Jogjapolitan

Gandeng Banser Tanggap Bencana, JNE Peduli Distribusikan Bantuan untuk Pengungsi Merapi

Penulis: Media Digital
Tanggal: 18 Januari 2021 - 16:37 WIB
Penyerahan bantuan logistik dari JNE untuk pengungsi Merapi/Ist

Harianjogja.com, JOGJA--JNE memberikan bantuan logistik untuk warga sekitar Gunung Merapi yang tinggal di barak pengungsian Glagahharjo, Cangkringan, Sleman, Jumat (15/1/2021). Penyaluran bantuan tersebut didukung Pengurus Wilayah GP Ansor DIY serta Satkorwil Banser DIY.

Bantuan logistik senilai Rp 25 juta yang berasal dari zakat dan infak keuntungan JNE tersebut terdiri atas sembako, pembalut bagi lansia dan anak, susu, air mineral, selimut, makanan siap saji, cairan sanitasi tangan hingga masker. Barang-barang ini disesuaikan dengan kebutuhan pengungsi di barak yang hingga saat ini terus bertambah seiring dengan meningkatnya aktivitas Gunung Merapi.

Penyaluran bantuan secara simbolis diserahkan Head of Regional Jateng-DIY Marsudi didampingi Kepala Cabang JNE Yogyakarta Adi Subagyo kepada Ketua Pengurus Wilayah GP Ansor DIY Muhammad Syaifudin di Posko Banser Tanggap Bencana (Bagana) Satkorcab Sleman di Jalan Kaliurang, Ngaglik, Sleman.

Marsudi berharap, bantuan logistik yang disalurkan lewat Bagana tersebut dapat bermanfaat bagi warga di barak pengungsian. JNE, lanjutnya, juga mengucapkan terima kasih serta mengapresiasi Ansor dan Banser yang memiliki kepedulian sosial. “Kami prihatin dengan kondisi pandemi dan meningkatnya aktivitas Gunung Merapi saat ini. Semoga bantuan dari JNE ini dapat bermanfaat bagi warga di pengungsian. Kami juga berharap kerja sama ini dapat mempererat tali silaturahim antara JNE dan Ansor serta Banser DIY,” kata Marsudi.

Ketua Pengurus Wilayah GP Ansor DIY Muhammad Syaifudin mengutarakan, pihaknya mengapresiasi JNE yang telah memberikan kepercayaan kepada Ansor dan Banser dalam penyaluran bantuan untuk warga pengungsi Merapi. Menurutnya, sinergi ini dapat menjadi gambaran bahwa JNE tidak berafiliasi dengan satu golongan saja, tapi merangkul semua golongan untuk kemanusiaan.

Syaifudin mengatakan, Ansor bersama Banser pada tataran peduli kemanusiaan, berpegang pada ajaran ukhuwah basyariah yakni persaudaraan kemanusiaan yang tidak memandang agamanya, sehingga siapa saja yang membutuhkan bantuan, harus segera dibantu. Misi ini juga sejalan dengan yang dilakukan JNE karena terpanggil dengan kemanusiaan.

Syaifudin menambahkan, saat ini terdapat kelompok pengungsi rentan yakni lansia dan anak-anak yang berjumlah sekitar 400 orang di barak penampungan. Warga ini harus tinggal di pengungsian dengan waktu cukup lama, karena menurutnya, karakter erupsi Gunung Merapi saat ini mirip dengan erupsi tahun 2010 yang durasinya panjang. Oleh sebab itulah, pihaknya juga menyiagakan puluhan personel di posko selama 24 jam untuk memberikan bantuan.

“Para pengungsi ini akan sangat senang ditengok, diberikan motivasi. Semoga kebaikan JNE ini mengundang kepedulian masyarakat dan perusahaan yang lain. Jangan pernah berhenti berbuat baik dan jangan pernah berhenti mencintai Indonesia,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Cabang JNE Yogyakarta Adi Subagyo mengatakan, JNE akan terus melakukan kolaborasi dengan lembaga-lembaga kemasyarakatan yang akan melakukan kegiatan sosial. Sesuai dengan amanat pimpinan JNE, pihaknya berkomitmen menjalankan kemanusiaan, peduli dengan anak-anak yatim, serta korban bencana.

“Fokus alokasi CSR kami adalah kegiatan sosial, di mana saat ini kami bekerja sama dengan Banser DIY, memberikan bantuan kepada warga di penampungan Merapi. JNE ke depan akan terus berkolaborasi dengan masyarakat lain, seperti Banser yang memiliki kepekaan sosial tinggi dan tidak ada pamrih,” ujar Adi Subagyo.

Adi mengatakan, JNE Yogyakarta juga terbuka jika ada masyarakat yang ingin mendistribusikan logistik berupa alat kesehatan untuk memberikan bantuan bagi warga terdampak pandemi. “Tugas pokok kami adalah menjalankan bisnis distribusi secara normal, namun juga tidak melupakan sisi sosial. Kami juga berharap masyarakat, atau perusahaan lain turut berkontribusi kegiatan soaial di DIY,” ungkapnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BRI Bagikan Paket Sembako dan Santunan bagi Anak Yatim di Jogja
Disperkim NTB Terima Bantuan Rp24 miliar untuk Pembangunan Rusunawa Nelayan
Bukan Bansos, Ternyata Ini Sektor dengan Anggaran Terbesar dalam Perlinsos 2024
Masjid Al Mustaqim Mantrijeron Terima Bantuan Rp10 Juta dari Pemkot Jogja

Video Terbaru

Berita Lainnya

  1. Ribuan Hektare Tanaman Padi di Kudus Puso Akibat Terendam Banjir
  2. Uniknya Ngabuburit Sambil Nonton Pentas Wayang Kulit di Desa Tegalgiri Boyolali
  3. Kasus DBD di Sragen Cenderung Meningkat, Ini Sebarannya di 25 Puskesmas
  4. Peragaan Busana Muslim Semarakkan Ramadan di Bandara Adi Soemarmo

Berita Terbaru Lainnya

Jadwal Bus Damri dari Jogja-Bandara YIA, Bantul, Sleman dan Sekitarnya
Rute Bus Trans Jogja, Cek di Sini, Jangan Salah Pilih
Jadwal Kereta Prameks Jogja-Kutoarjo, Jumat 29 Maret 2024
Jadwal Terbaru KRL Jogja Solo dan KRL Solo Jogja Hari Ini, Jumat 29 Maret 2024
Jadwal Imsak dan Buka Puasa Wilayah Jogja dan Sekitarnya, Jumat 29 Maret 2024
Perayaan Paskah 2024, Tim Jibom Polda DIY Melakukan Sterilisasi Sejumlah Gereja di Jogja
Jadwal KA Bandara YIA Kulonprogo-Stasiun Tugu Jogja, Jumat 29 Maret 2024
Harga Tiket KA Bandara YIA Hanya Rp20.000, Berikut Cara Memesannya
Yayasan Griya Jati Rasa Mengajak Umat Beragama Mengawal Indonesia Emas 2045
Puluhan Kilogram Bahan Baku Petasan Disita Polres Bantul