HomeJogjapolitan

Setiap Anak Punya Potensi Berbeda-beda

Oleh:Kusnul Isti Qomah
23 Januari 2020 - 07:22 WIB

Siswa Olifant School tengah bermain untuk menentukan target diri dan mencapai target tersebut belum lama ini./ Ist. - Olifant School

Harianjogja.com, JOGJA—Kemampuan potensi anak seumpama karet gelang. Masing-masing anak memiliki potensi dan kelenturan yang berbeda-beda. Ada anak yang memiliki potensi besar dalam bidang Matematika dan Science, tetapi ada juga anak-anak yang memiliki potensi yang kuat dalam bidang bahasa atau seni atau bahkan kemampuan sosialisasi.

Mariana Hastuti, Marketing Communication Olifant School mengungkapkan orang tua dan anak-anak sebaiknya mengenali kelebihan dan kekurangan masing-masing. "Hal ini supaya dapat menentukan cara dan kekuatan yang tepat dalam menarik potensi tersebut hingga mencapai hasil yang maksimal," kata dia, Rabu (22/1).

Selain potensi dasar, hal lain yang berpengaruh dalam pencapaian hasil belajar adalah minat, cara belajar dan juga cara pendampingan atau dukungan yang tepat bagi anak. Kapasitas yang dimilikinya dapat dikembangkan dengan maksimal ketika bersama-sama dengan anak dapat mencari cara untuk memaksimalkan potensinya. Pengenalan potensi anak dapat didukung dengan tes-tes yang dapat mengungkap potensi kognitif, bakat serta minat melalui tes psikologi, sehingga dapat lebih mengenali potensi dasar secara utuh.

Bagi anak yang lebih kecil, orang tua memiliki peran lebih dalam membantu mengenali potensi anak. Memperhatikan dan mendampingi kegiatan belajarnya, memberikan kegiatan pengayaan serta mendorong anak untuk berkomitmen mengembangkan potensinya. Hal itu bisa dilakukan dengan mencari sekolah yang tepat sesuai dengan gaya belajar anak, menyediakan fasilitas belajar yang memadahi bagi anak, memperkenalkan alternatif kegiatan pengembangan potensi misalnya dengan kursus baik yang mengembangkan kognitif atau bakat lain. 

Pengenalan Potensi

Selain hal-hal itu, bagi anak yang sudah lebih besar dan mulai bisa diajak berdiskusi, libatkan anak dalam pengenalan potensi diri dan target pencapaian pengembangan potensinya. Ada anak-anak yang sudah memiliki dorongan internal sehingga dapat memaksimalkan dirinya dalam menarik potensi yang dimiliki. Namun ada juga anak-anak yang seringkali belum menyadari besar potensi yang dimiliki, sehingga mereka berpuas diri dengan hasil yang dimiliki.

Apabila melihat anak-anak memiliki potensi yang besar namun pencapaiannya belum maksimal, maka bisa mencari alternatif cara yang tepat dan dinikmati anak-anak supaya dapat mencapai hasil yang lebih baik. Hanya perlu menjadi perhatian orang dewasa, terkadang tidak menyadari memaksa untuk menarik potensi mereka dengan cara memberikan anak-anak latihan dan stimulasi yang berlebihan sehingga anak menjadi tidak menikmati waktu belajar mereka karena merasa terlalu capai atau cara belajar yang tidak menyenangkan untuk mereka.

"Mari mengenali kelenturan potensi dan cara yang menyenangkan untuk anak-anak mengembangkan dirinya. Dengan tetap berpengang pada dasar kebutuhan dan keunikan yang dimiliki masing-masing anak," kata dia.

Tag: sekolah Editor: Mediani Dyah Natalia

Artikel Terkait
Pertimbangkan Hal Ini Sebelum Pilih Sekolah TK untuk Anak 4 days ago
Nasib Buram SLB Swasta di DIY: Bantuan Dipangkas hingga Kekurangan SDM 1 week ago
Sekolah Rusak, Atap Gedung SD di Gunungkidul Jebol 1 week ago
PTM 100% di Sleman Digelar Pekan Ketiga Januari 2 weeks ago
Pemkab Bantul Ogah Buka Penuh Sekolah Sebelum Ada Kepastian dari Epidemiolog 2 weeks ago

Berita Pilihan

Ini Penyebab Klithih Menurut Sosiolog UGM Cukai Naik, Rokok Murah Jadi Pilihan Volume Sampah di Pantai Selatan Bantul Diprediksi Naik 15 Persen Disinfektan Udara Buatan Dosen UMY Ini Bisa Hemat Investasi Faskes hingga Ratusan Juta  Sudah 79 Tahun, Mbah Wahidi Masih Kuat Menjual Burger Keliling Sleman
Berita Terbaru
Setahun Terjadi 1.309 Kasus Kekerasan dalam Pacaran 6 hours ago
PKL Malioboro Pindah 26 Januari, Ini Respons Pedagang 9 hours ago
Update Covid-19 DIY 24 Januari 2022: Kasus Positif Tambah 12 9 hours ago
Harga Tanah Sudah Mahal, Penerima Ganti Rugi Tol Jogja Bawen Kesulitan Cari Tanah Pengganti 9 hours ago
Terima Ganti Rugi Rp2,4 Miliar dari Tol Jogja Bawen, Pensiunan Guru Bertekad Kembalikan Tanah Menjadi Tanah 10 hours ago

Terpopuler

Hadiri Jagongan Kalurahan, Kanjeng Yudanegara Diskusi dengan Warga Girikerto Turi KAMPUS JOGJA : Prodi KPI UMY Pertahankan Akreditasi A RUMAH SAKIT JOGJA : ARSSI Wadah Bersatunya RS Swasta FACEBOOK BERUJUNG PENJARA : Pembela Nilai Tuntutan Terlalu Memaksakan Waspada, Ubur-Ubur Kembali Menepi di Pantai Gunungkidul
Wisata Seni dan Budaya Bakal Hadir di Kampung Cokrodirjan Jogja 10 hours ago
Sekolah di Kota Jogja Mulai PTM 100 Persen, Ini Teknisnya 10 hours ago
Sultan Jogja Tegaskan PTM Tetap Jalan Meski Puncak Omicron Datang Akhir Februari 10 hours ago
Harga Rumah Subsidi Jogja Jadi Tantangan, Gunungkidul Paling Realistis 11 hours ago
Sultan Jogja: Tidak Usah Membesar-besarkan Omicron 11 hours ago