HomeJogjapolitan

Untuk yang Pertama Kalinya, Donasi Bulan Dana PMI Jogja 2019 Tembus Rp771 Juta

Oleh:Lugas Subarkah
07 Januari 2020 - 14:47 WIB

Ketua Panitia Bulan Dana PMI Kota Jogja 2019, Kombes Pol Armaini (kanan) menyerahkan hasil Bulan Dana PMI Kota Jogja 2019 pada Pemkot Jogja yang selanjutnya diserahkan pada PMI Kota Jogja, di kompleks Balai Kota Jogja, Selasa (7/1/2020). - Harian Jogja/Lugas Subarkah

Harianjogja.com, JOGJA—Bulan Dana Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Jogja 2019 resmi ditutup, Selasa (7/1/2020). Dari kegiatan yang telah dimulai sejak Juli lalu tersebut berhasil terkumpul dana sebesar Rp771 juta.

Sekretaris PMI Kota Jogja, Lilik Kurniawan, mengatakan jumlah tersebut menjadi hasil terbesar dari bulan dana yang pernah dilakukan selama ini. “Hasil Bulan Dana kali ini merupakan kali pertama bisa tembus lebih dari Rp500 juta. Dana ini akan digunakan untuk keperluan operasional PMI selama satu tahun," ujarnya saat ditemui di sela-sela penutupan Bulan Dana PMI Kota Jogja 2019 di Balai Kota Jogja, Selasa .

Sejumlah operasional PMI ini di antaranya pertolongan pertama gawat darurat, transfusi darah, pelayanan ambulans, balai pengobatan, penanggulangan bencana, pemulihan hubungan keluarga, penanggulangan bencana, pembinaan generasi muda, pendidikan, pelatihan dan pendampingan masyarakat.

Meski cukup besar dibanding tahun lalu yang hanya sekitar Rp300 juta, hasil bulan dana ini, kata dia, tetap saja belum menutup seluruh biaya operasional yang totalnya bisa mencapai Rp1,2 miliar setahun.

Ketua Panitia Bulan Dana PMI Kota Jogja 2019, Kapolresta Jogja Kombes Pol Armaini, mengatakan bulan dana merupakan sumber pemasukan utama PMI, sebab tidak ada alolasi khusus dari Pemerintah Daerah untuk PMI. "Meski darah dapat sumbangan dari masyarakat, tapi ada keperluan operasuonal lain yang perlu biaya yang tidak sedikit," ungkapnya.

Dalam pelaksanaan Bulan Dana PMI tahun ini, pihaknya menggunakan mekanisme kupon, yakni di antaranya untuk pelajar SD senilai Rp1.000; pelajar SMP dan SMA senilai Rp2.000; masyarakat umum senilai Rp2.000; PNS golongan I senilai Rp3.000; PNS golongan II senilai Rp4.000; PNS golongan III senilai Rp6.000; PNS golongan IV senilai Rp10.000; perpanjangan STNK motor senilai Rp3.000; perpanjangan STNK mobil senilai Rp5.000; dan perpanjangan SIM senilai Rp5.000.

Sekretaris Daerah Kota Jogja, Aman Yuriadijaya, mengapresiasi panitia bulan dana dan seluruh masyarakat yang telah mendukung kebetlanjutan kerja PMI. "Semoga bisa dana ini bisa bermanfaat untuk kemanusiaan," katanya.

Dia berharap masyarakat bisa tetap percaya pada PMI. Begitu juga PMI untuk bisa lebih meningkatkan pelayanannya, agar tercipta sikap saling percaya.

Tag: Palang Merah, Kegiatan sosial Editor: Arief Junianto

Artikel Terkait
BMH Bagikan 250 Paket Pendidikan kepada siswa Se-DIY 1 year ago
50 Anggota Satpam di Gunungkidul Ikuti Aksi Sosial Donor Darah 1 year ago
Gelar Gala Dinner Pergantian tahun, ACT & Grand Dafam Rohan Jogja Ajak Masyarakat Jadi insan Dermawan 1 year ago
Charity for Disability Harian Jogja Berlangsung Meriah 1 year ago
Kodim 0732/Sleman Gelar Khitanan Massal 1 year ago

Berita Pilihan

Kasus DBD di Kota Jogja Turun dari Tahun Sebelumnya Rayakan HUT ke-2, Aveta Hotel Malioboro Rayakan Berbagai Kegiatan Bersama Masyarakat BPJS Kesehatan Cabang Yogyakarta Kembali Perluas Kerja Sama FKRTL Foto-foto Gagahnya Gunung Merapi pada Minggu Sore, Warganet: Mahaguru Menyapa DeJubah Hadirkan Gamis Pria dengan Kualitas Premium
Berita Terbaru
KPK Terus Usut Dugaan Korupsi Pembangunan Mandala Krida 23 minutes ago
Pakai Jersey Hijau, Warga Purwomartani Dikeroyok Kelompok Suporter di Gondokusuman 53 minutes ago
Kasus DBD di Kota Jogja Turun dari Tahun Sebelumnya 1 hour ago
PAN Sleman Gelar LKAD dan Pelatihan Management Saksi Pemilu 1 hour ago
Libur Akhir Semester Ganjil 2021 Ditiadakan 2 hours ago

Terpopuler

Hadiri Jagongan Kalurahan, Kanjeng Yudanegara Diskusi dengan Warga Girikerto Turi KAMPUS JOGJA : Prodi KPI UMY Pertahankan Akreditasi A RUMAH SAKIT JOGJA : ARSSI Wadah Bersatunya RS Swasta FACEBOOK BERUJUNG PENJARA : Pembela Nilai Tuntutan Terlalu Memaksakan Waspada, Ubur-Ubur Kembali Menepi di Pantai Gunungkidul
Status Tanah Sekolah Bermasalah, DPRD Minta Disdikpora Mendata Jumlah Pasti 4 hours ago
Rayakan HUT ke-2, Aveta Hotel Malioboro Rayakan Berbagai Kegiatan Bersama Masyarakat 4 hours ago
BPJS Kesehatan Cabang Yogyakarta Kembali Perluas Kerja Sama FKRTL 5 hours ago
17 Kalurahan Disasar Penanaman Pohon untuk Pengembangan Wisata Menoreh 5 hours ago
Diterjang Lahar Hujan, Jaringan Air Bersih di Kali Boyong Putus 8 hours ago