Jogjapolitan

Ikut Memicu Kemacetan, Pedagang di Tepi Jalan Colombo Akan Dipindah

Penulis: Hafit Yudi Suprobo
Tanggal: 24 Januari 2020 - 20:47 WIB
Ilustrasi. - Harian Jogja/Gigih M. Hanafi

Harianjogja.com, SLEMAN--Dinas Perhubungan Kabupaten Sleman bakal mempertegas garis biku-biku berwarna kuning di sekitar Simpang Lima Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) usai diaktifkannya alat pemberi isyarat lalu lintas (APILL), Selasa lalu (22/1/2020). Pasalnya, kemacetan yang terjadi selama ini disinyalir karena adanya parkir liar dan kehadiran pedagang kaki lima.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Sleman Marjanto mengatakan jika penyebab kemacetan di simpang lima UNY juga disebabkan pada permasalahan parkir. Banyaknya kendaraan yang parkir di dekat simpang lima UNY disinyalir menyempitkan ukuran jalan.

Dishub Sleman, lanjut Marjanto, akan menegaskan kembali fungsi garis biku-biku di jalan sekitar simpang lima UNY. Seperti di jalan Colombo dari arah barat di depan GOR UNY dan di depan toko Modern tidak jauh dari simpang lima UNY.

Marjanto tidak menampik jika rambu larangan parkir yang berada di lantai jalan itu sudah banyak yang pudar. "Memang sudah agak pudar, nanti secepatnya akan kami cat kembali," ujar Marjanto, Jumat (24/1/2020).

Dishub Sleman juga mendorong kesadaran masyarakat dalam tertib berlalulintas. Ia berharap agar pengendara yang berada di simpang tersebut bisa mematuhi rambu lalu lintas termasuk arahan dari lampu APILL. Walaupun, tidak adanya kehadiran petugas pengendara juga diharapkan mematuhi rambu lalu lintas.

"Arahan dari lampu APILL dan rambu larangan parkir dan berdagang di sepanjang jalan itu sudah sepatutnya untuk dipatuhi. Hal itu agar tidak kemudian terjadi kemacetan panjang dan kecelakaan di simpang tersebut," tambahnya.

Tidak hanya garis biku-biku berwarna kuning, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Sleman juga sudah berkoordinasi dengan Satpol PP Sleman untuk  memindahkan pedagang di pinggir jalan depan GOR UNY atau di sebelah kiri jalan Colombo dari arah barat UGM.

"Kehadiran pedagang yang berada di sepanjang jalan dekat simpang lima UNY memang cukup menjadi kendala. Pasalnya adanya pedagang bahkan membawa mobil yang menjual buah-buahan dan itu kerap menganggu arus lalu lintas, khususnya bagi kendaraan yang menuju ke arah timur, nanti pedagang yang ada disitu pasti akan ditertibakan," tuturnya.

Kepala Dinas Perhubungan Sleman, Mardiana mengatakan pemasangan APILL di simpang lima UNY ini diharapkan akan mengurangi angka kecelakaan dan kemacetan. Walaupun Dishub juga akan melakukan pengawasan secara periodik ke simpang lima UNY.

"Pengendara masih banyak yang berhenti di depan garis stop line. Kita akan terus sambangi simpang lima UNY karena pengendara belum terbiasa," tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

Diduga Karena Rem Blong, Bus Kecelakaan di Imogiri
Operasi Ketupat Berakhir, Bantul dinyatakan Kondusif Selama Lebaran
Kendaraan Keluar Lebih Banyak Dari yang Masuk di Mudik Lebaran, Ini Analisis Dishub DIY
Kepadatan Lalu Lintas Berangsur Menurun, Masih Ada Wisatawan Liburan Sekolah

Video Terbaru

Berita Lainnya

  1. DKPP: Laporan Tindakan Asusila Hasyim Asy'ari Lengkap
  2. Pegadaian Berangkatkan Peserta Umrah Akbar, Bawa Keberkahan di Bulan Syawal
  3. Untuk Pembuktian di MK, Kotak Hasil Pemilu dari 113 TPS di Boyolali Dibuka
  4. Kebakaran Kapal di Pelabuhan Cilacap, Nahkoda asal Pemalang Ditemukan Meninggal

Berita Terbaru Lainnya

Ratusan PNS Sleman Dapat Penghargaan Satyalancana Karya Satya
Tanah 3 SD Negeri Kulonprogo Masih Milik Warga, Disdikpora Fasilitasi Pembebasannya
70 Kasus Flu Singapura Ditemukan di Jogja, Dinkes: Tidak Perlu Panik
Perkuat Empat Pilar Kalurahan Untuk Kembangkan Pariwisata Berbasis Masyarakat
Pemilu Usai, Gus Endar Serukan Persatuan dan Kerukunan
Produksi Padi Sleman Awal Tahun Ini Menurun, Palawija Relatif Stabil
Cegah Mafia Tanah, Kantor Pertanahan Jogja Dorong Masyarakat Punya Sertifikat Tanah Elektronik
Pendaftaran Bacalon Ditutup Kemarin, 4 Orang Ambil Formulir di DPC PDIP Bantul
Pj Walikota Jogja Singgih Raharjo Maju Pilkada, Begini Respons Pemda DIY
Alasan Gerindra Bantul Belum Buka Pendaftaran Penjaringan Pilkada