HomeJogjapolitan

Bakal Diresmikan Jokowi, Sultan Cek RSUD Wates Kulonprogo

Oleh:Newswire
21 Januari 2020 - 20:37 WIB

Sri Sultan Hamengku Buwono X. - Harian Jogja/Desi SUryanto

Harianjogja.com, KULONPROGO--RSUD Wates di Kulonprogo bakal diresmikan Presiden Joko Widodo.

Gubernur DIY Sri Sultan HB X meninjau pengembangan pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah Wates di Kabupaten Kulon Progo untuk memastikan bisa diresmikian oleh Presiden Joko Widodo pada April 2020 nanti.

Sri Sultan di Kulonprogo, Selasa (21/1/2020), mengatakan pada April mendatang, Presiden Joko Widodo akan meresmikan Bandara Internasional Yogyakarta, untuk itu dirinya memastikan bahwa RSUD Wates ini juga bisa diresmikan pada waktu yang sama.

"Tapi sebelum itu saya sampaikan, saya perlu ke sini (RSUD Wates) untuk berkoordinasi," kata Sultan dalam kunjungan kerja di lokasi pengembangan pembangunan RSUD Wates, Selasa (21/1/2020).

Sultan ingin memastikan apakan RSUD Wates bisa mengalihkan pelayanan dari gedung lama ke gedung baru pada Februari 2020. Sehingga, saat diresmikan oleh Presiden Jokowi memang sudah pantas, biarpun kelengkapan pelayanan belum secara keseluruhan, tetapi pelayanan harian sudah dilakukan.

Selain itu, saat diresmikan oleh presiden, rumah sakit ini tetap memberikan pelayanan kepada pasien.

"Itu butuh waktu berapa hari untuk bisa menyelesaiakan pemindahan dan mengoperasikan rumah sakit ini. Saya butuh jawaban-jawaban itu," katanya.

Selanjutnya, Sultan juga mempertanyakan apakah Pemkab Kulon Progo akan mempertahankan nama RSUD Wates atau diganti dengan yang baru. "Kami ingin memastikannya juga," katanya.

Lebih lanjut, Sultan mengatakan sebelum mengundang presiden untuk meresmikian rumah sakit ini, dirinya harus berkoordinasi dengan Menteri Kesehatan. Untuk itu, dirinya sudah meminta Kepala Dinas Kesehatan DIY berkoordinasi dengan Direktur RSUD Wates terkait kebutuhan anggaran supaya rumah sakit beroperasi. Dari Pemkab Kulon Progo menyebutkan kebutuhan operasional RSUD Wates totalnya sebesar Rp138, 59 miliar, tapi yang mendesak dan perlu didahulukan sebesar Rp87 miliar.

"Kebutuhan riil pengoperasian RSUD Wates sudah harus saya terima minggu depan karena saya harus bertemu dengan Menteri Kesehatan untuk menyampaikan kekurangan anggaran yang bisa diakomodir APBN," katanya.

Sementara itu, Bupati Kulon Progo Sutedjo mengatakan pembiayaan pembangunan pengembangan RSUD Wates yang dilaksanakan dari 2015 sampai dengan 2020 menyerap anggaran sebesar Rp300,95 miliar dengan persentase BLUD RSUD Wates sebesar 12,62 persen, APBD kabupaten sebesar 25,16 persen, dan APBD DIY 62,22 persen.

"Alhamdulillah, saat ini gedung yang kita impikan sudah dapat dilihat hasilnya walaupun masih belum sempurna dan masih banyak kekurangan anggaran yang dibutuhkan untuk operasional RSUD Wates," katanya.

Untuk kelancaran operasional gedung baru dibutuhkan dukungan dana untuk alat kesehatan sebesar Rp138,59 miliar dan dukungan regulasi berupa Rumah Sakit Rujukan Regional serta dukungan sumber daya manusia dokter sebagai rumah sakit realisasi kesehatan di RSUD Wates.

"Untuk itu, kami berharap dukungan anggaran dari gubernur," harapnya.

Sumber: Antara Tag: Sri Sultan HB X Editor: Bhekti Suryani

Artikel Terkait
Sultan HB X Khawatir Siswa SD & PAUD Sulit Terapkan Prokes 1 week ago
Sultan HB X Bertemu Panglima TNI 3 Jam, Ini yang Dibahas... 3 weeks ago
Ditanya tentang Wisata Jogja Rasa Bali Saat Bertemu Netizen, Begini Jawaban Sultan 1 month ago
Sultan HB X Larang Kegiatan Perayaan Malam Pergantian Tahun 1 month ago

Berita Pilihan

Ini Penyebab Klithih Menurut Sosiolog UGM Cukai Naik, Rokok Murah Jadi Pilihan Volume Sampah di Pantai Selatan Bantul Diprediksi Naik 15 Persen Disinfektan Udara Buatan Dosen UMY Ini Bisa Hemat Investasi Faskes hingga Ratusan Juta  Sudah 79 Tahun, Mbah Wahidi Masih Kuat Menjual Burger Keliling Sleman
Berita Terbaru
Setahun Terjadi 1.309 Kasus Kekerasan dalam Pacaran 6 hours ago
PKL Malioboro Pindah 26 Januari, Ini Respons Pedagang 9 hours ago
Update Covid-19 DIY 24 Januari 2022: Kasus Positif Tambah 12 10 hours ago
Harga Tanah Sudah Mahal, Penerima Ganti Rugi Tol Jogja Bawen Kesulitan Cari Tanah Pengganti 10 hours ago
Terima Ganti Rugi Rp2,4 Miliar dari Tol Jogja Bawen, Pensiunan Guru Bertekad Kembalikan Tanah Menjadi Tanah 10 hours ago

Terpopuler

Hadiri Jagongan Kalurahan, Kanjeng Yudanegara Diskusi dengan Warga Girikerto Turi KAMPUS JOGJA : Prodi KPI UMY Pertahankan Akreditasi A RUMAH SAKIT JOGJA : ARSSI Wadah Bersatunya RS Swasta FACEBOOK BERUJUNG PENJARA : Pembela Nilai Tuntutan Terlalu Memaksakan Waspada, Ubur-Ubur Kembali Menepi di Pantai Gunungkidul
Wisata Seni dan Budaya Bakal Hadir di Kampung Cokrodirjan Jogja 10 hours ago
Sekolah di Kota Jogja Mulai PTM 100 Persen, Ini Teknisnya 11 hours ago
Sultan Jogja Tegaskan PTM Tetap Jalan Meski Puncak Omicron Datang Akhir Februari 11 hours ago
Harga Rumah Subsidi Jogja Jadi Tantangan, Gunungkidul Paling Realistis 11 hours ago
Sultan Jogja: Tidak Usah Membesar-besarkan Omicron 12 hours ago