HomeJogjapolitan

Sepanjang 2019, ada 227 Kebakaran di Bantul, Kerugiannya Total Mencapai Rp2,1 Miliar

Oleh:Ujang Hasanudin
02 Januari 2020 - 20:47 WIB

Petugas Unit Pemadam Kebakaran BPBD Bantul memadamkan sisa-sisa bara api yang membakar dapur dan gudang milik warga di Dusun Beton, Tirtinirmolo, Kasihan, Bantul, Rabu (1/1) malam. - Istimewa/BPBD Bantul

Harianjogja.com, BANTUL—Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bantul mencatat selama 2019 telah terjadi 227 kasus kebakaran di Bumi Projotamansari. Objek kebakaran yang terjadi didominasi oleh kebakaran rumah dan kebakaran lahan.

Kepala Pelaksana BPBD Bantul, Dwi Daryanto mengatakan total ada 66 kasus kebararan hutan, 54 kebakaran rumah dan toko, serta 13 kasus kebakaran kandang. Menurt dia hampir semua kasus kebakran disebabkan oleh kelalaian.

“Kebakaran lahan yang terjadi selama 2019 umumnya disebabkan oleh kelalaian saat membakar sampah atau sengaja membakar dedaunan kering yang kemudian membakar ke area lahan,” kata Dwi Daryanto, Kamis (2/1/2019).

Sementara total lahan yang terbakar selama tahun lalu seluas sekitar 66 hektare. Adapun estimasi kerusakan yang diakibatkan karena kebakaran nilainya mencapai sekitar Rp2,1 miliar. Sementara kebakaran rumah, kata Dwi, juga disebabkan karena kelalaian seperti memasak kemudian ditinggal pergi. Selain itu juga karena korsleting listrik.

Pihaknya selalu berupaya mengimbau masyarakat untuk mengganti jaringan listrik dengan kabel yang berstandar nasional Indonesia (SNI) dan memastikan kondisi kompor atau tungku tempat memasak sudah dimatikan sebelum bepergian.

Wakil Komandan Regu II Satgas Penanggulangan Bahaya Kebakaran BPBD Bantul, Wisnu Kasbono menambahkan selama awal tahun ini sudah terjadi dua kasus kebakaran di Bantul, salah satunya terjadi pada Rabu (1/1) malam di RT 04, Dusun Beton, Desa Tirtonirmolo, Kecamatan Kasihan, Bantul.

Kebakaran tersebut menimpa rumah milik Wakijah, 67. Wisnu mengatakan kebakaran yang terjadi sekitar pukul 21.00 WIB itu akibat kelalaian pemilik rumah. “Penyebabnya, Bu Wakijah sedang memasak pada sore hari menggunakan kayu bakar kemudian lupa dimatikan, lalu sisa bara api merembet ke tumpukan kayu dan kasur,” kata Wisnu.

Tag: Kebakaran, bpbd Editor: Arief Junianto

Artikel Terkait
Pabrik Wig Kulonprogo Terbakar, Pemadaman Terhalang Jalan & Stok Air 2 days ago
Toko Kelontong di Semanu Terbakar, Pemilik Merugi Ratusan Juta Rupiah 2 days ago
Kebakaran Toko Plastik di Pakem, Kerugian Ditaksir Rp1,5 Miliar 4 days ago
Gedung SDN Lempuyangwangi Jogja Terbakar 1 week ago
Api Lahap Resto dan Mobil di Embung Tambakboyo Sleman 3 weeks ago

Berita Pilihan

Ini Penyebab Klithih Menurut Sosiolog UGM Cukai Naik, Rokok Murah Jadi Pilihan Volume Sampah di Pantai Selatan Bantul Diprediksi Naik 15 Persen Disinfektan Udara Buatan Dosen UMY Ini Bisa Hemat Investasi Faskes hingga Ratusan Juta  Sudah 79 Tahun, Mbah Wahidi Masih Kuat Menjual Burger Keliling Sleman
Berita Terbaru
5 Tahun Berdiri, AMSI Kolaborasi Bangun Ekosistem Media Digital Sehat dan Berkelanjutan 6 hours ago
Sutedjo Raih Penghargaan Tokoh Motivator & Pemberdayaan Daerah dan Desa 2022 6 hours ago
Gubuk Pijat di Pantai Parangkusumo Dibongkar 6 hours ago
Pemberian Vaksin Booster ASN & Guru Kota Jogja Rampung Pekan Depan 7 hours ago
Setelah PKL Malioboro, Giliran Penjual Sepatu di Jalan Mataram Dipindah 8 hours ago

Terpopuler

Hadiri Jagongan Kalurahan, Kanjeng Yudanegara Diskusi dengan Warga Girikerto Turi KAMPUS JOGJA : Prodi KPI UMY Pertahankan Akreditasi A RUMAH SAKIT JOGJA : ARSSI Wadah Bersatunya RS Swasta FACEBOOK BERUJUNG PENJARA : Pembela Nilai Tuntutan Terlalu Memaksakan Waspada, Ubur-Ubur Kembali Menepi di Pantai Gunungkidul
Cuma Menetap Sementara, PKL Malioboro Akan Dipindah Lagi dari Teras Malioboro 2 8 hours ago
Mahasiswa UNY Diduga Jadi Korban Kekerasan Seksual, Ini Langkah Kampus 8 hours ago
PKL Malioboro Diundi untuk Tempati Lapak Baru, Begini Prosesnya 8 hours ago
Minta PHK Massal, Buruh Geruduk DPRD Kulonprogo 9 hours ago
Probable Omicron di DIY Bertambah 12 Kasus 10 hours ago