Jogjapolitan

Alat Cap Batik Otomatis Pertama di Dunia Hadir di Jogja

Penulis: Sunartono
Tanggal: 19 November 2019 - 19:17 WIB
Alat cap batik otomatis berbasis programmable logic controller (PLC) di Laboratorium BBKB Yogyakarta, Senin (19/11/2019). - Harian Jogja/Sunartono

Harianjogja.com, JOGJA—Perekayasa Balai Besar Kerajinan dan Batik (BBKB) Yogyakarta menciptakan sebuah alat cap batik otomatis berbasis programmable logic controller (PLC). Alat dengan mesin penggerak berupa angin ini mampu mempercepat produksi batik cap dengan tanpa menggunakan tangan.

Kepala BBKB Yogyakarta Titik Purwati Widowati menjelaskan alat cap batik otomatis berbasis PLC ini merupakan hasil rekayasa oleh tim BBKB DIY dengan harapan bisa meningkatkan daya saing industri batik. Alat ini mampu menambah efektivitas dalam melakukan pengecapan batik, karena selama ini para perajin menggunakan tangan untuk mengecap motif batik pada kain.

“Kalau biasanya mengecap ini kan satu demi satu, ini bisa diprogram dengan jumlah pengecapan sesuai keinginan, bahkan bisa memakai remote control,” terangnya, Selasa (19/11/2019).

Produk batik cap menggunakan alat ini, lanjutnya, akan menyasar pangsa pasar tersendiri. Terutama mengambil posisi harga antara batik tulis dengan batik printing. Mengingat harga batik tulis tergolong mahal dan tidak semua orang bisa membelinya. Menggunakan alat cap otomatis ini bisa menjadi solusi untuk pasar batik karena produksinya akan lebih banyak. Titik menegaskan, alat tersebut akan diperbolehkan untuk dipakai atau dicontoh oleh para perajin.

“Saya tegaskan ini bukan batik printing tetapi [batik] cap ini masih mengandung nilai batik, dengan alat ini industri diharapkan meningkat. Kami memperbolehkan [dicontoh perajin] karena penelitian yang kamu lakukan juga untuk kepentingan industri,” katanya.

Kepala Puslitbang Industri Kimia, Farmasi, Tekstil, Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika, Kementerian Perindustrian Sony Sulaksono menyatakan, alat cap batik otomatis hasil rekayasa BBKB Yogyakarta merupakan pertama kalinya ditemukan. Melalui alat ini diharapkan dapat meningkatkan produksi kerajinan batik cap dan mampu bersaing di era teknologi industri 4.0.

“Belum ada, ini yang pertama kali untuk dunia batik menciptakan alat seperti ini. Secara prinsip tidak menghilangkan esensi batik, karena masih menggunakan malam panas, dan rekayasa ini sebagai respons terhadap perkembangan teknologi,” katanya.

Perekayasa BBKB Yogyakarta Demas Yogo Pranoto menjelaskan alat cap otomatis ini dioperasikan menggunakan tenaga angin melalui kompresor sehingga sangat hemat energi, tidak butuh banyak listrik. Alat ini terdiri atas meja datar yang digunakan sebagai poros tempat lembaran kain sekaligus untuk titik pengecapan berada di tengah. Meja tersebut bisa naik turun untuk membantu kain bergeser. Kemudian di kedua pinggiran meja itu masing-masing terdapat kompor gas berikut wajan berisi malam. Jika akan mulai melakukan pengecapan maka kompor dinyalakan.

Melalui teknologi angin itu, lanjutnya, ketika tabung kompresor sudah penuh maka motor penggeraknya berhenti sehingga menghemat listrik. Berbeda dengan menggunakan motor penggeraknya yang harus berjalan terus menerus sehingga butuh energi listrik. Ketika listrik mati pun tidak menjadi masalah karena tetap bisa beroperasi selama kompresor masih terisi angin.

"eroperasinya canting ini akan kembali wajan mengambil malam lalu terangkat dan maju ke arah kain kemudian canting turun melakukan pengecapan itu bisa secara otomatis, ketika satu baris sudah penuh [pengecapan] kain akan bergeser secara otomatis,” ujarnya.

Demas mengatakan, dari hasil uji coba dengan menggunakan setting kemampuan minimal, alat tersebut mampu melakukan pengecapan batik sepanjang 11 meter dengan lebar 115 sentimeter kain dalam waktu 51menit. Ia mengasumsikan selama 7,5 jam bisa memproduksi 80 meter dengan lebar standar kain. Pembuatan alat itu butuh biaya lebih dari Rp100 juta. “Ini menggunakan silinder pneumetik ada empat set bagian atas, setiap setnya ada lima silinder, kalau yang bawah ada empat silinder,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

Jadi Oleh-oleh, Batik Kian Diminati Wisatawan di Jogja
Kelurahan Rejowinangun Jogja Gelar Pelatihan Batik Ecoprint
Bangga! IKM Kota Jogja Sm-art Batik, Jadi Pionir Industri Batik Halal di Indonesia
Kemenperin Fasilitasi Industri Batik dan Kerajinan di Jogja dengan Membuka Galeri Kriya Wastra

Video Terbaru

Berita Lainnya

  1. Pimpin Laga Indonesia vs Korsel, Shaun Evans Pernah Rugikan Timnas Garuda
  2. Pelita Jaya Jakarta Kalahkan Prawira Harum di Kualifikasi BCL Asia
  3. Statistik di Piala Asia U-23, Timnas Garuda Lebih Produktif daripada Korsel
  4. Polisi Dalami Penyalahgunaan Narkotika oleh Selebgram Chandrika Chika

Berita Terbaru Lainnya

AJARAN AGAMA: Generasi Milenial Dinilai Penting Belajar Fikih
DPD Golkar Kota Jogja Pastikan Penjaringan Singgih Raharjo Tak Ada Masalah Meski Masih Jadi Pj Wali Kota
576.619 Penumpang Mudik Naik KAI Commuter Wilayah 6 Yogyakarta selama Lebaran 2024
Tanggapi Putusan MK, PSHK FH UII Minta Peraturan Netralitas ASN hingga Bansos Disempurnakan
Kejati DIY Menyita Uang Tunai Rp12 Miliar Atas Kasus Penggelapan Pajak
PKS dan PAN Bantul Belum Bisa Pastikan Berkoalisi dengan Partai Lain di Pilkada Bantul
Rekonstruksi Pembunuhan Istri di Semanu, Gunungkidul, Pelaku Membunuh saat Korban Tertidur
Persik vs PSS Hujan Gol di Babak Pertama, Dua Gol Persik Diciptakan dari Tendangan Penalti
PENINGKATAN KAPASITAS SDM WISATA: Dispar DIY Gelar Pelatihan Penyelenggaraan Event
Tol Jogja-YIA, Sosialisasi 1.880 Lahan Terdampak Mulai Dilakukan