HomeJogjapolitan

HUT ke 11, RSUD Prambanan Gelar Aksi Donor Darah

Oleh:Abdul Hamied Razak
31 Januari 2021 - 06:47 WIB

Suasana aksi donor darah HUT ke 11 RSUD Prambanan yang diikuti oleh masyarakat, Sabtu (30/1/2021) - Harian Jogja/Abdul Hamid Razak

Harianjogja.com, SLEMAN- RSUD Prambanan menggelar aksi donor darah untuk memenuhi kebutuhan darah selama masa pandemi Covid-19, Sabtu (30/1/2021). Aksi ini juga merupakan rangkaian perayaan HUT RSUD Prambanan yang ke 11 tahun ini.

Direktur RSUD Prambanan Isa Dharmawidjaja mengatakan aksi donor darah tahun ini cukup istimewa. Selain digelar di tengah pandemi Covid-19, juga dilaksanakan di tengah program vaksinasi Covid-19. Aksi donor darah tersebut merupakan program wajib bagi RSUD Prambanan yang digelar secara rutin di sela perayaan HUT rumah sakit plat merah tersebut.

"Bedanya aksi kali ini hanya diikuti oleh kalangan masyarakat saja. Untuk SDM Kesehatan tidak diikutkan karena saat ini masih menjalani proses pemberian vaksin," ujar Isa di sela kegiatan.

Aksi tersebut diikuti lebih dari 30 warga. Mereka yang menjadi pendoror berasal dari warga sekitar dan juga pengunjung rumah sakit. Padahal jika SDM Kesehatan dilibatkan, tidak kurang dari 60 orang SDM Kesehatan yang menjadi pendonor. "Jadi donor darah ini murni diikuti oleh masyarakat. Tahun lalu karyawan kami sampai 60 orang yang ikut. Kami bekerjasama dengan PMI Sleman," ujarnya.

Dijelaskan Isa, kebutuhan darah selama pandemi Covid-19 di rumah sakit tersebut masih mencukupi. Selama ini, juga kebutuhan darah di RSUD tersebut juga dipenuhi oleh PMI Sleman dan pernah kekurangan. Baik untuk tindakan operasi maupun tindakan persalinan. "Penyakit Covid-19 terapinya kan peningkatan imun. Jadi kebutuhan darah di sini sedikit turun. Kalau operasi ibu hamil membutuhkan darah, kami siapkan. Kami kerjasama dengan PMI tidak pernah kekurangan," ujarnya.

Isa berharap di usia ke 11 tahun ini, RSUD Prambanan bertekad selalu memberikan pelayanan secara paripurna kepada masyarakat. Pelayanan paripurna yang diberikan, tetap menerapkan protokol kesehatan yang ditetapkan oleh Kemenkes RI. "Kami juga siap menjawab tantangan masyarakat terkait pengembangan pelayanan di rumah sakit ini. Salah satunya, rencana untuk membuka klinik spesialis sore pada tahun ini," katanya.

Ketua Pelaksana Kegiatan HUT ke 11 RSUD Prambanan Tri Susanto mengatakan rangkaian acara dijadwalkan berlangsung mulai Januari hingga Maret mendatang. Aksi donor darah merupakan acara kedua yang dilaksanakan pada Januari ini. "Adapun rangkaian acara selanjutnya adalah Seminar Sepekan Ngobrol Bareng RSUD Prambanan “ Ngobaran” yang kami gelar pada Februari ini," katanya.

Pada Seminar Sepekan tersebut, ada beragam tema yang disiapkan. Mulai dari Seminar terkait sub bidang Medis, keperawatan, kebidanan dan juga seminar sub bidang penunjang layanan. "Seminar ini bertujuan untuk promosi pelayanan rumah sakit juga untuk upgrade kompetensi atau ilmu pada masing- masing sub bidang seminar dan video promosi kesehatan yang diikuti oleh internal dan masyarakat Maret mendatang," katanya. 

Tag: donor darah Editor: Bernadheta Dian Saraswati

Artikel Terkait

Berita Pilihan

Ini Penyebab Klithih Menurut Sosiolog UGM Cukai Naik, Rokok Murah Jadi Pilihan Volume Sampah di Pantai Selatan Bantul Diprediksi Naik 15 Persen Disinfektan Udara Buatan Dosen UMY Ini Bisa Hemat Investasi Faskes hingga Ratusan Juta  Sudah 79 Tahun, Mbah Wahidi Masih Kuat Menjual Burger Keliling Sleman
Berita Terbaru
5 Tahun Berdiri, AMSI Kolaborasi Bangun Ekosistem Media Digital Sehat dan Berkelanjutan 47 minutes ago
Sutedjo Raih Penghargaan Tokoh Motivator & Pemberdayaan Daerah dan Desa 2022 58 minutes ago
Gubuk Pijat di Pantai Parangkusumo Dibongkar 1 hour ago
Pemberian Vaksin Booster ASN & Guru Kota Jogja Rampung Pekan Depan 2 hours ago
Setelah PKL Malioboro, Giliran Penjual Sepatu di Jalan Mataram Dipindah 2 hours ago

Terpopuler

Hadiri Jagongan Kalurahan, Kanjeng Yudanegara Diskusi dengan Warga Girikerto Turi KAMPUS JOGJA : Prodi KPI UMY Pertahankan Akreditasi A RUMAH SAKIT JOGJA : ARSSI Wadah Bersatunya RS Swasta FACEBOOK BERUJUNG PENJARA : Pembela Nilai Tuntutan Terlalu Memaksakan Waspada, Ubur-Ubur Kembali Menepi di Pantai Gunungkidul
Cuma Menetap Sementara, PKL Malioboro Akan Dipindah Lagi dari Teras Malioboro 2 3 hours ago
Mahasiswa UNY Diduga Jadi Korban Kekerasan Seksual, Ini Langkah Kampus 3 hours ago
PKL Malioboro Diundi untuk Tempati Lapak Baru, Begini Prosesnya 3 hours ago
Minta PHK Massal, Buruh Geruduk DPRD Kulonprogo 4 hours ago
Probable Omicron di DIY Bertambah 12 Kasus 4 hours ago