HomeJogjapolitan

Versi Abdi Dalem: Ini Pengakuan Wisatawan yang Bikin Meja Sultan HB VIII Rusak Gegara Selfie

Oleh:Sunartono
16 Desember 2019 - 19:17 WIB

Serangkaian kursi peninggalan HB VIII tanpa meja karena sedang dilakukan perbaikan yang rusak akibat seorang pengunjung, Senin (16/12/2019).-Harian Jogja - Sunartono

Harianjogja.com, JOGJA—Ulah wisatawan yang tidak mematuhi etika dan aturan di tempat wisata menyebabkan salah satu koleksi museum Kraton Jogja rusak. 

Abdi Dalem Regol Kepuro Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat Mas Bekel Purakso Wiyarjo, mengaku sempat menanyakan identitas wisatawan itu dan menyampaikan dari Bandung, Jawa Barat. 

Wisatawan itu juga menyampaikan pengakuan, bahwa ada seseorang yang mengizinkannya untuk naik ke area display untuk foto. 

Tetapi ia tidak bisa memastikan validitas pernyataan yang disampaikan wisatawan tersebut. Ia menegaskan, dari pihak abdi dalem tidak mungkin mengizinkan karena para abdi dalem sendiri tidak bisa sembarangan menyentuh atau berada di jarak dekat dengan meja kursi peninggalan sejarah itu.

“Saya sempat tanya, ibu dari mana? jawabnya dari Bandung. Kok bisa naik ke atas? jawabnya saya enggak tahu pak tetapi saya tadi diperbolehkan oleh salah satu orang. Padahal kita saja tidak berani ke situ [masuk ke area display meja kursi HB VIII]. Kalau masuk [ke ruangan untuk melihat koleksi] boleh, ke atas, enggak boleh [apalagi] duduk di kursi,” katanya, Senin (16/12/2019).

Sebelumnya sebuah meja yang yang biasa digunakan Sri Sultan Hamengkubuwono VIII rusak akibat ulah pengunjung yang melakukan selfie di area terlarang, Senin (16/12/2019) siang. Meja tersebut berada di Museum Kursi HB VIII di Kompleks Inti Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat.

Wiyarjo menjelaskan peristiwa itu terjadi sekitar pukul 12.00 WIB. Saat itu ia sedang berjaga di Museum Batik yang berdekatan dengan Museum Kursi HB VIII. Tiba-tiba mendengar suara benda jatuh dari ruang Museum Kursi HB VIII kemudian menghampiri karena kebetulan tidak ada penjaga di museum tersebut. Setelah sampai di dalam, ia mendapati seorang ibu yang terjatuh di area meja dan kursi HB VIII.

“Saya jaga di Museum Batik [di samping Museum Kursi HB VIII], di situ terdengar semacam benturan, ternyata ada seorang ibu terjatuh yang masuk ke area [meja kursi] tanpa sepengetahuan penjaga,” ungkapnya saat ditemui di Kompleks Inti Kraton Ngayogyakarta, Senin (16/12/2019).

Ia menambahkan, dalam kondisi itu, Meja HB VIII yang berada di tengah area display pun roboh dengan salah satu kaki penyangga terlihat patah. Selain itu alas marmer meja pun terjatuh, untungnya tidak sampai pecah, kemudian salah satu titik alas podium kursi pun berlubang akibat salah satu kaki kursi peninggalan HB VII ambles. Pengunjung tersebut menyampaikan, kata dia, ingin selfie di sekitar area tersebut.

“Ternyata pengunjung ini masuk [ke area display meja kursi HB VIII] langsung selfi, kemudian terjatuh, mejanya kakinya patah, alas podium [display] untuk kursi HB VIII juga bolong [berlubang], karena faktor usia,” ujarnya.

Pengunjung tersebut sempat duduk di kursi HB VIII atau berselfie dengan membuat kursi itu terbebani.

Terbukti alas podium display ikut jebol akibat tertancap salah satu ujung kaki kursi HB VIII.

“Penopangnya sudah lama, jadi bisa juga terus dia karena terlalu berat kemudian berlubang [alas displaynya] terkena kaki kursi [peninggalan HB VIII], yang rusak mejanya, penopang kursi ada tiga yang satu patah, terus marmernya jatuh ke kursi, kalau jatuh ke keramik mungkin bisa pecah,” ucapnya.

Tag: Wisatawan Editor: Bhekti Suryani

Artikel Terkait
Dispar Bantul: Jumlah Pengunjung Mangunan Drop, Itu Artinya Sebaran Wisatawan Merata 1 year ago
Sepanjang 2019, Lima Juta Pelancong Diklaim Datang ke Bantul 1 year ago
BPS: Kunjungan Wisman ke Indonesia Masih Jauh dari Target 1 year ago
Meja Sri Sultan HB VIII Rusak Gegara Wisatawan Selfie, Ini Komentar Putri Kraton Jogja 1 year ago
Gara-Gara Ulah Wisatawan Selfie, Meja Sri Sultan HB VIII di Museum Kraton Jogja Rusak 1 year ago

Berita Pilihan

Informasi Stok Darah di PMI DIY 19 Oktober 2021 Masih PPKM, Kraton Jogja Tiadakan Arak-Arak dan Grebeg Gunungan Maulid Nabi Informasi Stok Darah PMI di DIY Senin, 18 Oktober 2021 Modal Sosial Perkuat Pengurangan Risiko Bencana Cerita Korban Pinjol di Sleman: Tak Bisa Tidur & Mendapat Jawaban Tak Terduga Saat Lapor Polisi
Berita Terbaru
Kasus Covid-19 Melandai, Waspada Gelombang Ketiga 19 minutes ago
Miyos Gangsa & Kondur Gangsa Tak Digelar, Kraton Jogja Luncurkan 11 Video Tutorial Macapat. Ini Daftarnya... 49 minutes ago
3 Faktor Anak Muda Produktif Terjebak Jadi Pekerja di Pinjol Ilegal 59 minutes ago
Informasi Stok Darah di PMI DIY 19 Oktober 2021 1 hour ago
Garebeg Mulud 2021 dan Arak-Arakan Gunungan Ditiadakan 2 hours ago

Terpopuler

Hadiri Jagongan Kalurahan, Kanjeng Yudanegara Diskusi dengan Warga Girikerto Turi KAMPUS JOGJA : Prodi KPI UMY Pertahankan Akreditasi A RUMAH SAKIT JOGJA : ARSSI Wadah Bersatunya RS Swasta FACEBOOK BERUJUNG PENJARA : Pembela Nilai Tuntutan Terlalu Memaksakan Waspada, Ubur-Ubur Kembali Menepi di Pantai Gunungkidul
Membangkitkan Sastra di Kalangan Anak Muda Lewat Kompetisi 4 hours ago
Pakar UGM Imbau Masyarakat Waspadai Pencurian Data Pribadi oleh Pinjol 5 hours ago
Hujan Disertai Angin Kencang, Pohon hingga Baliho di Sleman Bertumbangan 12 hours ago
Wali Kota Jogja Lantik 144 Pejabat Eselon III dan IV 15 hours ago
Penyelundup Anjing di Kulonprogo Dipenjara 10 Bulan & Didenda Rp150 Juta 17 hours ago