HomeJogjapolitan

Pantai di Bantul Masih Jadi Idola Wisatawan, Gua Sepi Pengunjung

Oleh:Ujang Hasanudin
02 Januari 2020 - 18:07 WIB

Salah satu sudut di Puncak Sosok, Desa Bawuran, Kecamatan Pleret, Bantul, belum lama ini. - Harian Jogja/Arief Junianto

Harianjogja.com, BANTUL—Dinas Parwisata (Dispar) Bantul mengklaim lebih dari lima juta orang berkunjung ke sejumlah objek wisata yang ada di Kabupaten Bantul sepanjang 2019. Kawasan pantai masih jadi idola wisatawan, sedangkan destinasi minat khusus seperti gua masih minim pengunjung, salah satunya adalah Gua Cerme.

“Dari semua objek wisata beretribusi hanya Gua Cerme yang jumlah pengunjungnya menurun, dari tahun lalu sebanyak 7.924 orang, tahun ini hanya 6.828 orang. Sedangkan Gua Selarong, meski tidak terlalu banyak, namun ada peningkatan dari tahun lalu sebanyak 37.847 orang menjadi 38.700 orang,” ujar Kepala Dispar Bantul, Kwintarto Heru Prabowo, Kamis (2/1/2020).

Kwintarto mengaku karakter Goa Cerme berbeda dengan wisata pantai dan alam lainnya. Objek wisata yang mengandalkan potensi susur gua tersebut memiliki peminat khusus sehingga sosialisasi dan pemasarannya juga perlu menyasar milenial. Selain itu atraksi malamnya juga perlu digencarkan kembali dengan melibatkan warga sekitar.

Sedangkan di Gua Selarong akan dilengkapi dengan taman, menambah spot-spot foto, dan melengkapi cerita sejarah Pangeran Diponegoro yang menjadi ikon wisata sejarah tersebut. Selain itu area permainan seperti flying fox juga diminta untuk diperasionalkan setiap hari.

Disinggung soal arus lalu lintas di sekitar objek wisata, dia mengklaim sejauh ini memang cukup padat, namun dapat terkendali dengan bantuan sejumlah intansi baik Dinas Perhubungan (Dishub) Bantul maupun kepolisian.

Bahkan pada malam pergantian tahun yang diprediksi padat, namun masih terkendali sehingga tidak ada wisatawan yang diloloskan tanpa membayar retribusi di Tempat Pemungutan Retribusi (TPR). “Jalur dibuat satu arah tapi tidak ada yang diloloskan,” ucap Kwintarto.

Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Puncak Sosok, Rudi Haryanto mengatakan jumlah wisatawan yang berkunjung ke Puncak Sosok pada malam pergantian tahun ini tembus di angka 10.000 orang. Sebagai yang destinasi yang tergolong baru di Bantul, geliat objek wisata yang berada di Desa Bawuran, Kecamatan Pleret itu cukup positif.

“Puncak Sosok baru dua tahun berdiri. Kami menawarkan suasana wisata kuliner di puncak bukit dengan pemandangan alam terbuka. Syukurlah, jumlah pengunjung tahun ini lebih banyak ketimbang tahun lalu,” kata dia.

Tag: Objek wisata, Wisata Bantul Editor: Arief Junianto

Artikel Terkait
Wisata Bantul: Pengelola Bee Dyoti Hidden Cafe Unggah Izin 1 week ago
Wisata Bantul: Bee Dyoti Hidden Cafe Dipersoalkan, Bupati Bantul Pasang Badan 1 week ago
Wisata Bantul: Diminta Urus Izin, Ini Jawaban Pengelola Pengelola Bee Dyoti Hidden Café di Puncak Bibis 1 week ago
2,5 Juta Wisatawan Kunjungi Bantul 2 weeks ago
Rekor di Bantul, 20.145 Wisatawan Kunjungi Mangunan 2 weeks ago

Berita Pilihan

Ini Penyebab Klithih Menurut Sosiolog UGM Cukai Naik, Rokok Murah Jadi Pilihan Volume Sampah di Pantai Selatan Bantul Diprediksi Naik 15 Persen Disinfektan Udara Buatan Dosen UMY Ini Bisa Hemat Investasi Faskes hingga Ratusan Juta  Sudah 79 Tahun, Mbah Wahidi Masih Kuat Menjual Burger Keliling Sleman
Berita Terbaru
Setahun Terjadi 1.309 Kasus Kekerasan dalam Pacaran 5 hours ago
PKL Malioboro Pindah 26 Januari, Ini Respons Pedagang 8 hours ago
Update Covid-19 DIY 24 Januari 2022: Kasus Positif Tambah 12 9 hours ago
Harga Tanah Sudah Mahal, Penerima Ganti Rugi Tol Jogja Bawen Kesulitan Cari Tanah Pengganti 9 hours ago
Terima Ganti Rugi Rp2,4 Miliar dari Tol Jogja Bawen, Pensiunan Guru Bertekad Kembalikan Tanah Menjadi Tanah 9 hours ago

Terpopuler

Hadiri Jagongan Kalurahan, Kanjeng Yudanegara Diskusi dengan Warga Girikerto Turi KAMPUS JOGJA : Prodi KPI UMY Pertahankan Akreditasi A RUMAH SAKIT JOGJA : ARSSI Wadah Bersatunya RS Swasta FACEBOOK BERUJUNG PENJARA : Pembela Nilai Tuntutan Terlalu Memaksakan Waspada, Ubur-Ubur Kembali Menepi di Pantai Gunungkidul
Wisata Seni dan Budaya Bakal Hadir di Kampung Cokrodirjan Jogja 9 hours ago
Sekolah di Kota Jogja Mulai PTM 100 Persen, Ini Teknisnya 10 hours ago
Sultan Jogja Tegaskan PTM Tetap Jalan Meski Puncak Omicron Datang Akhir Februari 10 hours ago
Harga Rumah Subsidi Jogja Jadi Tantangan, Gunungkidul Paling Realistis 10 hours ago
Sultan Jogja: Tidak Usah Membesar-besarkan Omicron 11 hours ago