Jogjapolitan

BMH Bagikan 250 Paket Pendidikan kepada siswa Se-DIY

Penulis: Hafit Yudi Suprobo
Tanggal: 12 Januari 2020 - 19:17 WIB
Para siswa penerima bantan paket pendidikan dari BMH, mengisi data diri di sela-sela penyerahan bantuan yang digelar di Gedung Serba Guna SD Islam Terpadu Hidayatullah Yogyakarta, Sleman, Minggu (12/1/2020). - Harian Jogja/Hafit Yudi Suprobo

Harianjogja.com, SLEMAN—Baitul Maal Hidayatullah (BMH) memberikan bantuan paket pendidikan kepada 250 pelajar se-DIY, Minggu (12/1/2020). Penyerahan bantuan yang diselenggarakan di Gedung Serba Guna SD Islam Terpadu Hidayatullah Yogyakarta, Donoharjo, Kecamatan Ngaglik, Sleman itu merupakan salah satu program penyaluran kepada kaum duafa.

Ketua BMH DIY Catur Hidayat Nurohman mengatakan jika penyaluran paket sekolah menyasar kamu dhuafa dan penghafal Al-Qur’an. BMH, kata dia, merupakan lembaga amil zakat yang bergerak dalam penghimpunan dana zakat, infak, sedekah, wakaf dan hibah berikut dana sosial kemanusiaan dan corporate social responsibility (CSR) perusahaan.

“Duafa juga diharapkan mendapatkan pendidikan yang sama terhadap masyarakat pada umumnya sehingga bisa memacu mereka agar bisa lebih giat lagi belajar mengejar cita-citanya," ujar Catur kepada Harianjogja.com, Minggu.

Untuk tahun ini, lanjut Catur, dana dari masyarakat yang diamanahkan ke BMH, untuk wilayah DIY jumlahnya lebih dari Rp7 miliar, termasuk zakat infak dan dana sosial lainnya. "Metode penyalurannya ada dua. Pertama dengan program dakwah sosial ekonomi kemanusiaan itu terkait dengan dana infak. Kedua, zakat di mana kami tetap mengacu dalam aturan syariat," ujarnya.

Soal animo dan kesadaran warga, khususnya di DIY untuk berzakat, menurut Cahyo, dalam kurun waktu tiga tahun terakhir terbilang cukup baik. “Kesadaran masyarakat cukup tinggi. Terbukti, setiap tahunnya selalu ada kenaikan, baik jumlah zakatnya, maupun jumlah muzakinya. Syukur Alhamdulillah," ujarnya.

Salah satu orang tua penerima bantuan dari BMH, Supiyah, 45, di mana anaknya yang menerima bantuan menyatakan jika bantuan yang diterimanya akan dipakai untuk keperluan sekolah. "Kebetulan anak saya difabel dan juga menjadi santri, semoga anak saya sehat selalu dan menjadi anak yang sholeh," ucap dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

Baznas Jogja Buka Booth di Pusat Keramaian, Permudah Masyarakat Bayar Zakat
Lantik Pengurus BK3S DIY 2023-2028, Sultan Tekankan Soal Pemerataan Kesejahteraan

Video Terbaru

Berita Lainnya

  1. Sistem E-Katalog Terbaru LKPP Meluncur, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran
  2. Aktif Blusukan ke Masyarakat, Sudaryono Mantap Maju Cagub Jateng
  3. Mudik Lebaran, 34 Juta Orang Diprediksi Masuk ke Jatim
  4. Jadwal Imsak hingga Waktu Buka Puasa Wilayah Boyolali Jumat 29 Maret

Berita Terbaru Lainnya

Puluhan Kilogram Bahan Baku Petasan Disita Polres Bantul
Penanggulangan Kemiskinan, Pemkab Sleman Salurkan Rp18,2 Miliar
Gempa Magnitudo 5 di Gunungkidul Terasa hingga Trenggalek
Mudik Lebaran, Gunungkidul Bakal Dijejali 154.000 Kendaraan
Masjid di DIY Menerima Dana Zakat Mal yang Dihimpun dari Para Dokter
Gelar Rakerda, BKKBN DIY Optimalkan Target Program Bangga Kencana
Dukung Kelestarian Lingkungan, Pemda DIY Mulai Terapkan Program PBJ Berkelanjutan
BREAKING NEWS: Gempa Bumi Magnitudo 5 Guncang DIY, Ini Lokasi Pusatnya
Simak Jadwal Pekan Suci 2024 Gereja Katolik di Jogja
Rekomendasi Makanan Takjil Tradisional di Pasar Ramadan Kauman Jogja