HomeJogjapolitan

Kepala Dinsos DIY Kukuhkan Pengurus Forkom Taman Anak Sejahtera

Oleh:Media Digital
05 Desember 2020 - 07:07 WIB

Ketua Umum Forkom TAS DIY, Tugiantini dan Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinsos DIY Budhi Wibowo dalam Musyawarah Wilayah Forkom TAS DIY di Aula Kantor Dinsos DIY, Rabu (3/12/2020) - Harian Jogja/Dok.

Harianjogja.com, JOGJA - Kepala Dinas Sosial (Dinsos) DIY Endang Patmintarsih meresmikan Forum Komunikasi Taman Anak Sejahtera (Forkom TAS) DIY. Ke depannya Forkom TAS DIY akan menjadi perpanjangan tangan Dinas Sosial DIY dalam penyelenggaraan program pelayanan, perlindungan, pengasuhan, dan pemenuhan hak-hak anak, khususnya anak di bawah lima tahun (balita).

“Harapannya, nanti bisa bertindak sebagai sarana informasi dan edukasi kepada masyarakat. Agar juga permasalahan anak tidak semakin bertambah, tapi justru berkurang,” kata Endang pada acara Musyawarah Wilayah Forkom TAS DIY di Aula Kantor Dinsos DIY, Rabu (3/12/2020.

Pengukuhan pengurus Forkom TAS DIY berlandaskan Surat Keputusan Gubernur DIY. Meskipun kepengurusan baru dikukuhkan oleh Kepala Dinsos DIY tahun ini, Forum TAS sudah berjalan sejak 2010.

Menurut Ketua Umum Forkom TAS DIY, Tugiantini, saat ini ada 34 TAS di DIY. Secara umum, TAS memberikan pendampingan pada balita telantar, baik karena ketidakmampuan ekonomi keluarga, permasalahan pengasuhan atau faktor lainnya.

“Walaupun khusus untuk balita, kami menangani orang telantar lain yang bisa kita layani, seperti lansia dan disabilitas,” kata Tugiantini.

Selain mendampingi balita telantar, Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinsos DIY Budhi Wibowo berharap agar TAS menjadi sarana konsultasi keluarga. Ke depannya keluarga bisa meningkatkan kualitas pendampingan dan mewujudkan kesejahteraan dan kebahagiaan balita.

“TAS mampu berjejaring dengan dunia usaha dalam rangka meningkatkan peran dunia usaha dalam berkontribusi pada tumbuh kembang balita,” kata Budhi. (Adv)

Tag: anak-anak Editor: Bernadheta Dian Saraswati

Artikel Terkait
Gara-Gara Belajar Terlalu Keras, Seorang Bocah Terserang Radang Otak 1 year ago
Hal Ini Paling Dibutuhkan Anak yang Orang Tuanya Bercerai 1 year ago
600 Anak Ikuti Bina Iman Kristen 1 year ago
Kak Seto Sebut Perlindungan untuk Anak Perlu Orang Sekampung 1 year ago
OPINI: Tenaga Pengajar Jangan Paksa Calistung ke Anak Usia Dini 1 year ago

Berita Pilihan

Cuaca Ekstrem, Nelayan Bantul Diimbau Hati-hati Kepala Dinas Ketenagakerjaan Sleman: THR Wajib Dibayarkan H-7 Hari Raya Hari Pertama Puasa Kemarin, Layanan Publik Berjalan Lancar Prakiraan Cuaca DIY Rabu 14 April 2020, Waspada Hujan Petir di 3 Wilayah Ini Tersetrum, Warga Prambanan Tewas saat Perbaiki Rumah di Piyungan
Berita Terbaru
Banyak Pasar Takjil Abaikan Prokes, Satgas Covid-19 Ancam Bubarkan Paksa 19 minutes ago
Semua Jalur Masuk DIY Dijaga 24 Jam untuk Halau Pemudik, Bagaimana dengan Pelaju? 59 minutes ago
Pembunuh 2 Perempuan Muda di Kulonprogo Terancam Hukuman Mati 1 hour ago
Putus Cinta & Sebar Video Mesum di Facebook, Mahasiswa Asal Sleman Terancam Penjara 1 hour ago
Vaksinasi Selama Ramadan Diprioritaskan untuk Lansia 1 hour ago

Terpopuler

KAMPUS JOGJA : Prodi KPI UMY Pertahankan Akreditasi A RUMAH SAKIT JOGJA : ARSSI Wadah Bersatunya RS Swasta FACEBOOK BERUJUNG PENJARA : Pembela Nilai Tuntutan Terlalu Memaksakan Waspada, Ubur-Ubur Kembali Menepi di Pantai Gunungkidul Pasar Klithikan Kulonprogo Batal Digusur
Prawirodirjan Pakai Lele Cendol untuk Tingkatkan Gizi Balita 2 hours ago
6 Kaveling Borobudur Highland Dilirik Investor 2 hours ago
Tawarkan Elang Brontok dan Binturung Via Whatsapp, 2 Pria Diringkus Polisi 2 hours ago
Operasi Pasar Baru Akan Digelar Sepekan Jelang Lebaran 3 hours ago
Jumlah Wisatawan Menurun Drastis saat Ramadan 3 hours ago