HomeJogjapolitan

Jumlah Pengungsi di Glagaharjo Bertambah, Keluarga Boleh Menjenguk

Oleh:Hafit Yudi Suprobo
10 November 2020 - 05:07 WIB

Sejumlah lansia dari lereng Merapi duduk-duduk di lokasi pengungsian Balai Desa Glagaharjo, Cangkringan, Sleman pada hari Senin (9/11/2020). - Harian Jogja/Hafit Yudi Suprobo

Harianjogja.com, SLEMAN-- Sebanyak 185 pengungsi sudah menempati barak pengungsian yang berada di balai desa Glagaharjo, Cangkringan, Sleman pada hari Senin (9/11/2020). Bagi pengungsi yang terdiri dari kelompok rentan, diberikan trauma healing kepada pengungsi untuk menghindari terjadinya stres.

Camat Cangkringan Suparmono mengatakan jika terjadi penambahan pengungsian yang terjadi pada hari ketiga evakuasi warga yang termasuk dalam kelompok rentan. Sebelumnya, pada Sabtu (7/11/2020) evakuasi dilakukan terhadap 133 warga. Saat ini pada Senin (9/11/2020), total pengungsi sebanyak 185 orang.

Baca juga: Bertahun-tahun Sulit Dapat Listrik, Petani di Pesisir Kulonprogo Kini Andalkan Panel Surya

"Sudah terjadi penambahan semalam, mungkin hari ini akan bertambah. Namun, masih terdapat ruang pengungsian yang masih tersisa banyak. Di SDN Muhammadiyah Cepitsari. Di sana masih banyak. 50 orang lagi masih cukup," ujar Suparmono, Senin (9/11/2020).

Suparmono sadar jika pengungsi yang ada di barak pengungsian balai desa Glagaharjo, Cangkringan, Sleman, perlu dilakukan pendampingan secara intensif agar tidak mengalami stres.

"Setiap pagi ada trauma healing mereka diajak senam. Saya minta memang teman teman relawan dan pemerintah kecamatan Cangkringan monggo mbah-mbah itu diajak ngobrol. Mereka kalau ada teman ngobrol itu relatif mengurangi rasa jenuh di barak pengungsian. Karena setiap pagi biasanya merumput. Mereka kangen loh merumput itu simbah-simbah. Teman teman warga juga ajaklah mengobrol mbah-mbah itu. Keluarga juga dibolehkan untuk menjenguk," papar Suparmono.

Baca juga: Mau Jadi Sukarelawan Merapi? Wajib Jalani Rapid Test

Berdasarkan catatan dari pemerintah kecamatan Cangkringan, pengungsi terdiri dari beragam usia. Pengungsi berusia kurang dari dua tahun sejumlah 21 anak. Usia kisaran tiga hingga lima tahun mencapai delapan anak. Rentang usia enam hingga 18 tahun mencapai 23 orang.

"Untuk yang dewasa itu sudah termasuk satu ibu hamil dan 12 difabel. Untuk yang usia dewasa atau lebih dari 18 tahun ada 52 orang. Lalu yang lansia mencapai 82 orang," pungkas Suparmono.

Tag: gunung merapi Editor: Nina Atmasari

Artikel Terkait
Warga 2 Desa Korban Letusan Merapi 1961 Belum Terima Ganti Rugi 1 year ago
Dokumen Rencana Kontijensi Erupsi Gunung Merapi Disahkan, Ini Isinya 1 year ago
Awal Tahun, Kawasan Wisata Gunung Merapi Jadi Magnet Pengunjung 1 year ago
Gunung Merapi Dijaga Lebih Ketat Selama Libur Nataru 1 year ago
Antisipasi Pendaki di Malam Tahun Baru, Gunung Merapi Dijaga Ketat 1 year ago

Berita Pilihan

Mirip ATM, Anjungan Dukcapil Mandiri di Kulonprogo untuk Pengurusan Dokumen Kependudukan Uji Coba PTM, Sekolah di Bantul Gunakan Sistem Sif Pemkot Jogja Tak Pindahkan Bed Covid-19 untuk Pasien Umum, Ini Alasannya Migrasi Tahunan Burung Layang-layang Asia Tiba di Jogja, Hati-hati saat Lewat Gondomanan Penyerapan Pupuk Bersubsidi di Gunungkidul Belum Maksimal
Berita Terbaru
Peternak di Sleman Bakal Dapat Hadiah kalau Sapinya Bisa Melahirkan Kembar 5 hours ago
Segini Capaian Vaksinasi Covid-19 di DIY 5 hours ago
Dinsos DIY Menggelar Pelatihan Penyuluh Sosial 6 hours ago
Soal Kepastian Sekolah Tatap Muka di Bantul, Begini Jawaban Pemkab 6 hours ago
Mirip ATM, Anjungan Dukcapil Mandiri di Kulonprogo untuk Pengurusan Dokumen Kependudukan 7 hours ago

Terpopuler

Hadiri Jagongan Kalurahan, Kanjeng Yudanegara Diskusi dengan Warga Girikerto Turi KAMPUS JOGJA : Prodi KPI UMY Pertahankan Akreditasi A RUMAH SAKIT JOGJA : ARSSI Wadah Bersatunya RS Swasta FACEBOOK BERUJUNG PENJARA : Pembela Nilai Tuntutan Terlalu Memaksakan Waspada, Ubur-Ubur Kembali Menepi di Pantai Gunungkidul
Uji Coba PTM, Sekolah di Bantul Gunakan Sistem Sif 7 hours ago
Pemkot Jogja Tak Pindahkan Bed Covid-19 untuk Pasien Umum, Ini Alasannya 7 hours ago
Ada Insentif untuk Ratusan Ustaz dan Ustazah di Jogja 9 hours ago
Migrasi Tahunan Burung Layang-layang Asia Tiba di Jogja, Hati-hati saat Lewat Gondomanan 9 hours ago
Ini Kronologi Penemuan Mayat Duduk Bertapa di Pantai Parangkusumo 10 hours ago