Jogjapolitan

Setiap Anak Punya Potensi Berbeda-beda

Penulis: Kusnul Isti Qomah
Tanggal: 23 Januari 2020 - 07:22 WIB
Siswa Olifant School tengah bermain untuk menentukan target diri dan mencapai target tersebut belum lama ini./ Ist. - Olifant School

Harianjogja.com, JOGJA—Kemampuan potensi anak seumpama karet gelang. Masing-masing anak memiliki potensi dan kelenturan yang berbeda-beda. Ada anak yang memiliki potensi besar dalam bidang Matematika dan Science, tetapi ada juga anak-anak yang memiliki potensi yang kuat dalam bidang bahasa atau seni atau bahkan kemampuan sosialisasi.

Mariana Hastuti, Marketing Communication Olifant School mengungkapkan orang tua dan anak-anak sebaiknya mengenali kelebihan dan kekurangan masing-masing. "Hal ini supaya dapat menentukan cara dan kekuatan yang tepat dalam menarik potensi tersebut hingga mencapai hasil yang maksimal," kata dia, Rabu (22/1).

Selain potensi dasar, hal lain yang berpengaruh dalam pencapaian hasil belajar adalah minat, cara belajar dan juga cara pendampingan atau dukungan yang tepat bagi anak. Kapasitas yang dimilikinya dapat dikembangkan dengan maksimal ketika bersama-sama dengan anak dapat mencari cara untuk memaksimalkan potensinya. Pengenalan potensi anak dapat didukung dengan tes-tes yang dapat mengungkap potensi kognitif, bakat serta minat melalui tes psikologi, sehingga dapat lebih mengenali potensi dasar secara utuh.

Bagi anak yang lebih kecil, orang tua memiliki peran lebih dalam membantu mengenali potensi anak. Memperhatikan dan mendampingi kegiatan belajarnya, memberikan kegiatan pengayaan serta mendorong anak untuk berkomitmen mengembangkan potensinya. Hal itu bisa dilakukan dengan mencari sekolah yang tepat sesuai dengan gaya belajar anak, menyediakan fasilitas belajar yang memadahi bagi anak, memperkenalkan alternatif kegiatan pengembangan potensi misalnya dengan kursus baik yang mengembangkan kognitif atau bakat lain. 

Pengenalan Potensi

Selain hal-hal itu, bagi anak yang sudah lebih besar dan mulai bisa diajak berdiskusi, libatkan anak dalam pengenalan potensi diri dan target pencapaian pengembangan potensinya. Ada anak-anak yang sudah memiliki dorongan internal sehingga dapat memaksimalkan dirinya dalam menarik potensi yang dimiliki. Namun ada juga anak-anak yang seringkali belum menyadari besar potensi yang dimiliki, sehingga mereka berpuas diri dengan hasil yang dimiliki.

Apabila melihat anak-anak memiliki potensi yang besar namun pencapaiannya belum maksimal, maka bisa mencari alternatif cara yang tepat dan dinikmati anak-anak supaya dapat mencapai hasil yang lebih baik. Hanya perlu menjadi perhatian orang dewasa, terkadang tidak menyadari memaksa untuk menarik potensi mereka dengan cara memberikan anak-anak latihan dan stimulasi yang berlebihan sehingga anak menjadi tidak menikmati waktu belajar mereka karena merasa terlalu capai atau cara belajar yang tidak menyenangkan untuk mereka.

"Mari mengenali kelenturan potensi dan cara yang menyenangkan untuk anak-anak mengembangkan dirinya. Dengan tetap berpengang pada dasar kebutuhan dan keunikan yang dimiliki masing-masing anak," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

Ayah Bunda, Berikut Cara Mempersiapkan Anak Sekolah Usai Libur Lebaran
Ribut-Ribut Soal Pramuka, Kemendibudristek: Sifatnya Sukarela
Pemkab Temanggung Prioritaskan Perbaikan Gedung SD yang Membahayakan Siswa
Ada Sekolah Penggerak Kerukunan di Kabupaten Gunungkidul

Video Terbaru

Berita Lainnya

  1. Gibran Minta Kejati Jateng Kawal Masjid Sriwedari dan Proyek Hibah UEA
  2. DPC PDIP Karanganyar Konsisten Pakai Aturan KomandanTe, meski Ada Aturan Baru
  3. Tujuh Kecamatan di Trenggalek Dilanda Banjir dan Tanah Longsor
  4. Simak! Daftar Rekrutmen CPNS 2024 di Kementerian Sosial, Ada 40.839 Formasi

Berita Terbaru Lainnya

Jelang Hari Kesiapsiagaan Bencana, BPBD DIY Siapkan Rangkaian Kegiatan untuk Tingkatkan Kesadaran Masyarakat
KPU Buka Layanan Konsultasi bagi Paslon Perseorangan di Pilkada Kota Jogja
Stok dan Jadwal Donor Darah di Jogja Hari Ini, Jumat 19 April 2024
Didukung 17 PAC PDIP, Joko Purnomo Siap Maju di Pilkada Bantul
Perhatian! Berikut Syarat dan Tahapan Paslon Maju Lewat Jalur Independen di Pilkada Sleman
Bolos Kerja Lebih dari 28 Hari, Seorang ASN di Sleman Dipecat
Termasuk Jogja, BMKG Ingatkan Sebagian Besar Wilayah Indonesia Waspada Cuaca Ekstrem
Pemkab Sleman Berupaya Mempercepat Penurunan Angka Stunting
Kapolresta Jogja Klaim Angka Kejahatan Jalanan Dapat Ditekan Selama Libur Lebaran 2024
Cuaca DIY Hari Ini Jumat 19 April 2024: Jogja, Sleman dan Gunungkidul Hujan Lebat Disertai Petir