Jogjapolitan

Dies Natalis ke-44, STIM YKPN Sampaikan Strategi 2020

Penulis: Media Digital
Tanggal: 04 Januari 2020 - 18:47 WIB
Tumpengan memperingati dies natalis ke 44 Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen (STIM) YKPN, Jumat (3/1/2020). - Ist/ Dok STIM YKPN

Harianjogja.com, JOGJA-- Dalam rangka memperingati dies natalis ke 44 Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen (STIM) YKPN pada tanggal 3 Januari 2020 menyelenggarakan acara tumpengan.

Acara ini dilaksanakan di kampus STIM YKPN yang dihadiri oleh Pengurus YKPN, Pimpinan Perguruan Tinggi se YKPN, Mitra Bisnis STIM YKPN, Muspika Kecamatan Ngaglik, Perangkat Desa Sariharjo, Pegawai Unit Bisnis yang ada di STIM YKPN dan tentunya Civitas Akademik STIM YKPN.

Pada kesempatan ini Ketua STIM YKPN, Suparmono dalam pidato dies natalis menyampaikan refleksi selama tahun 2019 dan strategi yang akan dilakukan di tahun 2020. Untuk mendukung transparansi dan akuntanbilitas pengelolaan perguruan tinggi, STIM YKPN melakukan audit yang dilakukan oleh pihak eksternal.

STIM YKPN melakukan rekrutmen empat dosen baru dengan pendidikan minimal S2 dengan maksud untuk memenuhi rasio dosen dan mahasiswa yang disyaratkan oleh pemerintah.

"Dengan masuknya empat dosen baru tersebut saat ini STIM YKPN memiliki rasio yang sesuai dengan yang disyaratkan oleh pemerintah," katanya, dalam rilis yang diterima Harianjogja.com, Sabtu (4/1/2020).

Selanjutnya Suparmono menyampaikan bahwa STIM YKPN juga melakukan inventarisasi asset dan perbaikan kurikulum, perbaikan kurikulum dilakukan untuk merespon perubahan yang terjadi baik secara internal maupun secara ektsternal.

Selain itu dalam tahun 2019 ini STIM YKPN melakukan perbaikan portal akademik, perbaikan ini dimaksudkan untuk memudahkan mahasiswa maupun dosen dalam berkegiatan utamanya akdemik di STIM YKPN.

Sebagai wujud kepercayaan masyarakat kepada STIM YKPN maka perkembangan jumlah mahasiswa baru baik program studi sarjana maupun diploma tiga selama empat tahun terakhir ini mengalami perkembangan yang signifikan.

Suparmono mengatakan bahwa sebagai bukti perkembangan STIM YKPN 4 tahun ini muncul berbagai prestasi dari mahasiswa baik kurikuler maupun nonkurikuler, salah satunya adalah dengan adanya prestasi hokey putri yang meraih juara 2 dalam PORDA 2019, 10 besar  Stocklab Analyst tingkat nasional di UNS, juara Stock Analyst Competition di STIE YKPN, Finalis Lomba Karya Ilmiah Nasional 2019 di Unsyiah Research Festival dan sebagainya.

Selanjutnya untuk mencapai visi STIM YKPN di tahun 2030 maka salah satunya STIM YKPN juga melakukan beberapa kerjasama dengan beberapa perusahaan dan juga beberapa Lembaga Sertifikasi diantaranya adalah TICMI, LSP Ekspor dan Impor, LSP Perbankan, LSP Pembiayaan Indonesia, LSP Perpajakan dan Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia.

Selain itu STIM YKPN juga memiliki Sembilan dosen yang memiliki sertifikasi kompetensi di beberapa bidang, tiga dosen yang memiliki Hak atas Kekayaan Intelektual (HAKI), dalam hal ini STIM YKPN akan mendorong semua dosen nya untuk memiliki sertifikasi kompetensi dan HAKI.

Dalam rangka pencapaian visi STIM dan peningkatan kompetensi mahasiswanya, STIM YKPN memiliki beberapa program unggulan yang akan dilaksanakan.

Pertama, peningkatan publikasi internasional di jurnal bereputasi nasional dan internasional. Kedua, memberkan kesempatan kepada dosen untuk melakukan studi lanjut dan sertifikasi kompetensi. Ketiga memberikan kesempatan kepada setiap lulusan memiliki sertifikasi kompetensi.

