Jogjapolitan

Ini Dia Tugas Baru Satlinmas Rescue Istimewa Bantul

Penulis: Ujang Hasanudin
Tanggal: 15 Januari 2020 - 21:57 WIB
Kepala Satpol PP Bantul Yulius Suharta (kanan) dan Kepala BPBD Bantul Dwi Daryanto menandatangani serah terima anggota Satlinmas Rescue Istimewa di Bangsal Rumah Dinas Bupati Bantul, Rabu (15/1/2020). - Harian Jogja/Ujang Hasanudin

Harianjogja.com, BANTUL—Satlinmas Rescue Istimewa yang selama ini bertugas menjaga keamanan pantai dan melakukan pencarian serta penyelamatan jika terjadi kecelakaan laut, kini mendapat tugas baru. Mereka diminta menjaga keamanan dan ketertiban dalam penyelenggaraan pilkada dan pilkades serentak.

Tugas baru ini seiring dengan pemindahan kewenangan Satlinmas Rescue yang tadinya di bawah koordinasi Badan Penanggilangan Bencana Daerah (BPBD) ke Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

"Karena sudah tergabung ke Satpol PP maka ketugasannya juga menyesuaikan menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat," kata Kepala Satpol PP, Yulius Suharta seusai menerima pelimpahan 99 anggota Satlinmas Rescue Istimewa di Bangsal Rumah Dinas Bupati Bantul, Rabu (15/1/2020).

Yulius mengatakan salah satu tugas menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat adalah ikut membantu pengamanan dalam pemiliham kepala daerah dan wakil kepala daerah (Pilkada) serentak dan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak. Pilkada bakal digelar pada 23 September dan Pilkades pada 21 Juni.

Meski demikian, tugas utama Satlinmas Rescue Istimewa tetap menjaga keamanan dan kenyamanan wisatawan dan sigap terhadap musibah bencana yang mungkin tetjadi terutama di wiayah pantai. Sebanyak 99 anggota Satlinmas Rescue Istimewa terbagi dalam dua koordinasi wilayah, yakni Wilayah III Parangtritis-Depok sebanyak 69 orang dan Wilayah IV Samas-Pandansimo sebanyak 30 orang.

Untuk koordinasi di lapangan dalam penanganam kebencanaan, kata Yulius, Satlinmas Rescue langsung ke BPBD. "Harapan keberadaan Satlinmas Rescue sudah dirasakan terkait pengamanan wisatawan di pantai," kata Yulius.

Mantan Camat Pajangan ini menambahkan anggota Satlinmas Rescue juga dipastikan mendapat honor yang nilanya di atas upah minimum kabuaten (UMK) yang bersumber dari APBD Bantul dan APBD provinsi. Dari Satpol PP Bantul tiap anggota mendapat insentif bulanan Rp1, 1 juta ditambah insentif dari Satpol PP DIY Rp750. 000 per anggota.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

Apdesi Ingatkan Agar Lurah Tetap Netral dalam Pilkada 2024
Pelaksanaan Belum Jelas, Pemkab Gunungkidul Tetap Usulkan Rp2,4 Miliar untuk Pemilihan Lurah

Video Terbaru

Berita Lainnya

  1. Pengamat: PDIP Bisa Bantu Pemerintah Meski sebagai Oposisi
  2. Resmi, Johannis Winar dan David Singleton jadi Pelatih Tim IBL All Star
  3. Vacuum Cleaner Sharp Terbaru: Ngepel Gak Pakai Ribet, Lantai Jadi Kinclong
  4. Mau Gabung Siapa di Pilkada 2024, PKB Solo Konsultasi ke DPP

Berita Terbaru Lainnya

Pendaftaran Ditutup, Ini 8 Nama yang Mendaftar Lewat Golkar di Pilkada Bantul 2024
Kebutuhan Internet di Tiga Sektor Ini Terbesar di DIY
Antisipasi Kemarau, Pemkab Sleman Siapkan Pompanisasi
Soal Pembebasan Lahan untuk IKN dan PSN, AHY: Tidak Boleh Asal Gusur
Ramai Aksi Lempar Sampah ke Truk, Pemkot Jogja Sebut Kesadaran Warga untuk Buang Sampah Tinggi
Pembangunan ITF Bawuran Capai 40 Persen, Pemkab Optimis Rampung Mei 2024
Warga Terluka Saat Berdesak-desakan Buang Sampah di Depo Purawisata Jogja
BPBD DIY Mewaspadai Lonjakan Pembuangan Sampah ke Sungai Imbas TPA Piyungan Ditutup
Harga  Tiket Masuk Terbaru Kids Fun dan Jam Buka
Pencurian Ternak di Kulonprogo Marak, 5 Kambing Hilang dalam Semalam