HomeJogjapolitan

Jumlah Pengungsi di Glagaharjo Bertambah, Keluarga Boleh Menjenguk

Oleh:Hafit Yudi Suprobo
10 November 2020 - 05:07 WIB

Sejumlah lansia dari lereng Merapi duduk-duduk di lokasi pengungsian Balai Desa Glagaharjo, Cangkringan, Sleman pada hari Senin (9/11/2020). - Harian Jogja/Hafit Yudi Suprobo

Harianjogja.com, SLEMAN-- Sebanyak 185 pengungsi sudah menempati barak pengungsian yang berada di balai desa Glagaharjo, Cangkringan, Sleman pada hari Senin (9/11/2020). Bagi pengungsi yang terdiri dari kelompok rentan, diberikan trauma healing kepada pengungsi untuk menghindari terjadinya stres.

Camat Cangkringan Suparmono mengatakan jika terjadi penambahan pengungsian yang terjadi pada hari ketiga evakuasi warga yang termasuk dalam kelompok rentan. Sebelumnya, pada Sabtu (7/11/2020) evakuasi dilakukan terhadap 133 warga. Saat ini pada Senin (9/11/2020), total pengungsi sebanyak 185 orang.

Baca juga: Bertahun-tahun Sulit Dapat Listrik, Petani di Pesisir Kulonprogo Kini Andalkan Panel Surya

"Sudah terjadi penambahan semalam, mungkin hari ini akan bertambah. Namun, masih terdapat ruang pengungsian yang masih tersisa banyak. Di SDN Muhammadiyah Cepitsari. Di sana masih banyak. 50 orang lagi masih cukup," ujar Suparmono, Senin (9/11/2020).

Suparmono sadar jika pengungsi yang ada di barak pengungsian balai desa Glagaharjo, Cangkringan, Sleman, perlu dilakukan pendampingan secara intensif agar tidak mengalami stres.

"Setiap pagi ada trauma healing mereka diajak senam. Saya minta memang teman teman relawan dan pemerintah kecamatan Cangkringan monggo mbah-mbah itu diajak ngobrol. Mereka kalau ada teman ngobrol itu relatif mengurangi rasa jenuh di barak pengungsian. Karena setiap pagi biasanya merumput. Mereka kangen loh merumput itu simbah-simbah. Teman teman warga juga ajaklah mengobrol mbah-mbah itu. Keluarga juga dibolehkan untuk menjenguk," papar Suparmono.

Baca juga: Mau Jadi Sukarelawan Merapi? Wajib Jalani Rapid Test

Berdasarkan catatan dari pemerintah kecamatan Cangkringan, pengungsi terdiri dari beragam usia. Pengungsi berusia kurang dari dua tahun sejumlah 21 anak. Usia kisaran tiga hingga lima tahun mencapai delapan anak. Rentang usia enam hingga 18 tahun mencapai 23 orang.

"Untuk yang dewasa itu sudah termasuk satu ibu hamil dan 12 difabel. Untuk yang usia dewasa atau lebih dari 18 tahun ada 52 orang. Lalu yang lansia mencapai 82 orang," pungkas Suparmono.

Tag: gunung merapi Editor: Nina Atmasari

Artikel Terkait
Warga 2 Desa Korban Letusan Merapi 1961 Belum Terima Ganti Rugi 1 year ago
Dokumen Rencana Kontijensi Erupsi Gunung Merapi Disahkan, Ini Isinya 1 year ago
Awal Tahun, Kawasan Wisata Gunung Merapi Jadi Magnet Pengunjung 1 year ago
Gunung Merapi Dijaga Lebih Ketat Selama Libur Nataru 1 year ago
Antisipasi Pendaki di Malam Tahun Baru, Gunung Merapi Dijaga Ketat 1 year ago

Berita Pilihan

Covid-19 DIY Sabtu Ini, Penambahan Kasus Harian Mendekati 500 5 Remaja Penganiaya Pengendara Motor di Gambiran Tertangkap, 3 Masih Buron Ajudan Terpapar Covid-19, Begini Kondisi Bupati Kulonprogo Ajudan Bupati Kulonprogo Terpapar Covid-19 Sepekan, Capaian Vaksinasi Covid-19 Kota Jogja 1.469 Orang
Berita Terbaru
Pohon Berusia 20 Tahun Tumbang, Goa Kakung Sementara Ditutup 8 minutes ago
Penjual Pil Koplo Asal Selopamioro Lakukan Transaksi di Simpang Empat Barongan 28 minutes ago
PKS Desak Ketersediaan Bed Pasien Covid-19 di DIY 3 hours ago
3 DPD PAN Pilih Ketua Baru, Yuni Ingatkan Jaga Soliditas Partai 5 hours ago
Pengungsi Glagaharjo Akan Dipulangkan Selasa Pekan Depan 8 hours ago

Terpopuler

KAMPUS JOGJA : Prodi KPI UMY Pertahankan Akreditasi A RUMAH SAKIT JOGJA : ARSSI Wadah Bersatunya RS Swasta FACEBOOK BERUJUNG PENJARA : Pembela Nilai Tuntutan Terlalu Memaksakan Waspada, Ubur-Ubur Kembali Menepi di Pantai Gunungkidul Pasar Klithikan Kulonprogo Batal Digusur
Wildan Nafis Pimpin PAN Bantul 2021-2026 9 hours ago
Dituding 5 Tahun Makan Gaji Buta, Ini Besaran Honor Pangeran Kraton Jogja 11 hours ago
Covid-19 DIY Sabtu Ini, Penambahan Kasus Harian Mendekati 500 16 hours ago
Jumlah Pengungsi di Turgo Purwobinangun Mulai Berkurang 19 hours ago
Toyota Kijang Oleng Hantam Hiace, 2 Sopir Terluka 19 hours ago