HomeJogjapolitan

Gudang Kerajinan Kayu di Bantul Terbakar

Oleh:Ujang Hasanudin
03 Januari 2020 - 11:27 WIB

Tim Inafis Polres Bantul sedang mengidentifikasi penyebab kebakaran di gudang kerajinan dan olahan kayu di Dusun Babadan , Desa Pendowoharjo, Kecamatan Sewon, Bantul, Jumat (3/1/2020). - Harian Jogja/Ujang Hasanudin

Harianjogja.com, BANTUL- Gudang kerajinan olahan berbahan dasar kayu di Dusun Babadan , Desa Pendowoharjo, Kecamatan Sewon, Bantul, terbakar, Kamis (2/1/2019) malam. Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran gudang milik PT.Cakra Ganesa tersebut.

Polisi masih terus mendalami penyebab kejadian tersebut dengan menerjunkan tim Indonesia Automatic Finger Print Identification System (Inafis). “Penyebab pastinya masih kami dalami. Tapi penyebab sementara kemungkinan api berasal dari mesin open,” kata Kepala Satuan Reserse Kriminal Polres Bantul, AKP Riko Sanjaya, disela-sela penyelidikan bersama tim Inafis di lokasi kebakaran, Jumat (3/1/2019).

Tim Inafis terlihat memeriksa sejumlah sampel barang yang terbakar untuk penyelidikan lebih lanjut. Tidak hanya itu tim juga memeriksa beberapa titik gudang yang terbakar. Sementara sejumlah pekerja terlihat mengamankan barang-barang yang masih dapat digunakan.

Rifki Ardi, Salah seorang satpam PT.Cakra Ganesa sekaligus saksi saat kebakaran berlangsung mengatakan kebakaran itu terjadi sekitar pukul 18.30 WIB. Saat itu dirinya tengah bertugas jaga dan melihat ada kepulan asap dan api yang ke luar dari atas gudang. Saat dicek ternyata gudang terbakar.

Ia langsung bergegas menyelamatkan mobil yang berada dalam gudang, kemudian memadamkan api dengan peralatan seadanya dibantu sejumlah pekerja yang ada di gudang tersebut. Rifki juga meminta bantuan warga sekitar untuk memadamkan api. Namun bukannya padam, api menambah besar dan membakar hampir semua tumpukan kayu setengah jadi kerajinan, “Baju saya juga sempat terbakar,” ujar Rifki.

Rifki kemudian menghubungi petugas Penanggulangan Bahaya Kebakaran Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bantul. Sebanyak delapan armada pemadam kebakaran dikerahkan ke lokasi kejadian. “Api baru pada sekitar pukul 21.30 WIB,” ujar Rifki.

Tag: Kebakaran Editor: Nina Atmasari

Artikel Terkait
Kebakaran Toko Plastik di Pakem, Kerugian Ditaksir Rp1,5 Miliar 1 day ago
Gedung SDN Lempuyangwangi Jogja Terbakar 1 week ago
Api Lahap Resto dan Mobil di Embung Tambakboyo Sleman 2 weeks ago
Diduga Karena Petasan, Permukiman Terbakar 3 weeks ago
Anak Mainan Korek Api, Rumah Warga di Bantul Nyaris Ludes Terbakar 3 weeks ago

Berita Pilihan

Ini Penyebab Klithih Menurut Sosiolog UGM Cukai Naik, Rokok Murah Jadi Pilihan Volume Sampah di Pantai Selatan Bantul Diprediksi Naik 15 Persen Disinfektan Udara Buatan Dosen UMY Ini Bisa Hemat Investasi Faskes hingga Ratusan Juta  Sudah 79 Tahun, Mbah Wahidi Masih Kuat Menjual Burger Keliling Sleman
Berita Terbaru
Setahun Terjadi 1.309 Kasus Kekerasan dalam Pacaran 8 hours ago
PKL Malioboro Pindah 26 Januari, Ini Respons Pedagang 11 hours ago
Update Covid-19 DIY 24 Januari 2022: Kasus Positif Tambah 12 12 hours ago
Harga Tanah Sudah Mahal, Penerima Ganti Rugi Tol Jogja Bawen Kesulitan Cari Tanah Pengganti 12 hours ago
Terima Ganti Rugi Rp2,4 Miliar dari Tol Jogja Bawen, Pensiunan Guru Bertekad Kembalikan Tanah Menjadi Tanah 12 hours ago

Terpopuler

Hadiri Jagongan Kalurahan, Kanjeng Yudanegara Diskusi dengan Warga Girikerto Turi KAMPUS JOGJA : Prodi KPI UMY Pertahankan Akreditasi A RUMAH SAKIT JOGJA : ARSSI Wadah Bersatunya RS Swasta FACEBOOK BERUJUNG PENJARA : Pembela Nilai Tuntutan Terlalu Memaksakan Waspada, Ubur-Ubur Kembali Menepi di Pantai Gunungkidul
Wisata Seni dan Budaya Bakal Hadir di Kampung Cokrodirjan Jogja 12 hours ago
Sekolah di Kota Jogja Mulai PTM 100 Persen, Ini Teknisnya 13 hours ago
Sultan Jogja Tegaskan PTM Tetap Jalan Meski Puncak Omicron Datang Akhir Februari 13 hours ago
Harga Rumah Subsidi Jogja Jadi Tantangan, Gunungkidul Paling Realistis 13 hours ago
Sultan Jogja: Tidak Usah Membesar-besarkan Omicron 14 hours ago