Keempat melakukan kerjasama dengan pemerintah dalam rangka pengabdian masyarakat. Kelima melakukan kerjasama dengan perusahaan berskala nasional maupun internasional dalam rangka penyaluranlulusan dan magang mahasiswa. Keenam melakukan kerjasama dengan PT luar negeri yang memiliki reputasi dan tujuh memperkuat kemitraan dengan asosiasi dan alumni.

Pada kesempatan ini Pengurus Yayasan YKPN yang diwakili oleh Sunarko mengucapkan selamat dies natalis dan kebanggaan kepada STIM YKPN yang telah mengatisipasi beban perubahan dan beban perkembangan didunia pendidikan maupun industri.

Namun demikian dalam pengembangan STIM YKPN tentunya dibutuhkan berbagai dukungan baik dukungan dari YKPN, dukungan dari pengurus, dukungan dari dosen, dukungan dari Karyawan bahkan juga dukungan dari mahasiswa. Selain itu perlu adanya kekompakan dari setiap unsur didalam STIM YKPN.

Sunarko menyampaikan bahwa setiap kompetensi yang dimiliki oleh mahasiswa seyogyanya diselipkan unsur kreativitas, untuk itu dalam pengembangan kurikulum wajib dimasukkan unsur kreativitas, Sunarko berpesan bahwa ini adalah salah satu bentuk tanggung jawab setiap dosen untuk memasukkan unsur unsur tersebut.

Pada dies natalis ini juga diberikan beberapa penghargaan kepada pegawai, yaitu penghargaan masa kerja 20 tahun, 25 tahun, dan 35 tahun. Penghargaan karyawan kinerja terbaik dan penghargaan dosen berkinerja terbaik. Agenda dies natalis ke 44 adalah; Wayang Kulit dengan lakon Dewa Ruci, Tumpengan, ziarah,  General Check Up Kesehatan, Stock Market Research Competition, Lomba Penyusunan Business Plan, Seminar Nasional dan Seminar Karya Ilmiah Dosen

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

Siswa SD Kelas III di Temanggung Juara Matematika Internasional di China
Implementasi Sistem Pengelolan Stok Produk Kedai Kita PDA Aisyiyah Kota Yogyakarta
Dosen Ini Punya Cara Unik Agar Mahasiswa Tidak Nyontek Saat Ujian
Ngabuburit Satgas PPKS Amikom Jadi Upaya Menangkal Kekerasan Seksual

Video Terbaru

Berita Lainnya

  1. Polisi Ungkap Penyebab Bus Haryanto Terbakar di Ring Road Sleman
  2. Foto Terduga Pembunuh Serlina Tersebar Luas, Polisi: Pelaku dan Korban Dekat
  3. Kementan Kucurkan Bantuan Alsintan Senilai Rp200 Miliar untuk Petani di Jatim
  4. Cerita Rudy Soal PDIP Pernah Satu Barisan dengan PKS dan PAN di Pilkada Solo

Berita Terbaru Lainnya

Tingkatkan Kesertaan KB Pria, Perwakilan BKKBN DIY Selenggarakan Kelompok KB Pria
Terungkap, Korsleting Freon AC Diduga Jadi Sebab Bus Terbakar di Ring Road Gamping
Jaring Masukan, Bapelkes DIY Gelar Forum Komunikasi Publik
DPC Gerindra: Usung Budi Waljiman, Jajaki Tokoh Lain hingga Jalin Komunikasi dengan Partai Koalisi
PKB Tetap Usung Abdul Halim Muslih untuk Pilkada 2024
Pilkada 2024, Sutrisna Wibawa : Pemerataan Pendidikan Jadi Modal Pembangunan Gunungkidul
Jelang Pilkada, KPU Jogja Siapkan Badan Adhoc dan Buka Konsultasi untuk Paslon Independen
Penganiaya Penjual Bakwan Kawi di Gowongan Akhirnya Dilepas, Ini Penyebabnya
Masuk Radar PKB, Sutrisna Wibawa : Semua Masih Cair
Zona Lama TPA Banyuroto Dirancang Jadi RTH, Zona Baru Bisa Tampung Sampah 5 Tahun ke Depan