HomeJogjapolitan

Kepala Dinsos DIY Kukuhkan Pengurus Forkom Taman Anak Sejahtera

Oleh:Media Digital
05 Desember 2020 - 07:07 WIB

Ketua Umum Forkom TAS DIY, Tugiantini dan Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinsos DIY Budhi Wibowo dalam Musyawarah Wilayah Forkom TAS DIY di Aula Kantor Dinsos DIY, Rabu (3/12/2020) - Harian Jogja/Dok.

Harianjogja.com, JOGJA - Kepala Dinas Sosial (Dinsos) DIY Endang Patmintarsih meresmikan Forum Komunikasi Taman Anak Sejahtera (Forkom TAS) DIY. Ke depannya Forkom TAS DIY akan menjadi perpanjangan tangan Dinas Sosial DIY dalam penyelenggaraan program pelayanan, perlindungan, pengasuhan, dan pemenuhan hak-hak anak, khususnya anak di bawah lima tahun (balita).

“Harapannya, nanti bisa bertindak sebagai sarana informasi dan edukasi kepada masyarakat. Agar juga permasalahan anak tidak semakin bertambah, tapi justru berkurang,” kata Endang pada acara Musyawarah Wilayah Forkom TAS DIY di Aula Kantor Dinsos DIY, Rabu (3/12/2020.

Pengukuhan pengurus Forkom TAS DIY berlandaskan Surat Keputusan Gubernur DIY. Meskipun kepengurusan baru dikukuhkan oleh Kepala Dinsos DIY tahun ini, Forum TAS sudah berjalan sejak 2010.

Menurut Ketua Umum Forkom TAS DIY, Tugiantini, saat ini ada 34 TAS di DIY. Secara umum, TAS memberikan pendampingan pada balita telantar, baik karena ketidakmampuan ekonomi keluarga, permasalahan pengasuhan atau faktor lainnya.

“Walaupun khusus untuk balita, kami menangani orang telantar lain yang bisa kita layani, seperti lansia dan disabilitas,” kata Tugiantini.

Selain mendampingi balita telantar, Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinsos DIY Budhi Wibowo berharap agar TAS menjadi sarana konsultasi keluarga. Ke depannya keluarga bisa meningkatkan kualitas pendampingan dan mewujudkan kesejahteraan dan kebahagiaan balita.

“TAS mampu berjejaring dengan dunia usaha dalam rangka meningkatkan peran dunia usaha dalam berkontribusi pada tumbuh kembang balita,” kata Budhi. (Adv)

Tag: anak-anak Editor: Bernadheta Dian Saraswati

Artikel Terkait
Anak Yatim karena Covid-19 di DIY Diberi Beasiswa Berkelanjutan 1 week ago
Kado untuk Anak Usia 1 Tahun 1 week ago
Efek Anak Terlalu Banyak Menonton Spirit Doll 2 weeks ago
5 Kalimat Ini Sering Dianggap Baik, tapi Justru Bisa Merusak Anak 1 month ago

Berita Pilihan

Ini Penyebab Klithih Menurut Sosiolog UGM Cukai Naik, Rokok Murah Jadi Pilihan Volume Sampah di Pantai Selatan Bantul Diprediksi Naik 15 Persen Disinfektan Udara Buatan Dosen UMY Ini Bisa Hemat Investasi Faskes hingga Ratusan Juta  Sudah 79 Tahun, Mbah Wahidi Masih Kuat Menjual Burger Keliling Sleman
Berita Terbaru
Komite SD Masjid Syuhada Gelar Seminar Parenting untuk Orangtua Siswa 4 hours ago
HUT RSUD Prambanan, 12 Tahun Melayani dengan Hati 5 hours ago
Tegas, Pemkot Jogja Tak Akan Gugat Pengunggah Parkir Bus Rp350.000 6 hours ago
Covid-19 DIY Tambah 10 Kasus, 9 dari Sleman 15 hours ago
BLT Cukai Rokok Hanya Menyasar 40 Persen Pekerja di DIY 19 hours ago

Terpopuler

Hadiri Jagongan Kalurahan, Kanjeng Yudanegara Diskusi dengan Warga Girikerto Turi KAMPUS JOGJA : Prodi KPI UMY Pertahankan Akreditasi A RUMAH SAKIT JOGJA : ARSSI Wadah Bersatunya RS Swasta FACEBOOK BERUJUNG PENJARA : Pembela Nilai Tuntutan Terlalu Memaksakan Waspada, Ubur-Ubur Kembali Menepi di Pantai Gunungkidul
Ayam Tiren di Bantul Dijual ke Sejumlah Pasar Tradisional di Jogja, Ini Lokasinya 23 hours ago
Polisi Gerebek Rumah Produksi Bakso Diduga Berbahan Ayam Tiren di Bantul 23 hours ago
Update Informasi Stok Darah di PMI DIY 22 Januari 2022 1 day ago
Tol Jogja-Bawen: Desa Paling Ujung DIY Terima Ganti Rugi Rp120 Miliar 1 day ago
Awan Panas Merapi Meluncur Sejauh 2,5 Kilometer 1 day ago