HomeJogjapolitan

Awal Tahun, Kawasan Wisata Gunung Merapi Jadi Magnet Pengunjung

Oleh:Bernadheta Dian Saraswati
01 Januari 2020 - 12:47 WIB

Jib lava tour terparkir di halaman parkir objek wisata Bunker Kaliadem, Cangkringan, Selasa (31/12/2019). - Harian Jogja/Bernadheta Dian Saraswati

Harianjogja.com, SLEMAN - Kawasan wisata Gunung Merapi menjadi magnet bagi warga Jogja untuk menikmati suasana awal tahun.

Tidak hanya di Bunker Kaliadem, wisatawan juga tampak memadati area wisata Bukit Klangon, Kalitengah Lor, Glagaharjo, Cangkringan, Sleman pada hari pertama 2020, Rabu (1/1/2019).

Wahyu, 33, warga asal Purwobinangun, Bimomartani, Ngemplak, Sleman datang ke objek wisata Bukit Klangon pada Rabu pagi. "Saya berangkat jam 7.15 dari rumah tadi," katanya, Rabu.

Wahyu yang datang bersama suami, anak, serta keluarga besarnya tersebut sengaja mengawali tahun barunya di objek wisata yang dikenal dengan suasana dingin nan asri tersebut. "Awal tahun ingin lihat yang indah-indah, adem, sejuk," tuturnya.

Menurutnya suasana pegunungan lebih menarik dan indah untuk didatangi saat liburan seperti ini apalagi saat momentum tahun baru. Dari kunjungannya tersebut, ia juga baru mengetahui jika kawasan Klangon dijadikan tempat berkemah bagi para pengunjung yang menghabiskan malam pergantian tahun.

"Banyak yang camping ternyata, gowes juga," tutur ibu satu anak itu.

Saat musim hujan seperti ini, kesempatan untuk dapat melihat Gunung Merapi dengan jelas memang sulit karena sering tertutup awan mendung. Untuk itu, ia sengaja datang pagi hari saat cuaca masih cerah.

Sebelumnya, hujan deras sudah mengguyur kawasan wisata Gunung Merapi sejak Selasa (31/12/2019) sore. Pantauan Harianjogja.com di Bunker Kaliadem, hujan tetap tidak menghalangi pengunjung yang ingin melihat lebih dekat bunker di tempat wisata tersebut. Pengunjung kebanyakan datang menggunakan mobil jib lava tour.

Kondisi serupa juga terjadi di Petilasan Mbah Maridjan di Kinahrejo, Cangkringan. Pada Selasa sore pukul 16.00 WIB, pengunjung masih berdatangan untuk menyaksikan sisa-sisa harta di rumah Mbah Maridjan, juru kunci Gunung Merapi yang meninggal dunia terkena awan panas saat erupsi Merapi 26 Oktober 2010 silam.

"Saya orang Jogja baru pertama ke sini [Kinahrejo]. Tempatnya sangat bersejarah dan seketika hati saya sedih mengingat masa kelam itu karena saya juga sempat mengungsi karena erupsi," kata Yanto, warga Sleman yang berkunjung ke Petilasan Mbah Maridjan bersama keluarganya itu.

Tag: wisata, wisata sleman, gunung merapi Editor: Bernadheta Dian Saraswati

Artikel Terkait
Warga 2 Desa Korban Letusan Merapi 1961 Belum Terima Ganti Rugi 1 year ago
6 Tips Solo Traveling, Salah Satunya Boleh Bohong 1 year ago
Dari Bandara Sampai Pelabuhan untuk Pariwisata Super Premium Labuan Bajo 1 year ago
Besok Rabu 22 Januari 2020, Pendakian Gunung Sindoro Dibuka Kembali 1 year ago
Patung Gajah Bercorak Zebra di Objek Wisata Jurug Diprotes 1 year ago

Berita Pilihan

Info Stok Darah di PMI DIY Hari Ini 26 Februari 2021 Life Media Dukung Event International Open Dancesport Online Competition Permintaan Daging Menurun, Peternak Rumahkan Karyawan HI Art and Music Festival (HIATUS) #3 UGM, Perjalanan Eksplorasi dan Dekonstruksi Makna Cinta lewat Seni di Tengah Pandemi Jelang Pelantikan Bupati, Halim-Joko Tak Ada Persiapan Khusus
Berita Terbaru
Usai Dilantik, Halim-Joko Langsung Tancap Gas 1 hour ago
Info Stok Darah di PMI DIY Hari Ini 26 Februari 2021 2 hours ago
Lantik Tiga Pemimpin Baru, Sultan: Gunakan APBD dan Danais untuk Pemulihan Ekonomi  2 hours ago
Satpam di Sleman Jadi Bandar Narkoba, Ini Pengakuannya.. 2 hours ago
Dinkes Pastikan Jenazah yang Dimakamkan Pakai Kantong Jenazah Negatif Covid-19 3 hours ago

Terpopuler

KAMPUS JOGJA : Prodi KPI UMY Pertahankan Akreditasi A RUMAH SAKIT JOGJA : ARSSI Wadah Bersatunya RS Swasta FACEBOOK BERUJUNG PENJARA : Pembela Nilai Tuntutan Terlalu Memaksakan Waspada, Ubur-Ubur Kembali Menepi di Pantai Gunungkidul Pasar Klithikan Kulonprogo Batal Digusur
Life Media Dukung Event International Open Dancesport Online Competition 4 hours ago
Jadwal Layanan SIM di DIY Hari Ini dan Sabtu 27 Februari 2021 4 hours ago
23.000 Orang Disasar Vaksinasi Covid-19 Tahap Kedua di Kulonprogo 4 hours ago
Mau Beraktivitas di Luar Ruang? Simak Prakiraan Cuaca di Jogja Hari Ini! 4 hours ago
HARIAN JOGJA HARI INI: Belajar Tatap Muka di DIY Dimulai Juli 5 hours ago