HomeJogjapolitan

Kerabat Puro Pakualaman Maju Pilkades Caturtunggal

Oleh:Sunartono
23 Januari 2020 - 13:07 WIB

Kerabat Puro Pakualaman RAy Prasetyanti (tengah) yang akan maju dalam Pilkades Caturtunggal, Depok, Sleman memberikan keterangan pers, Kamis (23/1/2020). - Harian Jogja/Sunartono.

Harianjogja.com, JOGJA - Pilkades Caturtunggal, Depok, Sleman yang akan berlangsung 2020 bakal berlangsung seru. Salah satu kerabat Puro Pakualaman Raden Ayu Prasetyanti menjadi salah satu figur yang siap bertanding dalam kontestasi Pilkades Caturtunggal.

Caturtunggal, Depok, Sleman selama ini dikenal sebagai salah satu desa yang banyak diperebutkan dalam Pilkades. Desa yang berbatasan langsung dengan Kota Jogja dan Bantul ini termasuk memiliki kekayaan cukup besar, sehingga jabatan Kades di desa ini menjadi bergengsi.

RAy Prasetyanti sendiri merupakan adik sepupu dari Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X dan sehari-hari aktif di Puro Pakualaman. Ia sering mendampingi BRAy Paku Alam X dalam berbagai kegiatan kemasyarakat. Pada Kamis (23/1/2019) Prasetyanti memulai awal kompetisi Pilkades Caturtunggal dengan mengambil formulir pendaftaran Pilkades.

"Saya sehari-hari bertugas mendampingi Gusti Putri [BRAy Paku Alam X] ketika ada kegiatan, termasuk persiapan kegiatan Hadeging [HUT] Puro Pakualaman, kemudian jika ada yang ingin mengundang Gusti Putri biasanya lewat kami di sekretariat, sehari-hari seringnya di Puro [Pakualaman], kalau rumah saya di Wirosaban, tetapi sejak kecil dulu di Puro [Pakualaman]," katanya dalam konferensi pers di salah satu rumah makan kawasan Kompleks Puro Pakualaman Yogyakarta, Kamis (23/1/2019).

Keinginannya untuk maju dalam Pilkades karena banyaknya desakan dari warga Caturtunggal. Gayung bersambut seiring sejalan dengan upayanya memberikan kontribusi dalam membangun keistimewaan DIY.

Menurutnya Caturtunggal yang saat ini menjadi miniatur Indonesia harus terus mengedepankan dan mengangkat nilai budaya lokal untuk keistimewaan DIY. Salah satu program yang cukup menjadi perhatian adalah kaitannya dengan pengembangan batik yang sering ia ikuti di Pakualaman. Menurutnya program ini perlu dimasifkan di desa seperti Caturtunggal.

"Saya tidak memiliki latar belakang politik, tetapi karena banyak yang menghendaki dari warga agar ikut dalam Pilkades ini, akhirnya saya bersedia," ucap ibu tiga anak ini.

Perwakilan Elemen Masyarakat Caturtunggal Slamet Widodo mengatakan sejak awal pihaknya mendorong agar ada tokoh dari Puro Pakualaman yang menjadi pemimpin di Caturtunggal. Hal itu sejalan dengan keinginan warga karena Kraton dan Pakualaman menjadi kiblat budaya yang ada di Jogja.

Dengan adanya sosok dari Puro Pakualaman ia yakin akan memberikan nuansa berbeda untuk membawa Caturtunggal yang lebih maju dan memberikan manfaat bagi warga sejalan dengan keistimewaan DIY.

"Berangkat dari keresahan, maka muncul tokoh Raden Ayu Prasetyanti. Selama ini ada yang lupa pendekatan tokoh wanita sangat dikesampingkan. Sehingga program apapun yang sifatnya terkait dengan kebutuhan wanita dan anak kurang direspons, melalui calon wanita ini harapannya ke depan program di Caturtunggal menyentuh pemberdayaan wanita dan anak," ujarnya.

Tag: Pilkades DIY Editor: Bernadheta Dian Saraswati

Artikel Terkait
Pilkades di Sleman Masuk Tahap Pendaftaran, Sejumlah Warga Mulai Ambil Formulir 1 year ago
Tunggu Kades Lama Purnatugas, Kades Tegalrejo Dilantik Kamis 1 year ago
Ini Dia Tugas Baru Satlinmas Rescue Istimewa Bantul 1 year ago
Persiapan Pilkades, Pemkab Sleman Lakukan Verifikasi Data Pemilih 1 year ago
Bupati Gunungkidul Ingatkan Netralitas Kades dalam Pilkada 1 year ago

Berita Pilihan

Kasus DBD di Kota Jogja Turun dari Tahun Sebelumnya Rayakan HUT ke-2, Aveta Hotel Malioboro Rayakan Berbagai Kegiatan Bersama Masyarakat BPJS Kesehatan Cabang Yogyakarta Kembali Perluas Kerja Sama FKRTL Foto-foto Gagahnya Gunung Merapi pada Minggu Sore, Warganet: Mahaguru Menyapa DeJubah Hadirkan Gamis Pria dengan Kualitas Premium
Berita Terbaru
Kasus DBD di Kota Jogja Turun dari Tahun Sebelumnya 17 minutes ago
PAN Sleman Gelar LKAD dan Pelatihan Management Saksi Pemilu 27 minutes ago
Libur Akhir Semester Ganjil 2021 Ditiadakan 1 hour ago
Status Tanah Sekolah Bermasalah, DPRD Minta Disdikpora Mendata Jumlah Pasti 3 hours ago
Rayakan HUT ke-2, Aveta Hotel Malioboro Rayakan Berbagai Kegiatan Bersama Masyarakat 3 hours ago

Terpopuler

Hadiri Jagongan Kalurahan, Kanjeng Yudanegara Diskusi dengan Warga Girikerto Turi KAMPUS JOGJA : Prodi KPI UMY Pertahankan Akreditasi A RUMAH SAKIT JOGJA : ARSSI Wadah Bersatunya RS Swasta FACEBOOK BERUJUNG PENJARA : Pembela Nilai Tuntutan Terlalu Memaksakan Waspada, Ubur-Ubur Kembali Menepi di Pantai Gunungkidul
BPJS Kesehatan Cabang Yogyakarta Kembali Perluas Kerja Sama FKRTL 3 hours ago
17 Kalurahan Disasar Penanaman Pohon untuk Pengembangan Wisata Menoreh 4 hours ago
Diterjang Lahar Hujan, Jaringan Air Bersih di Kali Boyong Putus 7 hours ago
HARIAN JOGJA HARI INI: Malioboro Bakal Disulap bak Orchard Road 7 hours ago
Bupati Sleman Apresiasi Kerja Keras Insan Kesehatan 7 hours ago