Jogjapolitan

HUT ke 11, RSUD Prambanan Gelar Aksi Donor Darah

Penulis: Abdul Hamied Razak
Tanggal: 31 Januari 2021 - 06:47 WIB
Suasana aksi donor darah HUT ke 11 RSUD Prambanan yang diikuti oleh masyarakat, Sabtu (30/1/2021) - Harian Jogja/Abdul Hamid Razak

Harianjogja.com, SLEMAN- RSUD Prambanan menggelar aksi donor darah untuk memenuhi kebutuhan darah selama masa pandemi Covid-19, Sabtu (30/1/2021). Aksi ini juga merupakan rangkaian perayaan HUT RSUD Prambanan yang ke 11 tahun ini.

Direktur RSUD Prambanan Isa Dharmawidjaja mengatakan aksi donor darah tahun ini cukup istimewa. Selain digelar di tengah pandemi Covid-19, juga dilaksanakan di tengah program vaksinasi Covid-19. Aksi donor darah tersebut merupakan program wajib bagi RSUD Prambanan yang digelar secara rutin di sela perayaan HUT rumah sakit plat merah tersebut.

"Bedanya aksi kali ini hanya diikuti oleh kalangan masyarakat saja. Untuk SDM Kesehatan tidak diikutkan karena saat ini masih menjalani proses pemberian vaksin," ujar Isa di sela kegiatan.

Aksi tersebut diikuti lebih dari 30 warga. Mereka yang menjadi pendoror berasal dari warga sekitar dan juga pengunjung rumah sakit. Padahal jika SDM Kesehatan dilibatkan, tidak kurang dari 60 orang SDM Kesehatan yang menjadi pendonor. "Jadi donor darah ini murni diikuti oleh masyarakat. Tahun lalu karyawan kami sampai 60 orang yang ikut. Kami bekerjasama dengan PMI Sleman," ujarnya.

Dijelaskan Isa, kebutuhan darah selama pandemi Covid-19 di rumah sakit tersebut masih mencukupi. Selama ini, juga kebutuhan darah di RSUD tersebut juga dipenuhi oleh PMI Sleman dan pernah kekurangan. Baik untuk tindakan operasi maupun tindakan persalinan. "Penyakit Covid-19 terapinya kan peningkatan imun. Jadi kebutuhan darah di sini sedikit turun. Kalau operasi ibu hamil membutuhkan darah, kami siapkan. Kami kerjasama dengan PMI tidak pernah kekurangan," ujarnya.

Isa berharap di usia ke 11 tahun ini, RSUD Prambanan bertekad selalu memberikan pelayanan secara paripurna kepada masyarakat. Pelayanan paripurna yang diberikan, tetap menerapkan protokol kesehatan yang ditetapkan oleh Kemenkes RI. "Kami juga siap menjawab tantangan masyarakat terkait pengembangan pelayanan di rumah sakit ini. Salah satunya, rencana untuk membuka klinik spesialis sore pada tahun ini," katanya.

Ketua Pelaksana Kegiatan HUT ke 11 RSUD Prambanan Tri Susanto mengatakan rangkaian acara dijadwalkan berlangsung mulai Januari hingga Maret mendatang. Aksi donor darah merupakan acara kedua yang dilaksanakan pada Januari ini. "Adapun rangkaian acara selanjutnya adalah Seminar Sepekan Ngobrol Bareng RSUD Prambanan “ Ngobaran” yang kami gelar pada Februari ini," katanya.

Pada Seminar Sepekan tersebut, ada beragam tema yang disiapkan. Mulai dari Seminar terkait sub bidang Medis, keperawatan, kebidanan dan juga seminar sub bidang penunjang layanan. "Seminar ini bertujuan untuk promosi pelayanan rumah sakit juga untuk upgrade kompetensi atau ilmu pada masing- masing sub bidang seminar dan video promosi kesehatan yang diikuti oleh internal dan masyarakat Maret mendatang," katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

Info Stok Darah dan Jadwal Donor Darah Rabu 24 April 2024 di PMI se-DIY
Info Stok Darah Jogja Hari Ini, Senin 22 April 2024
Jadwal Donor dan Stok Darah di Jogja dan Sekitarnya
Stok Darah di DIY Menipis, PMI: Aktivitas Donor di Luar Belum Banyak

Video Terbaru

Berita Lainnya

  1. Canggih, Mitsubishi Motors Luncurkan New ASX dengan 3 Pilihan Mesin
  2. Jelang Laga Lawan Korsel, Siswa SMPN 10 Solo Kirim Dukungan untuk Timnas
  3. Sosok Nathan Tjoe Aon, Nyawa Timnas Garuda Menggapai Impian ke Olimpiade Paris
  4. Pacu Kekuatan CBR250RR, Pembalap Astra Honda Kibarkan Merah Putih di ARRC Cina

Berita Terbaru Lainnya

BPBD DIY Mewaspadai Lonjakan Pembuangan Sampah ke Sungai Imbas TPA Piyungan Ditutup
Harga  Tiket Masuk Terbaru Kids Fun dan Jam Buka

Harga Tiket Masuk Terbaru Kids Fun dan Jam Buka

Jogjapolitan | 34 minutes ago
Pencurian Ternak di Kulonprogo Marak, 5 Kambing Hilang dalam Semalam
Anggota DPR RI Sebut Perlu Ada Honor untuk Pengambil Sampah Rumah Tangga di Jogja
Bupati, Wakil Bupati hingga Lurah Ambil Formulir Pendaftaran Pilkada 2024 di Kantor PDIP Bantul
Biro PIWPP Setda DIY Gencarkan Kampanye Tolak Korupsi
Petahana Berpeluang Maju Bareng di Pilkada Gunungkidul, Bupati Sunaryanta: Semua Tergantung Partai
Muncul Poster Ancaman Siksa Kubur bagi Pembuang Sampah Sembarangan, Ini Penjelasan DLH Bantul
Warga Kulonprogo Ajukan Gugatan Disebut Nonpribumi Saat Balik Nama Sertifikat, Sidang Ditunda Lagi
Netralitas ASN dalam Pilkada Sleman 2024 Bakal Diawasi Ketat