HomeJogjapolitan

Ini Dia Tugas Baru Satlinmas Rescue Istimewa Bantul

Oleh:Ujang Hasanudin
15 Januari 2020 - 21:57 WIB

Kepala Satpol PP Bantul Yulius Suharta (kanan) dan Kepala BPBD Bantul Dwi Daryanto menandatangani serah terima anggota Satlinmas Rescue Istimewa di Bangsal Rumah Dinas Bupati Bantul, Rabu (15/1/2020). - Harian Jogja/Ujang Hasanudin

Harianjogja.com, BANTUL—Satlinmas Rescue Istimewa yang selama ini bertugas menjaga keamanan pantai dan melakukan pencarian serta penyelamatan jika terjadi kecelakaan laut, kini mendapat tugas baru. Mereka diminta menjaga keamanan dan ketertiban dalam penyelenggaraan pilkada dan pilkades serentak.

Tugas baru ini seiring dengan pemindahan kewenangan Satlinmas Rescue yang tadinya di bawah koordinasi Badan Penanggilangan Bencana Daerah (BPBD) ke Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

"Karena sudah tergabung ke Satpol PP maka ketugasannya juga menyesuaikan menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat," kata Kepala Satpol PP, Yulius Suharta seusai menerima pelimpahan 99 anggota Satlinmas Rescue Istimewa di Bangsal Rumah Dinas Bupati Bantul, Rabu (15/1/2020).

Yulius mengatakan salah satu tugas menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat adalah ikut membantu pengamanan dalam pemiliham kepala daerah dan wakil kepala daerah (Pilkada) serentak dan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak. Pilkada bakal digelar pada 23 September dan Pilkades pada 21 Juni.

Meski demikian, tugas utama Satlinmas Rescue Istimewa tetap menjaga keamanan dan kenyamanan wisatawan dan sigap terhadap musibah bencana yang mungkin tetjadi terutama di wiayah pantai. Sebanyak 99 anggota Satlinmas Rescue Istimewa terbagi dalam dua koordinasi wilayah, yakni Wilayah III Parangtritis-Depok sebanyak 69 orang dan Wilayah IV Samas-Pandansimo sebanyak 30 orang.

Untuk koordinasi di lapangan dalam penanganam kebencanaan, kata Yulius, Satlinmas Rescue langsung ke BPBD. "Harapan keberadaan Satlinmas Rescue sudah dirasakan terkait pengamanan wisatawan di pantai," kata Yulius.

Mantan Camat Pajangan ini menambahkan anggota Satlinmas Rescue juga dipastikan mendapat honor yang nilanya di atas upah minimum kabuaten (UMK) yang bersumber dari APBD Bantul dan APBD provinsi. Dari Satpol PP Bantul tiap anggota mendapat insentif bulanan Rp1, 1 juta ditambah insentif dari Satpol PP DIY Rp750. 000 per anggota.

Tag: Pemkab Bantul, Pilkades DIY Editor: Arief Junianto

Artikel Terkait
Pilkades di Sleman Masuk Tahap Pendaftaran, Sejumlah Warga Mulai Ambil Formulir 1 year ago
Kerabat Puro Pakualaman Maju Pilkades Caturtunggal 1 year ago
Tunggu Kades Lama Purnatugas, Kades Tegalrejo Dilantik Kamis 1 year ago
Pemkab Bantul: Sudah Tak Ada Honorer di Bantul 1 year ago
Jembatan Kalibogor Mendesak Diperbaiki 1 year ago

Berita Pilihan

Kasus DBD di Kota Jogja Turun dari Tahun Sebelumnya Rayakan HUT ke-2, Aveta Hotel Malioboro Rayakan Berbagai Kegiatan Bersama Masyarakat BPJS Kesehatan Cabang Yogyakarta Kembali Perluas Kerja Sama FKRTL Foto-foto Gagahnya Gunung Merapi pada Minggu Sore, Warganet: Mahaguru Menyapa DeJubah Hadirkan Gamis Pria dengan Kualitas Premium
Berita Terbaru
KPK Terus Usut Dugaan Korupsi Pembangunan Mandala Krida 12 minutes ago
Pakai Jersey Hijau, Warga Purwomartani Dikeroyok Kelompok Suporter di Gondokusuman 41 minutes ago
Kasus DBD di Kota Jogja Turun dari Tahun Sebelumnya 1 hour ago
PAN Sleman Gelar LKAD dan Pelatihan Management Saksi Pemilu 1 hour ago
Libur Akhir Semester Ganjil 2021 Ditiadakan 2 hours ago

Terpopuler

Hadiri Jagongan Kalurahan, Kanjeng Yudanegara Diskusi dengan Warga Girikerto Turi KAMPUS JOGJA : Prodi KPI UMY Pertahankan Akreditasi A RUMAH SAKIT JOGJA : ARSSI Wadah Bersatunya RS Swasta FACEBOOK BERUJUNG PENJARA : Pembela Nilai Tuntutan Terlalu Memaksakan Waspada, Ubur-Ubur Kembali Menepi di Pantai Gunungkidul
Status Tanah Sekolah Bermasalah, DPRD Minta Disdikpora Mendata Jumlah Pasti 4 hours ago
Rayakan HUT ke-2, Aveta Hotel Malioboro Rayakan Berbagai Kegiatan Bersama Masyarakat 4 hours ago
BPJS Kesehatan Cabang Yogyakarta Kembali Perluas Kerja Sama FKRTL 5 hours ago
17 Kalurahan Disasar Penanaman Pohon untuk Pengembangan Wisata Menoreh 5 hours ago
Diterjang Lahar Hujan, Jaringan Air Bersih di Kali Boyong Putus 8 hours ago