Suci dari Solo.

Kemudian juara konsep cerita didapatkan oleh Erry Rizky dari Jakarta. Juara Skrip cerita dimenangkan tim Bios Smaba dari Jawa Timur. Ada pula kategori juara favorit yang dimenangkan oleh Lensa Dosman dari Bali.

"Kegiatan Soprema merupakan wujud nyata komitmen Fisipol dalam memajukan dan mengembangkan potensi para sociopreneur muda Indonesia. Selain itu, Soprema bertujuan untuk menggugah kontribusi pemuda untuk memecahkan permasalah sosial yang masih banyak terjadi melalui kegiatan wirausaha sosial," tutur Debby.

Soprema 2019 telah melalui berbagai tahap hingga malam ini . Mulai dari pendaftaran sejak 2 Mei sampai 30 Agustus 2019. Terdapat 436 tim sociopreneur muda dari 31 provinsi yang terdaftar. Proses seleksi dilakukan pada 9-13 September untuk mendapatkan 30 tim Startup, 30 tim kick off dan 30 tim inkubasi terbaik untuk mengikuti rangkaian Soprema 2019

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

FBE UAJY Menggelar Pelatihan Principal Leadership Bagi Guru Penggerak
UKDW Jogja Gelar Media Gathering dan Buka Puasa Bersama
Farmasi UAD Kembali Giatkan Sekolah Lansia Segar Guna Tingkatkan Kesehatan Lansia di Wirobrajan
Workshop Teknik Audio Akan Digelar Sembari Ngabuburit di ISI Jogja

Video Terbaru

Berita Lainnya

  1. Bulog Sebut Stok Beras Capai 1,26 Juta Ton hingga Pertengahan April
  2. Ada Pemeliharaan, Cek Jadwal Pemadaman Listrik di Sleman Hari Ini (20/4/2024)
  3. Ketegangan di Timur Tengah Diperkirakan Berdampak pada Pasar Keuangan Global
  4. Pertamina Tegaskan Tak Ada Ketergantungan BBM Indonesia dari Timur Tengah

Berita Terbaru Lainnya

Pemkab Sleman Sosialisasikan Program Kampung Hijau
Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jogjapolitan | 1 hour ago
Jadwal Pemadaman Listrik Sabtu 20 April 2024: Giliran Sleman dan Kota Jogja, Cek Lokasinya!
Prediksi Cuaca Jogja dan Sekitarnya Sabtu 20 April 2024: Hujan Ringan!
Jadwal Kereta Bandara YIA Xpress Sabtu 20 April 2024, Tiket Rp50 Ribu
Jadwal Kereta Bandara YIA Sabtu 20 April 2024, Harga Tiket Rp20 Ribu
YIA Catat Rekor Tertinggi 19.600 Penumpang dengan 125 Pergerakan Pesawat dalam Sehari
Jadwal KRL Solo-Jogja, Berangkat dari Palur Sabtu 20 April 2024
Jadwal Terbaru! KRL Jogja-Solo Sabtu 20 April 2024, Berangkat dari Stasiun Tugu dan Lempuyangan
Wanita Berkebaya Gelar Aksi dengan Mata Tertutup di Tugu Jogja, Merespons Jelang Pembacaan Putusan MK