HomeJogjapolitan

Pemkab Merestui, Rencana Pembangunan Rest Area di Jl. Parangtritis Justru Terganjal Hal Ini

Oleh:Ujang Hasanudin
27 November 2019 - 18:07 WIB

Ilustrasi investasi. - Bisnis Indonesia

Harianjogja.com, BANTUL—Rencana pembangunan rest area dan kolam renang di bekas kawasan Paris Van Jogja (Pavajo), oleh seorang investor Bantul bernama Dyah Herningtyas Noviani tak berjalan mulus. Meski Pemkab Bantul sudah merestui rencana tersebut, batu sandungan justru muncul pemdes yang sulit mengizinkan penggunaan lahan tersebut lantaran terganjal kontrak sewa.

Seperti diketahui, Dyah Herningtyas Noviani sempat mengutarakan keinginannya untuk membangun rest area dan kolam renang berstandar internasional di eks kawasan Pavajo, Jl. Parangtritis Km 17,5, Dusun Sawahan, Desa Srihardono, Pundong, Bantul. Bahkan perempuan yang juga santer dikabarkan menjadi kontestan dalam Pilkada Bantul 2020 tersebut sudah memaparkan rencana itu di hadapan Bupati Bantul.

Lahan yang akan digunakan rest area dan kolam renang serta wisata edukasi tersebut memiliki luasan sekitar tiga hektare. Semuanya adalah lahan kas desa yang menjadi milik Pemdes Srihardono seluas 2,5 hektare dan Pemdes Sumbermulyo 0,5 hektare.

Persoalannya, hingga kini tanah itu masih terikat sewa dengan Pemkab Bantul melalui Dinas Pertanian Pangan, Kelautan dan Perikanan (DP2KP) Bantul. Untuk lahan milik Pemdes Srihardono, ongkos sewa lahan senilai Rp45 juta per hektar per tahun dengan masa sewa hingga 20 tahun. “Artinya, sewa selesai sampai 2027 mendatang,” kata Kepala Desa Srihardono, Awaludin, Rabu (27/11/2019).

Dalam waktu dekat, pemdes akan membicarakan rencana pembangunan tersebut dengan Badan Pemuswarakatan Desa (BPD) Srihardono. Selain itu pemdes juga akan mengundang langsung Dyah Herningtyas Noviani serta perwakilan Pemkab Bantul. "Kami akan undang semuanya ke desa untuk membicarakan sewa menyewanya," ujar Awaludin.

Kepala Desa Sumbermulyo, Ani Widayani belum bersedia banyak berkomentar terkait dengan rencana pembangunan itu. Pemdes Sumbermulyo, diakui dia juga masih perlu berdiskusi lebih lanjut dengan BPD Sumbermulyo. “Saya belum berani berkomentar soal itu [rencana pembangunan rest area dan kolam renang],” ucap dia.

Kajian Lanjutan

Padahal Dyah Herningtyas Noviani menegaskan pembangunan kolam renang saat ini sudah dalam proses kajian lanjutan. Dia mengaku sudah mendapat lampu hijau dari Pemkab Bantul, "Kendalanya itu [izin pemerintah desa] karena kontrak Pemkab dengan desa masih tujuh tahun lagi," kata Noviani.

Pemilik kolam renang Tirta Tamansari Bantul tersebut mengklaim proyeknya tersebut bakal menguntungkan Pemkab dan Pemdes karena selain nilai Pendapatan asli daerah juga akan mendapat aset bangunan setelah 20 tahun nanti. “Saya juga akan memprioritaskan warga sekitar dalam penyerapan tenaga kerja dan akan memgambil bahan baku dari warga setenpat,” ucap dia.

Tag: investasi, tanah kas desa Editor: Arief Junianto

Artikel Terkait
Perusahaan Ini Siap Tawarkan Solusi Sampah bagi DIY 1 year ago
Kasus MeMiles, Polda Jatim Bakal Periksa Tiga Anggota Keluarga Cendana 1 year ago
Kabar Gembira dari Jokowi, Indonesia Bakal Banjir Dana Segar 1 year ago
Investasi Bodong MeMiles, Pejabat Kemenkumham Diperiksa 1 year ago
Penyanyi Ello Jadi Korban Investasi Bodong MeMiles 1 year ago

Berita Pilihan

Kasus DBD di Kota Jogja Turun dari Tahun Sebelumnya Rayakan HUT ke-2, Aveta Hotel Malioboro Rayakan Berbagai Kegiatan Bersama Masyarakat BPJS Kesehatan Cabang Yogyakarta Kembali Perluas Kerja Sama FKRTL Foto-foto Gagahnya Gunung Merapi pada Minggu Sore, Warganet: Mahaguru Menyapa DeJubah Hadirkan Gamis Pria dengan Kualitas Premium
Berita Terbaru
Kasus DBD di Kota Jogja Turun dari Tahun Sebelumnya 44 minutes ago
PAN Sleman Gelar LKAD dan Pelatihan Management Saksi Pemilu 54 minutes ago
Libur Akhir Semester Ganjil 2021 Ditiadakan 1 hour ago
Status Tanah Sekolah Bermasalah, DPRD Minta Disdikpora Mendata Jumlah Pasti 3 hours ago
Rayakan HUT ke-2, Aveta Hotel Malioboro Rayakan Berbagai Kegiatan Bersama Masyarakat 3 hours ago

Terpopuler

Hadiri Jagongan Kalurahan, Kanjeng Yudanegara Diskusi dengan Warga Girikerto Turi KAMPUS JOGJA : Prodi KPI UMY Pertahankan Akreditasi A RUMAH SAKIT JOGJA : ARSSI Wadah Bersatunya RS Swasta FACEBOOK BERUJUNG PENJARA : Pembela Nilai Tuntutan Terlalu Memaksakan Waspada, Ubur-Ubur Kembali Menepi di Pantai Gunungkidul
BPJS Kesehatan Cabang Yogyakarta Kembali Perluas Kerja Sama FKRTL 4 hours ago
17 Kalurahan Disasar Penanaman Pohon untuk Pengembangan Wisata Menoreh 4 hours ago
Diterjang Lahar Hujan, Jaringan Air Bersih di Kali Boyong Putus 7 hours ago
HARIAN JOGJA HARI INI: Malioboro Bakal Disulap bak Orchard Road 8 hours ago
Bupati Sleman Apresiasi Kerja Keras Insan Kesehatan 8 hours ago