Jogjapolitan

Di Jogja Matahari terlihat Rusak Seperempat

Penulis: Sunartono
Tanggal: 26 Desember 2019 - 17:47 WIB
Bayangan Matahari yang rusak seperempat terlihat dari pantulan lensa teleskop milik para pengamat dari Jogja Astro Club di Halaman Masjid Gedhe Kauman, Kamis (26/12/2019). - Harian Jogja/Sunartono.

Harianjogja.com, JOGJA—Matahari terlihat rusak seperempat karena tertutup bulan dalam gerhana Matahari cincin yang terpantau di Kota Jogja, Kamis (26/12/2019). Namun penglihatan fenomena tersebut dengan alat bantu sempat terhalang mendung.

Pengurus Bagian Litbang Jogja Astro Club (JAC) Agung Satriyo menjelaskan sebenarnya dari perkiraan BMKG, wilayah Jogja memang mendung, namun sekitar pukul 11.00 WIB hingga 12.00 WIB matahari bisa terlihat jelas dan tidak tertutup mendung. Sehingga kondisi gerhana matahari bisa terpantau menggunakan alat bantu dan tampak rusak seperempat.

“Ini kebetulan dapatnya bagus, dari Jogja lumayan kelihatan bulannya lumayan tampak menutup matahari meski pun hanya sekitar seperempat [tertutupnya atau fenomena rusaknya matahari],” katanya, Kamis.

Dalam pengamatan itu kelompoknya mengerahkan tujuh teleskop yang digunakan untuk pengamatan fenomena alam tersebut. Masing-masing sebanyak dua unit di halaman Masjid Gedhe Kauman dan lima unit di Alun-Alun Utara Kota Jogja.

Masyarakat yang kebetulan berada di kawasan itu bisa melihat gerhana menggunakan teleskop milik JAC secara gratis. Selain teleskop, JAC juga menyiapkan sejumlah alat bantu lain seperti kamera lubang jarum atau dikenal pinhole serta kacamata filter matahari dalam bentuk lebih sederhana yang dibuat dari kertas klise atau negatif film. “Masyarakat banyak yang menggunakan dari kacamata filter ini tetapi bentuknya memang kecil, kalau teleskop bentuk gerhana [Matahari] kelihatan agak besar. Kacamata ini dari bahan klise kami potong sesuai ukuran,” ucapnya.

Ketua JAC Agung Laksana menambahkan pengamatan itu dilakukan sekaligus mengedukasi masyarakat terkait dengan fenomena gerhana, terutama bagaimana proses melihat gerhana Matahari yang tepat.

Adapun pengamatan dilakukan dari 10.56 WIB sampai dengan 14.28 WIB. Menurutnya sangat tepat masyarakat memanfaatkan momentum langka tersebut karena tidak setiap tahun bisa terlewati gerhana matahari.

“Karena lokasi pengamatan di pusat kota jadi antusias masyarakat untuk menyaksikan gerhana Matahari dengan alat ini sangat banyak, ini fenomena langka juga jadi sangat banyak yang penasaran untuk melihat. Sekaligus sebagai pembelajaran juga untuk masyarakat, gerhana Matahari ini setiap tahun bisa terjadi tetapi tempatnya bisa di Indonesia atau tempat lain,” katanya.

Dia menambahkan gerhana Matahari cincin di wilayah DIY, kontak pertama terjadi sekitar pukul 10.56 WIB, kemudian puncaknya pada 12.47 WIB dan kontak terakhir pada 14.28 WIB. “Gerhana matahari dia 2019 ini pernah juga terjadi pada 5 -6 Januari lalu berupa gerhana Matahari sebagian yang dapat diamati di Asia Timur dan Pasifik Utara, pada 2 Juli juga terjadi gerhana matahari total terlihat di Samudera Pasifik dan bisa diamati di Amerika Latin,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

Ruang Angkasa Gelap Meski Ada Matahari, Ini Penyebabnya
8 April Akan Ada Gerhana Matahari Total, Ternyata Beri Pengaruh Emosional

Video Terbaru

Berita Lainnya

  1. Boyolali Full Berawan Sepanjang Hari Ini, Cek Prakiraan Cuaca Sabtu 20 April
  2. Mendung dengan Suhu Panas, Simak Prakiraan Cuaca Klaten Sabtu 20 April
  3. Hanya Berawan tanpa Hujan di Wonogiri, Simak Prakiraan Cuaca Sabtu 20 April
  4. Gelapkan Uang & Terlibat Pencucian Uang, Dosen Nuklir UGM Diburu Polda Jatim

Berita Terbaru Lainnya

Jadwal Kereta Bandara YIA Xpress Sabtu 20 April 2024, Tiket Rp50 Ribu
Jadwal Kereta Bandara YIA Sabtu 20 April 2024, Harga Tiket Rp20 Ribu
YIA Catat Rekor Tertinggi 19.600 Penumpang dengan 125 Pergerakan Pesawat dalam Sehari
Jadwal KRL Solo-Jogja, Berangkat dari Palur Sabtu 20 April 2024
Jadwal Terbaru! KRL Jogja-Solo Sabtu 20 April 2024, Berangkat dari Stasiun Tugu dan Lempuyangan
Wanita Berkebaya Gelar Aksi dengan Mata Tertutup di Tugu Jogja, Merespons Jelang Pembacaan Putusan MK
Akhirnya DPUP-ESDM DIY Mulai Sosialisasi Normalisasi Tanjakan Clongop Pekan Depan
Pansus DPRD DIY Mulai Bahas Perubahan Aturan Soal Pengisian Jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur
Hasil Riset: 34 Persen Masyarakat Belanja Bahan Makanan Masih secara Offline
Dibanding Tahun Lalu, Jumlah Turis dan Belanja Wisatawan Kota Jogja Kali Ini Naik Selama Libur Lebaran