Jogjapolitan

Charity for Disability Harian Jogja Jadi Tempat Pertama Difabel Mengembangkan Hobi

Penulis: Salsabila Annisa Azmi
Tanggal: 21 Desember 2019 - 13:27 WIB
Fotografer Harian Jogja Desi Suryanto (kiri) membimbing peserta workshop fotografi dalam Charity for Disability Mewujudkan DIY Makin Inklusif di Harian Jogja, Sabtu (21/12/2019). - Harian Jogja/Salsabila Annisa Azmi

Harianjogja.com, JOGJA - Harian Jogja menyelenggarakan Charity for Disability “Mewujudkan DIY Makin Inklusif”, Sabtu (21/12/2019). Berbagai jenis workshop yang menunjang softskill anak-anak difabel diselenggarakan di dalamnya. Bagi sebagian anak, acara-acara itu merupakan kesempatan pertama mendalami minat dan bakat mereka. Salah satunya dalam workshop fotografi.

Salah satu orang tua yang tergabung dalam Persatuan Orang Tua Anak Dengan Down Syndrom (POTADS), Titik Rahayuningsih, mengatakan sejak kecil anaknya gemar mengambil gambar dengan foto, tetapi belum tahu cara yang benar dan butuh bimbingan dari ahlinya. Namun kelas-kelas fotografi pada umumnya tak menyediakan fasilitas bagi anak difabel seperti anaknya.

Oleh karena itu acara ini merupakan pengalaman pertama bagi anaknya untuk mendalami hobi fotografi dalam workshop fotografi. "Jarang menemukan acara yang mengadakan workshop foto bersama difabel, jadi sebelumnya anak saya belum pernah. Ini bagus buat mengembangkan hobinya sejak kecil," kata Titik.

Di dalam workshop fotografi, fotografer Harian Jogja, Desi Suryanto, berbagi tips tentang membidik foto yang baik dan benar. Mulai dari komposisi foto, angle foto hingga memaknai sudut pengambilan foto.

Di dalam workshop tersebut, Desi tak hanya memaparkan teori. Desi juga membimbing peserta difabel untuk mempraktekkan teori dan berkonsultasi soal hasil foto mereka. "Gaya berkomunikasi dalam workshop dicocokkan dengan kebutuhan mereka, saya berusaha sebisa saya berbahasa isyarat," kata Desi.

"Berada di komunitas istimewa ini harus menggunakan bahasa yang istimewa. Kendala bahasa isyarat ternyata tidak menyurutkan teman tuli untuk belajar. Bahasa bisa kita cipta, yang perting bisa faham bersama," lanjut Desi.

Acara Charity for Disability di Harian Jogja dimulai pukul 08.00 WIB – 14.00 WIB di halaman kantor Harian Jogja. Setelah menyaksikan berbagai penampilan bakat dari anak-anak difabel, berbagai kegiatan dilaksanakan, mulai dari Nyeduh Kopi Bersama, workshop pembuatan kain shibori, workshop fotografi, dan workshop face painting.

Kegiatan ini juga didukung oleh berbagai pihak mulai dari JNE, Grab, Ayola Tasneem, Hotel Santika Jogja, Hotel The Rich Jogja, Hotel The Atrium, Hotel Pandanaran, Spesial Sambal (SS), Ikat Celup Sibori & Jumputan, maximco, dan Shibri. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

Indonesia Eximbank Gelar CPNE 2023, Bea Cukai Jadi Narasumber
SBI Gelar Festival Runtah, Tingkatkan Kemandirian dan Ekonomi Sirkular
DIY Perlu Segera Memiliki Perda Jogja Smart Province
Jogja City Mall Gelar Pameran Alutsista Independence Day Military Expo 2023

Video Terbaru

Berita Lainnya

  1. Bolone Ilyas Gelar Nonbar Timnas Vs Korsel Nanti Malam, Ini Lokasinya
  2. BSI Gelontorkan Rp180 Miliar Dukung Pembiayaan Kendaraan Listrik
  3. 287 Wisudawan ISI Solo Dilepas, Ini Pesan Rektor
  4. Informasi Jadwal Samsat Keliling Sragen Kamis 25 April 2024

Berita Terbaru Lainnya

Top 7 News Harianjogja.com Kamis 25 April 2024: Kasus Penggelapan Pajak hingga Sosialisasi Tol Jogja-YIA
Jadwal Layanan Samsat Keliling Jogja Kamis 25 April 2024
Prediksi Cuaca Jogja dan Sekitarnya Kamis 25 April 2024: Hujan Lebat Sleman dan Gunungkidul
DIY Peroleh Kuota Transmigrasi untuk 16 KK di 2024
Jadwal dan Lokasi Layanan SIM Keliling Bantul April 2024
Jadwal Kereta Api Prameks Jogja-Kutoarjo Kamis 25 April 2024
Jadwal Kereta Bandara YIA Kamis 25 April 2024, Harga Tiket Rp20 Ribu
Jadwal Kereta Bandara YIA Xpress Kamis 25 April 2024, Tiket Rp50 Ribu
Jadwal dan Lokasi SIM Keliling di Jogja Kamis 25 April 2024
Terbaru! Jadwal KRL Solo-Jogja, Berangkat dari Palur Kamis 25 April 2024