HomeJogjapolitan

Kebakaran Gudang Kerajinan Kayu di Bantul Bikin Pemilik Merugi Rp1 Miliar, Ini Rinciannya

Oleh:Ujang Hasanudin
03 Januari 2020 - 14:17 WIB

Tim Inafis Polres Bantul sedang mengidentifikasi penyebab kebakaran di gudang kerajinan dan olahan kayu di Dusun Babadan , Desa Pendowoharjo, Kecamatan Sewon, Bantul, Jumat (3/1/2020). - Harian Jogja/Ujang Hasanudin

Harianjogja.com, BANTUL- Gudang kerajinan olahan berbahan dasar kayu di Dusun Babadan , Desa Pendowoharjo, Kecamatan Sewon, Bantul, terbakar, Kamis (2/1/2019) malam. Pemilik diperkirakan mengalami kerugian hingga Rp1 miliar.

Rifki Ardi, Salah seorang satpam PT.Cakra Ganesa mengaku tidak mengetahui pasti penyebab kebakaran. Namun ia menduga api berasal dari mesin pemanas atau open.

Berdasarkan informasi di lokasi kejadian, mesin pemanas tersebut sudah 10 tahun belum dibersihkan, bahkan cerobong pembuangan asap dari mesin pemanas tersebut sudah tersumbat, sehingga asap pembuangan kembali ke area mesin pemanasan.

Rifki membenarkan informasi tersebut. Pengawas lapangan gudang olahan kayu yang biasa dieskpor ke luar negeri tersebut juga membenarkan informasi adanya masalah pada mesin pemanas yang seharusnya sudah diservis namun belum diservis. Namun ia tidak menyebutkan nama.

Lebih lanjut Rifki mengatakan kerugian yang ditaksir melebihi angka Rp1 miliar itu berdasarkan penghitungan kerusakan dua unit mesin pemanas yang harganya mencapai sekitar Rp700 juta, tumpukan kayu yang sudah diolah dan dipanaskan dengan harga lebih dari Rp300 jutaan, serta bangunan gedung yang hangus terbakar lebih kurang Rp100 jutaan.

Polisi masih terus mendalami penyebab kejadian tersebut dengan menerjunkan tim Indonesia Automatic Finger Print Identification System (Inafis). “Penyebab pastinya masih kami dalami. Tapi penyebab sementara kemungkinan api berasal dari mesin open,” kata Kepala Satuan Reserse Kriminal Polres Bantul, AKP Riko Sanjaya, disela-sela penyelidikan bersama tim Inafis di lokasi kebakaran, Jumat (3/1/2019).

Tag: Kebakaran Editor: Nina Atmasari

Artikel Terkait
Kebakaran Toko Plastik di Pakem, Kerugian Ditaksir Rp1,5 Miliar 1 day ago
Gedung SDN Lempuyangwangi Jogja Terbakar 1 week ago
Api Lahap Resto dan Mobil di Embung Tambakboyo Sleman 2 weeks ago
Diduga Karena Petasan, Permukiman Terbakar 3 weeks ago
Anak Mainan Korek Api, Rumah Warga di Bantul Nyaris Ludes Terbakar 3 weeks ago

Berita Pilihan

Ini Penyebab Klithih Menurut Sosiolog UGM Cukai Naik, Rokok Murah Jadi Pilihan Volume Sampah di Pantai Selatan Bantul Diprediksi Naik 15 Persen Disinfektan Udara Buatan Dosen UMY Ini Bisa Hemat Investasi Faskes hingga Ratusan Juta  Sudah 79 Tahun, Mbah Wahidi Masih Kuat Menjual Burger Keliling Sleman
Berita Terbaru
Setahun Terjadi 1.309 Kasus Kekerasan dalam Pacaran 9 hours ago
PKL Malioboro Pindah 26 Januari, Ini Respons Pedagang 12 hours ago
Update Covid-19 DIY 24 Januari 2022: Kasus Positif Tambah 12 12 hours ago
Harga Tanah Sudah Mahal, Penerima Ganti Rugi Tol Jogja Bawen Kesulitan Cari Tanah Pengganti 13 hours ago
Terima Ganti Rugi Rp2,4 Miliar dari Tol Jogja Bawen, Pensiunan Guru Bertekad Kembalikan Tanah Menjadi Tanah 13 hours ago

Terpopuler

Hadiri Jagongan Kalurahan, Kanjeng Yudanegara Diskusi dengan Warga Girikerto Turi KAMPUS JOGJA : Prodi KPI UMY Pertahankan Akreditasi A RUMAH SAKIT JOGJA : ARSSI Wadah Bersatunya RS Swasta FACEBOOK BERUJUNG PENJARA : Pembela Nilai Tuntutan Terlalu Memaksakan Waspada, Ubur-Ubur Kembali Menepi di Pantai Gunungkidul
Wisata Seni dan Budaya Bakal Hadir di Kampung Cokrodirjan Jogja 13 hours ago
Sekolah di Kota Jogja Mulai PTM 100 Persen, Ini Teknisnya 13 hours ago
Sultan Jogja Tegaskan PTM Tetap Jalan Meski Puncak Omicron Datang Akhir Februari 14 hours ago
Harga Rumah Subsidi Jogja Jadi Tantangan, Gunungkidul Paling Realistis 14 hours ago
Sultan Jogja: Tidak Usah Membesar-besarkan Omicron 14 hours ago