HomeJogjapolitan

Gara-Gara Ulah Wisatawan Selfie, Meja Sri Sultan HB VIII di Museum Kraton Jogja Rusak

Oleh:Sunartono
16 Desember 2019 - 18:17 WIB

Serangkaian kursi peninggalan HB VIII tanpa meja karena sedang dilakukan perbaikan yang rusak akibat seorang pengunjung, Senin (16/12/2019).-Harian Jogja - Sunartono

Harianjogja.com, JOGJA—Sebuah meja yang yang biasa digunakan Sri Sultan Hamengkubuwono VIII rusak akibat ulah pengunjung yang melakukan selfie atau swafoto di area terlarang, Senin (16/12/2019) siang. Meja tersebut berada di Museum Kursi HB VIII di Kompleks Inti Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat.

Abdi Dalem Regol Kepuro Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat Mas Bekel Purakso Wiyarjo menjelaskan peristiwa itu terjadi sekitar pukul 12.00 WIB. Saat itu ia sedang berjaga di Museum Batik yang berdekatan dengan Museum Kursi HB VIII. Tiba-tiba mendengar suara benda jatuh dari ruang Museum Kursi HB VIII kemudian menghampiri karena kebetulan tidak ada penjaga di museum tersebut. Setelah sampai di dalam, ia mendapati seorang ibu yang terjatuh di area meja dan kursi HB VIII.

“Saya jaga di Museum Batik [di samping Museum Kursi HB VIII], di situ terdengar semacam benturan, ternyata ada seorang ibu terjatuh yang masuk ke area [meja kursi] tanpa sepengetahuan penjaga,” ungkap saat ditemui di Kompleks Inti Kraton Ngayogyakarta, Senin (16/12/2019).

Ia menambahkan, dalam kondisi itu, Meja HB VIII yang berada di tengah area display pun roboh dengan salah satu kaki penyangga terlihat patah. Selain itu alas marmer meja pun terjatuh, untungnya tidak sampai pecah, kemudian salah satu titik alas podium kursi pun berlubang akibat salah satu kaki kursi peninggalan HB VII ambles. Pengunjung tersebut menyampaikan, kata dia, ingin selfie di sekitar area tersebut.

“Ternyata pengunjung ini masuk [ke area display meja kursi HB VIII] langsung selfi, kemudian terjatuh, meja kakinya patah, alas podium [display] untuk kursi HB VIII juga bolong [berlubang], karena faktor usia,” ujarnya.

Tag: Wisatawan Editor: Bhekti Suryani

Artikel Terkait
Dispar Bantul: Jumlah Pengunjung Mangunan Drop, Itu Artinya Sebaran Wisatawan Merata 1 year ago
Sepanjang 2019, Lima Juta Pelancong Diklaim Datang ke Bantul 1 year ago
BPS: Kunjungan Wisman ke Indonesia Masih Jauh dari Target 1 year ago
Meja Sri Sultan HB VIII Rusak Gegara Wisatawan Selfie, Ini Komentar Putri Kraton Jogja 1 year ago
Versi Abdi Dalem: Ini Pengakuan Wisatawan yang Bikin Meja Sultan HB VIII Rusak Gegara Selfie 1 year ago

Berita Pilihan

Kasus DBD di Kota Jogja Turun dari Tahun Sebelumnya Rayakan HUT ke-2, Aveta Hotel Malioboro Rayakan Berbagai Kegiatan Bersama Masyarakat BPJS Kesehatan Cabang Yogyakarta Kembali Perluas Kerja Sama FKRTL Foto-foto Gagahnya Gunung Merapi pada Minggu Sore, Warganet: Mahaguru Menyapa DeJubah Hadirkan Gamis Pria dengan Kualitas Premium
Berita Terbaru
KPK Terus Usut Dugaan Korupsi Pembangunan Mandala Krida 9 minutes ago
Pakai Jersey Hijau, Warga Purwomartani Dikeroyok Kelompok Suporter di Gondokusuman 39 minutes ago
Kasus DBD di Kota Jogja Turun dari Tahun Sebelumnya 1 hour ago
PAN Sleman Gelar LKAD dan Pelatihan Management Saksi Pemilu 1 hour ago
Libur Akhir Semester Ganjil 2021 Ditiadakan 2 hours ago

Terpopuler

Hadiri Jagongan Kalurahan, Kanjeng Yudanegara Diskusi dengan Warga Girikerto Turi KAMPUS JOGJA : Prodi KPI UMY Pertahankan Akreditasi A RUMAH SAKIT JOGJA : ARSSI Wadah Bersatunya RS Swasta FACEBOOK BERUJUNG PENJARA : Pembela Nilai Tuntutan Terlalu Memaksakan Waspada, Ubur-Ubur Kembali Menepi di Pantai Gunungkidul
Status Tanah Sekolah Bermasalah, DPRD Minta Disdikpora Mendata Jumlah Pasti 4 hours ago
Rayakan HUT ke-2, Aveta Hotel Malioboro Rayakan Berbagai Kegiatan Bersama Masyarakat 4 hours ago
BPJS Kesehatan Cabang Yogyakarta Kembali Perluas Kerja Sama FKRTL 4 hours ago
17 Kalurahan Disasar Penanaman Pohon untuk Pengembangan Wisata Menoreh 5 hours ago
Diterjang Lahar Hujan, Jaringan Air Bersih di Kali Boyong Putus 8 hours ago